Berantas Korupsi Lewat Optimalisasi Kinerja Pengelolaan Anggaran, Lapas Tanjungpandan Sabet Penghargaan

IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran. Sementara untuk penilaiannya mempertimbangkan tiga aspek utama yaitu kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran.

oleh Marifka Wahyu Hidayat diperbarui 24 Agu 2024, 12:38 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2024, 07:24 WIB
IKPA
Foto: Lapas Tanjungpandan

Liputan6.com, Jakarta- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan menerima penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Satuan kerja pengayoman itu memperoleh terbaik ke-1 dalam pencapaian nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Triwulan I tahun anggaran 2024 kategori pagu Rp 2–10 milyar.

“Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja ke depannya,” ungkap, Gowim Mahali selaku Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Kamis (24/8/2024).

Ia menuturkan, jajarannya berupaya melakukan pengelolaan anggaran yang efektif, efisien, dan akuntabel. Menurutnya, pengelolaan anggaran yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan dalam memberantas kosupsi. Pihaknya juga mendorong untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran agar dapat memberikan kontribusi terhadap pelayanan masyarakat.

"Capaian ini menjadi suatu keberhasilan atas kinerja pelaksanaan anggaran di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan yang tentunya tidak terlepas dari kerja sama tim yang baik,"tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung (Babel), Harun Sulianto, mengapresiasi capaian yang telah diraih oleh Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Ia juga meminta jajarannya untuk terus konsisten dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan anggaran.

Harun Sulianto juga berpendapat IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran. Sementara, untuk penilaiannya mempertimbangkan tiga aspek utama yaitu kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran. 

"Jadikan penghargaan ini sebagai dorongan untuk semakin meningkatkan kualitas kinerja,"pungkasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya