Adhy Karyono Ingin Jatim Juara Umum PON Sumut-Aceh, Janjikan Bonus untuk Atlet Peraih Medali

Adhy menyebut kalau selama persiapan pemerintah daerah bersama Forkopimda kompak mendukung atlet Jawa Timur dalam pelatihan panjangnya. Semua OPD Pemprov Jatim juga ikut memberikan pendampingan.

oleh Tim Regional diperbarui 31 Agu 2024, 08:26 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2024, 08:26 WIB
Adhy Karyono melepas kontingen atlet PON Jatim. (Istimewa)
Adhy Karyono melepas kontingen atlet PON Jatim. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan optimisme Jatim meraih juara umum PON Sumatera Utara-Aceh yang akan digelar pada 9-20 September 2024. Target ini diniliai  realistis mengingat pada PON XX di Papua, Jatim menduduki peringkat ketiga.

"Target tentunya yang terbaik lebih dari PON XX kemarin. Cita-cita kita jelas juara umum. Kita akan berjuang sekuat tenaga. Insya Allah nanti kami juga akan membersamai mereka bertanding. Kita doakan semoga Jawa Timur akan memperoleh juara umum atau paling tidak lebih daripada PON kemarin," ujarnya, Jumat 30 Agustus 2024.

Adhy menyebut kalau selama persiapan pemerintah daerah bersama Forkopimda kompak mendukung atlet Jawa Timur dalam pelatihan panjangnya. Semua OPD Pemprov Jatim juga ikut memberikan pendampingan.

"Nah, kali ini kita punya strategi dan teknik. Di samping itu, kita juga memberikan kesempatan kepada seluruh perangkat daerah untuk bisa membantu selama proses latihan dan untuk bisa memberikan motivasi, masukan, juga mengatasi kendala-kendala," katanya.

Bagi mereka yang memenangkan medali, Adhy memastikan sudah ada bonus yang disiapkan olehnya. Ia menyebut Pemprov Jatim telah menganggarkannya secara khusus.

"Nanti kita lihat hadiahnya setelah PON. Sejauh ini Jawa Timur tidak kekurangan memberikan untuk atlet. Di antara provinsi lain, kita termasuk yang tertinggi. Kita akan menggalang juga dari masyarakat yang bersimpati. Pokoknya kita bersama-sama mendukung atlet-atlet kita," katanya.

Dalam PON Aceh-Sumut ini ada 884 atlet dan 291 ofisial yang berangkat mewakili Jawa Timur. Dari 67 cabang olahraga yang dipertandingkan, Jawa Timur mengikuti 63 di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Atlet Dibekali Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan

PON Sumut
Pada PON XXI/2024, Maskot untuk Sumut yang diluncurkan bernama Hatra (Harimau Sumatera) (Istimewa)

Ketua KONI Jawa Timur M Nabil mengatakan, PON kali ini merupakan peluang besar bagi provinsi itu untuk membawa pulang sebanyak mungkin gelar juara. Mengingat, banyak cabor unggulan daerah yang digelar.

"Cabor yang dipertandingkan sekarang ini adalah lumbung emas kita. Seperti golf, bowling, tenis meja, dan dansa. Secara hitungan, kita dan kompetitor kita hampir sama. Apapun bisa terjadi di lapangan, tapi harapan kita bisa menjadi juara," katanya.

Lebih lanjut, para atlet juga dibekali Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan. Menurut Nabil, hal ini merupakan hal krusial yang memang menjadi hak mereka.

"Ini kewajiban kita untuk memperhatikan keselamatan dan kesehatan atlet-atlet kita. Itu akan membuat bukan hanya atlet, tapi orang tuanya juga tenang. Selama ini kalau cedera dan sakit, memang sudah menjadi tanggungjawab kami. Tapi sekarang kan lebih jelas dan lebih aman," katanya.

Infografis Perbandingan Skor Indeks Persepsi Korupsi di Asia Tenggara dan Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni
Infografis Perbandingan Skor Indeks Persepsi Korupsi di Asia Tenggara dan Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya