Mengenal Lembah Tumpang Malang, Wisata Memesona dan Unik di Malang

Lembah Tumpang merupakan wisata alam mempesona yang ada di Malang. Berikut daya tarik, fasilitas, lokasi dan rute ke tempat tersebut.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 15 Agu 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 17:00 WIB
Lembah Tumpang Malang
Lembah Tumpang Malang, Sumber: wisatalembahtumpang.com

Liputan6.com, Bandung - Kota Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Kota ini terkenal dengan wisata alam yang menyimpan pemandangan indah dan udara yang sejuk.

Terdapat tempat wisata menarik yang menampilkan keindahan alam dan kekayaan budaya yang mempesona. Salah satunya yang wajib untuk dikunjungi adalah wisata Lembah Tumpang.

Seperti namanya Lembah Tumpang merupakan tempat wisata yang berlokasi di kawasan Tumpang, Kabupaten Malang. Tempat ini dikenal dengan wisata rekreasi menarik dan sebuah resort yang memiliki spot-spot unik.

Lembah Tumpang cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pemandangan taman indah hingga kebudayaan yang khas. Pasalnya tempat wisata ini memiliki konsep arsitektur tradisional dengan suasana alam yang tenang.

Tempatnya cocok dikunjungi untuk berlibur di akhir pekan atau melepaskan penat dari kehidupan kota. Selain keindahan alamnya Lembah Tumpang juga menawarkan pemandangan arsitektur yang megah.

Diketahui beberapa spotnya memiliki arsitektur bangunan bersejarah yang ada di Jawa serta patung-patung yang besar menghiasi tempatnya. Kemudian tempat ini juga menawarkan fasilitas lengkap dan tempat rekreasi yang menarik.

Sebagai tempat wisata, Lembah Tumpang juga sering digunakan sebagai tempat romantis untuk kencan, pernikahan, atau bahkan foto prewedding. Diketahui tempatnya juga sering dijadikan spot syuting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daya Tarik Lembah Tumpang

Lembah Tumpang Malang
Lembah Tumpang Malang, Sumber: wisatalembahtumpang.com

Lembah Tumpang merupakan tempat wisata yang memiliki konsep menarik karena menawarkan keindahan alam dan budaya khas Indonesia. Tempatnya memiliki desain arsitektur cantik lengkap dengan pemandangan bangunan candi hingga arca.

Tempat wisata ini sering disebut sebagai wisata kerajaan karena suasananya yang memiliki pemandangan bangunan khas dan budaya Jawa yang kental. Taman di tempat ini juga tertata cantik mirip seperti taman kerajaan.

Para pengunjung juga bisa menikmati sejumlah kegiatan seperti berfoto, berjalan santai, atau meneduh di gazebo. Selain itu tempatnya terkenal dengan udara sejuk dan suasana yang asri sehingga cocok untuk healing.

Diketahui tempat ini juga memiliki kolam renang dengan desain yang cantik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Dekat kolamnya bahkan memiliki patung cantik yang memberikan nuansa khas Jawa.

Kemudian terdapat wahana-wahana lainnya seperti flying fox, menaiki perahu, tempat berkemah, atau bahkan menyewa ruang pertemuan untuk sebuah acara.


Fasilitas Lembah Tumpang

Lembah Tumpang Malang
Lembah Tumpang Malang, Sumber: wisatalembahtumpang.com

Lembah Tumpang Malang memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari ruang pertemuan yang bisa disewakan atau convention hall, gazebo, area berkemah, kolam renang, area parkir yang luas, hingga toilet untuk pengunjung.

Selain itu para wisatawan juga bisa menaiki wahana menyenangkan seperti flying fox atau sekedar berfoto di sekitar spot menarik di tempat tersebut. Lembah Tumpang juga memiliki area cafe dan restoran untuk memanjakan perut.

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berhari-hari di tempat ini bisa menginap di penginapannya. Penginapan tersebut juga memiliki desain cantik ala Bali dengan harga bermalam yang masih terjangkau.


Lokasi dan Harga Tiket Masuk Lembah Tumpang

Lembah Tumpang Malang
Lembah Tumpang Malang, Sumber: wisatalembahtumpang.com

Lembah Tumpang Malang berlokasi di Jl. Slamet Gg. Gumuk Agung, Glanggang, Slamet, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Melansir dari ulasan Google tempat ini bahkan berhasil meraih rating 4,5 dari 6.328 pengguna. Pada awal tahun 2024 harga tiket masuk ke tempat ini dibanderol dengan harga Rp 60 ribu per orang mulai dari usia 4 tahun.

Harga tersebut sudah mencakup semua wahana mulai dari air terjun, kolam ikan, candi, spot selfie, Dino park, dan lain-lain. Pengunjung yang datang dari pusat kota Malang bisa menempuh jarak 14,7 km atau 32 menit perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya