Polres Pemalang Gelar Trabas Kamtibmas Cegah Karhutla, Ada juga Baksos dan Pasar Murah

Dari pemantauan melalui udara, petugas menemukan 1 titik api, yang diduga pembakaran sisa hasil pertanian oleh masyarakat setempat

oleh Tim Regional diperbarui 04 Agu 2024, 22:00 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 22:00 WIB
Trabas Kamtibmas cegah Karhutla di Pemalang. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Trabas Kamtibmas cegah Karhutla di Pemalang. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Jakarta - Polres Pemalang menggelar Trabas Kamtibmas di Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, Minggu (4/8/2024), yang diikuti personel gabungan Polri, TNI, Perhutani, serta ratusan bikers dari berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Melalui Trabas Kamtibmas tersebut, Kapolres Pemalang AKBP Eko Sunaryo mengatakan, Polres Pemalang juga melakukan monitoring situasi Kamtibmas, serta mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sepanjang jalur trek.

"Untuk memantau titik api di sepanjang jalur trabas sejauh 50 kilometer, petugas terlebih dahulu melakukan pemantauan dari udara dengan menggunakan drone," kata Eko.

Dari pemantauan melalui udara, petugas menemukan 1 titik api, yang diduga pembakaran sisa hasil pertanian oleh masyarakat setempat.

"Setelah mengetahui lokasinya, petugas gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan petugas perhutani dengan sigap mendatangi titik api untuk melakukan pemadaman api," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Pasar Murah dan Layanan Kesehatan Gratis

Trabas Kamtibmas cegah Karhutla di Pemalang. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Trabas Kamtibmas cegah Karhutla di Pemalang. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Selain itu, petugas gabungan juga mengimbau masyarakat, agar tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan.

"Dengan adanya antisipasi yang telah dilakukan, harapannya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pemalang, pada musim kemarau," kata Kapolres Pemalang.

Trabas Kamtibmas Polres Pemalang adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka cooling system, untuk mewujudkan Pilkada serentak tahun 2024 yang aman dan damai.

"Harapannya, dapat terwujud Kabupaten Pemalang yang aman dan damai, serta masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan nyaman dan gayeng," kata Kapolres Pemalang.

Dalam penyelenggaraan kegiatan trabas Kamtibmas di Desa Gunungjaya Kecamatan Belik, Polres Pemalang juga membuka pasar murah dan pelayanan kesehatan, yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar di Desa Gunungjaya Kecamatan Belik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya