Jaksa Perempuan Ini Muncul Tiba-Tiba di Bursa Cagub Jateng, Ada Apa?

Ia pernah bertugas sebagai jaksa di Jawa Tengah dan kini mendapat tugas di Kementerian PUPR.

oleh Felek Wahyu diperbarui 12 Jul 2024, 16:38 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2024, 16:38 WIB
Eko Suwarni
Perempuan pertama yang muncul dalam bursa pemilihan Kepala Daerah atau Pilgub Jawa Tengah, Eko Suwarni. Foto: liputan6.com/felek wahyu 

Liputan6.com, Semarang - Bursa calon Gubernur Jawa Tengah tiba-tiba diramaikan kemunculan Jaksa Utama Kejaksaan Agung (Kejagung) Eko Suwarni. Ia mendobrak dominasi nama-nama yang sudah muncul di perbincangan.

Saat ini Eko Suwarni ditugaskan membantu di Kementerian PUPR. Sejatinya ia sudah sangat dikenal sebagai penegak hukum di wilayah Jawa Tengah. Sejauh ini ia masih satu-satunya perempuan yang paling banyak disebut sebagai cagub Jateng.

Eko Suwarni mengaku sudah menyiapkan langkah tertentu untuk mewujudkan Jawa Tengah yang adil, makmur, dan sejahtera melalui pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial.

"Kunci untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat saling mengait yakni kualitas pendidikan, kesehatan, serta partisipasi masyarakat dalam pembangunan," kata Eko.

Ia menjelaskan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperkuat sektor UMKM, pertanian, perikanan, serta pariwisata. Saat ini fasilitasi akses permodalan yang adil dan inklusif harus dirasakan berbagai lapisan masyarakat.

"Anak-anak di Jawa Tengah, khususnya yang jauh dari perkotaan juga butuh fasilitasi penyediaan pendidikan hingga setinggi mungkin dan kualitasnya terjaga," katanya.

Meminimalisir konflik akibat pembangunan hanya bisa dilakukan jika  masyarakat berpartisipasi aktif dalam perencanaan pembangunan.

Eko Suwarni telah 30 tahun lebih mengabdi sebagai jaksa dan sebagian besar waktunya dijalani dengan bertugas di Jawa Tengah.. Menjadi praktisi di bidang hukum, Eko Suwarni saat ini menjadi Dewan Pakar Hukum Kepala Desa Se-Jawa Tengah hingga konsultan hukum untuk Yayasan Sosial Bhakti Moral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya