Gelar Latihan Bersama Kesiapsiagaan Bencana, MDA Gandeng Instansi Terkait

Latihan gabungan Kesiapsiagaan Bencana itu bekerja sama dengan BPBD, PMI dan Damkar Luwu.

oleh Fauzan diperbarui 30 Agu 2024, 15:49 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 15:42 WIB
Latihan Bersama Kesiapsiagaan Bencana MDA (Liputan6.com/Fauzan)
Latihan Bersama Kesiapsiagaan Bencana MDA (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Luwu - PT Masmindo Dwi Area (MDA) menggelar Latihan Bersama Kesiapsiagaan Bencana pada Senin (26/8/2028). Latihan itu digelar bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Kabupaten Luwu.

Kegiatan yang digelar di site MDA ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh tiga instansi terkait bersama MDA. Materi pokok latihan ini adalah Penanganan Penyelamatan Tanah Longsor atau Landslide Rescue Handling.

Kegiatan itu digelar sebagai langkah antisipasi dampak bencana alam. Apalagi Kabupaten Luwu menempati posisi pertama pada Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) di Sulawesi Selatan. 

Dari 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan, Luwu memiliki IRBI tertinggi atau nomor satu berdasarkan survei kaji cepat penanganan bencana banjir dan tanah longsor. Jika ditinjau dari peta zona kerentanan gerakan tanah dan peta bahaya longsor, Luwu berada pada zona merah.

Latihan bersama tersebut diawali dengan penampilan simulasi penanganan penyelamatan oleh Emergency Response Team (ERT) MDA yang disaksikan dengan antusias oleh 15 peserta gabungan yang hadir. Setelah penampilan dari ERT MDA selesai, peserta kemudian dibagi menjadi dua tim untuk turut mempraktikkan materi yang diajarkan.

"Kegiatan ini merupakan sarana untuk berbagi wawasan dan keterampilan melalui praktik langsung di lapangan tentang langkah-langkah penanganan darurat, terutama terkait penanganan korban bencana di daerah longsor dan ketinggian. Latihan ini juga menunujukan komitmen untuk senantiasa bekerjasama dalam penanganan kebencanaan," kata Kepala Teknik Tambang (KTT) MDA, Mustafa Ibrahim dalam keterangannya, Jumat (30/8/2024).

Sementara itu, Nurul, salah satu perwakilan peserta dari PMI Kabupaten Luwu, sangat mengapresiasi latihan bersama yang dilaksanakan oleh MDA. Ia mengaku mendapat banyak pelajaran baru usai mengikuti kegiatan latihan bersama itu. 

 "Terima kasih kepada MDA karena melalui latihan bersama ini kami dapat menambah pengetahuan, mengasah kemampuan, serta menambah relasi," aku Nurul. 

Dengan adanya latihan bersama ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kemampuan tanggap darurat, tetapi juga memperkuat jalinan kerja sama lintas instansi. Selain itu, keberlanjutan kegiatan ini akan menjadi kunci utama dalam mengurangi risiko dan dampak bencana alam di Kabupaten Luwu.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya