Mengenal Danau Rawa Pening, Wisata Alam Cantik di Jawa Tengah

Danau Rawa Pening merupakan salah satu tempat wisata alam cantik yang ada di Jawa Tengah. Tempatnya yang luas menawarkan spot-spot wisata menarik mulai dari kuliner, bermain, dan lain-lain.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 29 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 06:00 WIB
Danau Rawa Pening
Danau Rawa Pening (sumber: iStock)

Liputan6.com, Bandung - Menikmati wisata alam tidak harus selalu dengan mengunjungi pantai, pegunungan, atau air terjun. Namun, juga bisa dengan memanjakan mata melihat pesona danau yang megah dan tenang.

Danau juga cocok dikunjungi untuk berlibur di akhir pekan sebagai destinasi berlibur jauh dari hiruk pikuknya perkotaan. Selain itu menikmati wisata di danau juga bisa melakukan kegiatan menarik seperti bersantai atau berjalan-jalan di sekitar danau.

Kemudian untuk wisatawan yang ingin mendapat ketenangan juga bisa bersantai dan duduk di sekitar danau dengan menikmati pemandangan dan udara sejuk yang ada di sekitarnya. Saat ini di Jawa Tengah ada banyak pilihan wisata danau yang bisa dikunjungi.

Salah satunya adalah Danau Rawa Pening yang terkenal sebagai danau alami terbesar di Jawa Tengah. Pemandangan yang ditawarkan juga menampilkan keindahan yang memukau dan berkesan.

Selain itu, Danau Rawa Pening juga terkenal dengan airnya yang tenang dan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang cantik. Udara di sekitarnya juga memberikan suasana yang asri dan sejuk sehingga nyaman untuk dikunjungi.

Tempat tersebut cocok untuk dijadikan lokasi berlibur sendiri atau bersama pasangan, teman, dan keluarga. Aktivitas di sekitar danaunya juga bisa memberikan pengalaman yang menarik seperti berkeliling, memancing, dan lain-lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Keindahan Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening.
Danau Rawa Pening.

Berdasarkan informasi dari situs Dinas Lingkungan Hidup, Kota Semarang Danau Rawa Pening merupakan tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan panorama danau indah dan membentang luas.

Danaunya bahkan menempati empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang yaitu Kecamatan Bawen, Ambarawa, Tuntang, dan Banyubiru. Diketahui tempat indah ini berada di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Selain itu, Danau Rawa Pening mempunyai luas sekitar 2.670 hektare dan dikenal sebagai danau alami. Tempat ini juga populer dijadikan tempat wisata dan dimanfaatkan warga sekitar sebagai lokasi memancing atau mencari ikan dengan jala.

Sehingga, ketika berkunjung ke tempat tersebut wisatawan bisa melihat perahu nelayan yang melintang di tengah atau tepian danau. Selain itu tempatnya juga dikelola dengan baik untuk wisatawan berkreasi.


Daya Tarik Danau Rawa Pening

sidomuncul
Suasana shooting iklan Kuku Bima Energi di danau Rawa pening, Semarang. (foto : Liputan6.com/edhie prayitno ige)

Danau Rawa Pening menawarkan pemandangan indah perpaduan antara danau dan pegunungan yang cantik di sekitarnya. Danau ini bahkan memiliki udara yang sejuk dan suasana yang asri.

Selain itu, di tempat tersebut ada sejumlah lokasi-lokasi wisata menarik seperti rumah makan apung yang menyediakan menu makanan nikmat. Terutama menu berbahan dasar ikan yang menggugah selera.

Kemudian wisatawan juga bisa melakukan aktivitas memancing, terapi ikan, atau wisata apung yang unik. Pengunjung juga bisa mengelilingi danau sambil menaiki perahu dengan harga yang cukup terjangkau.

Tentunya Danau Rawa Pening juga menawarkan spot foto menarik yang Instagramable dan menampilkan panorama alam yang indah. Tempat ini juga mengajak wisatawan untuk menaiki sejumlah wahana air menarik misalnya jet ski, bebek air, dan lain-lain.


Lokasi dan Rute ke Danau Rawa Pening

Musim Kemarau, Danau Rawa Pening Berubah Jadi Sabana
Warga bersantai saat menikmati surutnya Danau Rawa Pening di Dusun Cikal , Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Minggu ( 30/9). Perubahan Danau Rawa Pening menjadi padang rumput menarik minat banyak warga untuk datang. (Liputan6.com/Gholib)

Danau Rawa Pening merupakan danau alami yang mempunyai luas sangat besar dan mencakup empat kecamatan sekaligus. Di antaranya Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru.

Di sekitar danau ini terdapat tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi untuk bermain, bersantai, atau bahkan melakukan aktivitas rekreasi. Diketahui salah satu spot Danau Rawa Pening yang cukup populer ada di daerah Ambarawa.

Daerah tersebut berjarak kurang lebih sekitar 42 km dari pusat Kota Semarang dan menjadi lokasi yang cukup mudah dan populer dilalui. Danaunya juga tidak jauh dari jalan raya utama sehingga mudah untuk ditemukan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya