Latihan Bersama TNI AD dan Singapore Armed Force (SAF) Resmi Dibuka

Memperkuat kerjasama regional dan mematangkan kemampuan teknis prajurit kedua negara, digelar latihan bersama antara TNI AD dan SAF. Latihan dibuka oleh Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak.

oleh Edhie Prayitno Ige diperbarui 02 Sep 2024, 21:27 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 21:27 WIB
Kostrad
Pembukaan Latihan Bersama TNI AD dan Singapore Armed Force {SAF) dibuka oleh Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jendral TNI Maruli Simanjuntak di Lapangan Kurusetra Markas Yonif 411/Pandawa/Kostrad. Foto: liputan6.com/edhie prayitno ige 

Liputan6.com, Salatiga - Latihan Bersama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat dan Angkatan Darat Singapura (SAF) dengan sandi Safkar Indopura ke-36 Tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Lapangan Kurusetra, Markas Yonif 411/Pandawa, Jalan Veteran No. 01 Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin(2/9/2024). 

Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak bersama Chief of The Singapore Army (Kasad Singapura) Major General David Neo Chin Wee menjadi inspektur upacara pembukaan latihan bersama ini.

Melibatkan 105 prajurit TNI AD diwakili oleh Yonif 411/Pandawa/6/2 Kostrad dan 105 dari Singapore Armed Forces (SAF). Delegasi SAF diwakili 5th Battalion Singapore Infantry Regiment (5SIR) akan dilaksanakan 2-11 September 2024.

Pada upacara pembukaan dilaksanakan serah terima obor Safkar Indopura dan penyematan tanda peserta latihan kepada Dua Komandan Batalyon yakni Danyonif 411/Pandawa/6/2 Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang dan Commanding Officer, 5 SIR Lt Col Vanderput Ian James Valence. 

Upacara pembukaan ini dihadiri pula oleh Pangkostrad, Pangdam IV/Diponegoro, Danjen Kopassus, Pangdivif 2 Kostrad, Para Asisten Kasad, Para Asisten Kaskostrad, Delegasi Singapore Army, Forkopimda Jawa Tengah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Petinggi Militer Singapura Alumni Seskoad

Kostrad
Inspeksi pasukan dilakukan Kasad dan para petinggi SAF dengan kendaraan tempur milik Yonif 411/Pandawa/Kostrad. Foto: liputan6.com/edhie prayitno ige 

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan bahwa kerjasama dua Angkatan Darat antara Indonesia dan Singapura telah terjalin sejak tahun 1988.

"Latihan ini digelar selama 12 hari, latihan dan kerja sama militer yang dilaksanakan mempunyai nilai strategis bagi hubungan bilateral kedua negara Indonesia dan Singapura. Juga untuk memperkuat ikatan persaudaraan serta kemitraan yang strategis," kata Jenderal TNI Maruli. 

Ditambahkan agar Latma Safkar Indopura ini menjadi ajang interaksi prajurit dalam membangun hubungan perorangan yang kuat sekaligus untuk menumbuhkan sikap saling percaya, saling mengerti dan saling menghargai.

Sementara itu terungkap Kasad Singapura Major General David Neo merupakan lulusan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad).

Hal itu diungkapkan Major General David Neo ketika menyampaikan sambutannya di hadapan ratusan tentara dari dua negara.

Acara ditutup dengan foto bersama dan peninjauan display statis perlengkapan militer dari TNI AD dan SAF.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya