Wakil Ketua MPR Tantang Adik Kandung Kabaharkam di Pilkada Gowa Sulsel

Pilkada Gowa 2024 diprediksi hanya diikuti oleh dua pasang kandidat.

oleh Fauzan diperbarui 28 Agu 2024, 21:50 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 21:36 WIB
Amir-Irma dan Husniah-Darmawangsyah (Liputan6.com/Fauzan)
Amir-Irma dan Husniah-Darmawangsyah (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Gowa - Dua pasang kandidat telah mendaftar ke KPU untuk maju sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Gowa, Sulawesi Selatan pada Rabu (28/8/2024). Keduanya adalah Amir Uskara berpasangan dengan Irmawati Haeruddin serta Husniah Talenrang yang berpasangan dengan Darmawangsyah Muin. 

Untuk diketahui, saat ini Amir Uskara menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI sementara Husniah Talenrang merupakan adik kandung dari Kabaharkam Mabes Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran. 

Dari Pantauan Liputan6.com, Pasangan Amir Uskara-Irma Haeruddin merupakan pendaftar pertama. Mereka tiba di KPU Kabupaten Gowa sekitar pukul 10.30 WITA dengan disambut langsung oleh Ketua KPU Gowa Fitrah Syahdanul bersama 4 komisioner lainnya serta para anggota Bawaslu Gowa.

"Selamat datang pak Haji Amir Uskara dan Ibu Irmawati Haeruddin. Kami minta bapak ibu tetap duduk sembari kita verifikasi berkas syarat pencalonan," kata Fitrah.

Duet Amir-Irma mendaftar sebagai bakal paslon Bupati Gowa dengan menyerahkan berkas 6 partai politik pengusung. Keenamnya adalah PPP, Partai Nasdem, PKB, Partai Gelora, Partai Buruh dan PKN.

Dalam kesempatan itu, Amir Uskara mengaku dia memilih Irma sebagai wakilnya, karena memiliki visi dan misi sama dalam memajukan Gowa yang lebih baik.

"Yang jelas kami siap bertarung untuk kepemimpinan Gowa 5 tahun ke depan. mau head to head, mau tiga pasangan, empat pasangan, tidak ada masalah. Intinya kami siap," kata Amir Uskara.

Sementara pasangan Husniah Talenrang-Darmawangsyah Muin (Hati-Damai) merupakan pendaftar kedua. Mereka tiba di kantor KPU Gowa sekitar pukul 14.00 WITA.

Pasangan Hati-Damai sendiri mengunci dukungan dari 7 partai yakni Gerindra, PAN, Demokrat, Golkar, PKS, PDI Perjuangan, dan Partai Perindo. 

Husniah Talenrang mengatakan, Hati-Damai bukanlah sekedar akronim namanya dengan Darmawangsyah Muin. Namun lebih dari itu, dia berharap seluruh masyarakat Gowa juga dapat merasakan hal tersebut 

"Ini (hati-damai) sangat penting bagi kita semua ditengah perbedaan yang ada. Kedamaian dalam hati kunci keharmonisan," lanjutnya.

Husniah Talenrang mengaku kehadiran hati-damai merupakan pilihan tepat. Keduanya orang baru, yang mengaku dinantikan masyarakat Kabupaten Gowa.

"Kami membawa harapan baru yang akan memimpin dan menjadikan Gowa lebih maju," kata Husniah yang merupakan kader PAN itu.

Sementara, Darmawangsyah mengaku bersama Husniah Talenrang tanpa paksaan. Sudah melalui analisa tim dan konsultan. Bergabungnya HT dan DM untuk rakyat Gowa.

 "Kami mau sejuk, kami mau damai. Kami mau menghasilkan kemenangan gilang-gemilang," kata Darmawangsyah yang juga selaku Ketua Gerindra Kabupaten Gowa itu.

 

Simak juga  video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya