Intip Pesona Pantai Trikora, Wisata Alam Cantik di Pulau Bintan

Pantai Trikora dikenal sebagai pantia cantik yang ada di Pulau Bintan. Pantai ini memiliki pesona indah pasir putih dan air laut yang jernih.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 14 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 06:00 WIB
Pantai Trikora
Kemenpar akan terus mensuport event ini karena memiliki potensi untuk sekaligus mengembangkan sektor pariwisata di Tanjung Pinang.

Liputan6.com, Bandung - Pulau Bintan terkenal sebagai salah satu destinasi wisata indah yang menjadi tujuan impian para pencinta alam. Pasalnya, Pulau ini menawarkan wisata alam cantik salah satunya wisata pantai yang memesona.

Pulau ini menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Kemudian wisatanya terkenal baik di antara wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin mengikuti aktivitas menariknya.

Kemudian pantai yang paling populer di Pulau ini adalah Pantai Trikora yang dikenal dengan garis pantai panjang dan pasir putihnya yang bersih. Melansir dari situs resmi Kab Bintan Pantai Trikora masuk kawasan strategis Kabupaten Bintan.

Pantainya mudah untuk diakses oleh wisatawan dan menawarkan keindahan alam yang mempesona terutama di antara pencinta alam. Pantai ini memiliki pasir putih cantik dan ombak yang landai sehingga menarik jadi tempat berlibur.

Selain itu, Pantai Trikora menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memesona dan pemandangan batuan-batuan indah yang berpadu dengan lautnya. Sejak awal tahun 2024, Pantai Trikora juga populer jadi destinasi berlibur para warga lokal terutama di hari libur.

Para pengunjung juga bisa menikmati pantainya dengan berenang, bersantai, bermain pasir, atau bahkan menikmati kuliner yang tidak jauh dari kawasan pantai tersebut. Diketahui, pantai ini telah dikelola dengan baik dan menawarkan banyak tempat makan hingga cafe yang bisa dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Pantai Trikora

Pantai Trikora
Ada dua versi terkait nama Trikora

Berdasarkan informasi, dari situs resmi Kab Bintan, Pantai Trikora berada di kawasan strategis Kabupaten Bintan. Pantainya bisa diakses dengan mudah menggunakan transportasi darat dan memiliki pemandangan pantai yang mempesona.

Diketahui pasir putihnya berpadu satu dengan air laut yang jernih dan batuan-batuan yang unik. Ombaknya sendiri dikenal landai dan terdapat perkampungan nelayan yang berjajar dengan rapi.

Pantai Trikora memiliki luas sekitar kurang lebih 12.275 hektare dan memiliki kawasan-kawasan yang menarik, mulai dari kawasan konservasi padang lamun, tempat kuliner, penginapan, dan hutan mangrove.


Daya Tarik Pantai Trikora

Pantai Trikora
bagi pecinta wisata bahari bisa mengunjungi Pantai Trikora. Dari pusat Kota Tanjung Pinang, pantai ini berjarak sekitar 45 Km.

Pantai Trikora menyimpan daya tarik tersendiri terutama keindahan alamnya yang mempesona. Pantai ini memiliki perpaduan keindahan laut mulai dari pasir putih, bebatuan, air yang jernih, dan fasilitas yang lengkap.

Saat ini pantainya dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti tempat kuliner, penginapan, tempat bersantai, pondok, dan lain-lain. Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga bisa menaruh kendaraannya di area parkir.

Selain itu Pantai Trikora memiliki pohon-pohon besar yang tertanam rapi di pinggir pantainya. Sehingga, banyak spot berfoto cantik baik di tepi pantai atau bahkan di dekat air laut karena terdapat batuan-batuan yang tertata unik.

Sebagai, tempat wisata Pantai Trikora cukup terkenal di antara para wisatawan mancanegara. Tidak sedikit kawasan ini sering jadi tempat berlibur favorit para wisatawan asing yang ingin menikmati pantainya.


Lokasi dan Rute ke Pantai Trikora

Mandi Matahari di Pantai Trikora
Foto: atemalem.com

Pantai Trikora memiliki tiga lokasi pantai yang cantik yaitu Trikora 1, Trikora 2, dan Trikora 3. Pantai ini berlokasi di kawasan yang strategis yaitu di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia.

Selain itu, pantainya bisa diakses dengan mudah menggunakan transportasi darat dan bisa diakses sekitar 48,4 km atau 59 menit perjalanan dari Kota Tanjungpinang. Kemudian, pantainya cukup dekat dari Pulau Batam sekitar 93,3 km atau 2 jam 31 menit perjalanan.

Jika pengunjung berangkat dari kota Jakarta bisa menaiki jalur udara dengan tujuan ke Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang. Kemudian melanjutkan perjalanan darat dari bandara langsung ke Pantai Trikora.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya