Mencicipi Tengkleng Klewer Bu Edi, Kuliner Nikmat dan Legendaris di Solo

Tengkleng Klewer Bu Edi merupakan tempat kuliner nikmat yang wajib dikunjungi di Solo. Tempat makan ini terkenal dengan rasanya yang khas dan legendaris.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 15 Agu 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 09:00 WIB
Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer
Ilustrasi kuliner Solo. (Shutterstock/Fadila Suryandika)

Liputan6.com, Bandung - Kota Solo atau dikenal juga dengan nama Surakarta merupakan salah satu kota yang cukup populer dijadikan tempat berlibur. Kotanya juga populer dengan wisata kuliner nikmat yang menggugah selera.

Solo sering menjadi tujuan menarik pencinta makanan yang ingin mencoba cita rasa nikmat dan menu tradisional yang otentik. Salah satu hidangan yang wajib dicoba di kota ini adalah Tengkleng.

Melansir dari situs resmi Visit Jawa Tengah Tengkleng merupakan makanan sejenis gulai kambing namun keunikannya ada pada kuahnya. Diketahui makanan ini tidak menggunakan santan berbeda dengan gulai lain pada umumnya.

Selain itu, Tengkleng biasanya berisi tulang belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Makanannya juga nikmat disantap bersama sate usus, sate jeroan, otak, hingga organ-orang lain.

Biasanya menyantap tengkleng lebih nikmat ketika menggerogoti sedikit daging yang menempel dan menghisap isinya. Meskipun bahan membuat tengkleng sederhana makanan ini masih menjadi destinasi favorit banyak orang yang berlibur di kota Solo.

Terdapat beberapa tempat makan atau warung makan tengkleng di Solo yang terkenal dengan racikan bumbunya yang autentik. Salah satunya yang paling terkenal adalah Warung Tengkleng Klewer Bu Edi.

Tempat makan ini dikenal sebagai kuliner legendaris yang bisa ditemukan dengan mudah di Pasar Klewer Solo. Warung makannya telah berdiri puluhan tahun dan sudah dikelola secara turun temurun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Tengkleng Klewer Bu Edi

Wisata Kuliner Solo
Tengkleng bu Edi di Pasar Klewer (sumber: surakarta)

Melansir dari beberapa sumber Tengkleng Klewer Bu Edi sudah berdiri sejak tahun 1971. Tempat makannya dikenal legendaris tidak hanya karena rasanya tetapi juga bumbunya yang otentik.

Diketahui nama Tengkleng Klewer Bu Edi berasal dari nama pemiliknya yaitu Bu Edi yang sudah berjualan sebelum tahun 1971. Bu Edi memulai usahanya dengan berjualan keliling di Pasar Klewer.

Kemudian akhirnya berhasil menetap di Pasar Klewer sejak 1971 dan masih berdiri sampai sekarang. Awalnya tempat makan ini berada di bawah Gapura Klewer namun semenjak adanya peraturan untuk tidak berjualan di tempat tersebut warung ini pindah.

Tempatnya mulai berlokasi di Pendopo Taman parkir Pasar Klewer dan bisnisnya diteruskan secara turun temurun oleh anaknya Bu Edi.


Daya Tarik Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng di Pasar Gede Solo
Tengkleng di Pasar Gede Solo. (Bola.com/Yus Mei Sawitri)

Tempat makan ini terkenal dengan daya tarik sajiannya yang menggunakan “pincukan” atau menggunakan daun pisang. Cara penyajian tersebut ternyata sudah dilakukan sejak warung makan ini berdiri sampai sekarang.

Tengkleng di tempatnya juga terkenal dengan rasa yang khas dan bumbu yang otentik meresap sampai ke tulang dengan daging yang empuk. Selain menu tengkleng tempat makan ini juga menjual menu khas lain yang cocok disantap dengan tengkleng yaitu lidah dan sum-sum.

Satu porsi tengkleng di tempat ini juga berisi beberapa bagian lain seperti lidah, pipi, kaki, atau tambahan lainnya. Menu makanannya nikmat disantap bersama nasi atau sate-satean yang disediakan di tempatnya.

Warung makan ini selalu ramai pengunjung mulai dari pelanggan tetap hingga pencinta kuliner yang penasaran dengan rasanya.


Lokasi dan Rute ke Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng Kambing
Tengkleng Kambing. (dok. Cookpad/@Ferris_kitchen)

Tengkleng Klewer Bu Edi berada di Pasar Klewer Solo, Jl. DR. Radjiman, Kauman, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 12.00 hingga 15.00 WIB.

Lokasinya berada di belakang pos polisi atau pos keamanan depan gapura Pasar Klewer dan dekat dengan area parkir kendaraan. Tempat makan ini juga dekat dengan kawasan Alun-Alun Lor Surakarta.

Sementara dari Alun-Alun Kidul Surakarta hanya berjarak 1,6 km atau 5 menit menggunakan kendaraan. Kemudian wisatawan yang datang dari Stasiun Solo Balapan berjarak sekitar 3,7 km atau 9 menit perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya