Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari saat ini. Berikut beberapa contoh memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 24 Jul 2024, 20:45 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 20:37 WIB
Ilustrasi memperkenalkan diri
Ilustrasi memperkenalkan diri. (Photo created by benzoix on www.freepik.com)

Liputan6.com, Bandung - Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sudah sejak lama digunakan dalam berbagai aspek kehidupan global. Termasuk di antaranya untuk bisnis, pendidikan, komunikasi antarbangsa, hingga hal-hal lainnya.

Secara luas Bahasa Inggris termasuk dalam bahasa kedua di beberapa negara dan menjadi bahasa global untuk berkomunikasi dengan banyak negara. Kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris juga dipercaya bisa membuka peluang yang luas.

Selain itu sebagian besar literatur ilmiah, jurnal, hingga buku teks tersedia dalam Bahasa Inggris sehingga dapat mengakses sumber informasi terbaru dan berkualitas tinggi lebih banyak.

Beberapa universitas ternama di dunia juga sering menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar mereka. Sehingga mahasiswa yang bisa menguasai Bahasa Inggris memiliki kesempatan lebih besar untuk melanjutkan pendidikannya.

Kemudian Bahasa Inggris juga sering menjadi salah satu kualifikasi yang sering dicari oleh perusahaan multinasional dan organisasi internasional. Terlepas dari berbagai manfaatnya Bahasa Inggris memiliki banyak kegunaan lainnya.

Sekolah di Indonesia juga kerap memiliki mata pelajaran Bahasa Inggris yang diikuti oleh para siswanya. Pelajaran tersebut hadir agar masyarakat Indonesia setidaknya bisa menggunakan Bahasa Inggris sederhana.

Hal pertama yang biasanya dipelajari dalam Bahasa Inggris adalah cara untuk memperkenalan dirinya. Pasalnya, memperkenalkan diri menjadi penentu kesan pertama seseorang ketika berkenalan dengan orang lain.

Melalui artikel ini akan membahas tentang cara memperkenalkan diri dan contohnya dalam Bahasa Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Ilustrasi memperkenalkan diri
Ilustrasi memperkenalkan diri. (Photo created by cookie_studio on www.freepik.com)

Saat ingin memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan. Melansir dari buku Jago Ngomong Bahasa Inggris oleh Sehati Laoli berikut ini beberapa langkahnya:

1. Salam Pembuka

Perkenalan tentunya diawali dengan salam pembuka untuk membuka suatu obrolan atau membuka awal pengenalan diri. Berikut ini kata-kata yang bisa digunakan sebagai salam pembuka:

  • Hi everyone!
  • Hi everyone, Good Morning
  • Hello Everybody
  • Good afternoon everyone
  • Assalamualaikum

2. Maksud dan Tujuan

Ketika menyampaikan salam pembuka sesuai dengan salam yang diinginkan maka bisa dilanjutkan dengan menjelaskan maksud serta tujuan dari perkenalan tersebut. Berikut ini kata-kata yang bisa digunakan:

  • Let me introduce myself.
  • Allow me to introduce myself.
  • I would like to introduce myself.
  • I’m here to introduce myself.

3. Memperkenalan Diri

Setelah menyampaikan maksud dan tujuan bisa dilanjutkan dengan memperkenalkan identitas diri seperti nama dan lainnya seperti berikut:

  • My full name … (nama lengkap).
  • You can call me (nama).
  • I was born in… (tempat lahir).
  • I live in… (tempat tinggal).
  • My name is… (nama)

4. Kalimat Penutup

Jika seluruh langkah-langkah tersebut telah disampaikan maka akhiri dengan kalimat penutup seperti berikut:

  • Thank you for your attention.
  • It is pleasure to meet you.
  • Nice to meet you.

6 Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris dan Artinya

Ilustrasi berkenalan, perkenalan diri, selamat datang, ramah
Ilustrasi berkenalan, perkenalan diri, selamat datang, ramah. (Image by creativeart on Freepik)

1. “Hi everyone! My name is (nama), and I’m excited to be here. I’m from (asal daerah). I like to (hobi), It is pleasure to meet you.”

Artinya :”Halo semuanya! Nama saya (nama), dan saya senang berada di sini. Saya berasal dari (asal daerah). Saya tertarik untuk (hobi), senang bertemu dengan Anda”.

2. “Hello! My name is (nama) and I’m from (asal daerah). I’m currently a university student at (nama universitas). Singing is my passion, and I spent my weekdays practice with vocal group

Artinya: “Halo! Nama saya (nama) dan saya berasal dari (asal daerah). Saya adalah seorang mahasiswa dari (nama universitas). Menyanyi adalah passion saya, dan saya menghabiskan akhir pekan dengan berlatih bersama grup vokal”

3. “Good Morning! My name is (nama), and i came from (asal daerah). I’m excited to collaborate with such a talented group of people and make a positive impact

Artinya: “Selamat pagi! Nama saya (nama), dan saya berasal dari (asal daerah). Saya bersemangat untuk berkolaborasi dengan sekelompok orang berbakat dan memberikan dampak positif”.


Contoh Berikutnya

Ilustrasi perkenalkan diri
Ilustrasi perkenalkan diri. (Photo Copyright by Freepik)

4. “Hi! I’m (nama), and I’m thrilled to join this community. Outside of work, I love (hobi). Let’s achieve great things together! Thank you for your attention

Artinya: “Hai! Saya (nama), dan saya senang bergabung dengan komunitas ini. Di luar pekerjaan, saya menyukai (hobi). Mari kita mencapai hal-hal besar bersama-sama! Terima kasih atas perhatiannya”.

5. “Assalamualaikum, everyone. My name is (nama). I am from (asal daerah), and I am currently study in (nama sekolah). I enjoy studying (mata pelajaran favorit). In my free time, I love (hobi). Thank you for listening, have a great day!

Artinya: “Assalamualaikum, semuanya. Nama saya (nama). Saya berasal dari (asal daerah), dan saya saat ini belajar di (nama sekolah). Saya suka belajar (mata pelajaran favorit). pada waktu luang, saya suka (hobi). Terima kasih sudah mendengarkan, semoga harimu menyenangkan!”.

6. “Hello, teachers and friends. My name is (nama). I am from (asal daerah), and my hobbies (hobi). Thank you your attention, nice to meet you all

Artinya: “Halo, para guru dan teman-teman. Nama saya (nama). Saya berasal dari (asal daerah), dan hobi saya (hobi). Terima kasih atas perhatiannya, senang bertemu dengan kalian semua”.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya