ACE Hardware Pamit dari Indonesia Usai 29 Tahun Berdiri, Rencana Ganti Merek Baru

Perusahaan ritel perabotan hingga alat rumah tangga, ACE Hardware dikabarkan segera pamit dari Indonesia setelah 29 tahun berdiri. Diketahui perusahan tersebut akan muncul kembali dengan merek yang baru.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 03 Sep 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 10:00 WIB
Ace Hardware Gelar Diskon 10 Persen Untuk Semua Produk
Ace Hardware menggelar diskon 10 persen untuk semua produk mulai tanggal 18-20 Juli 2014 ini.

Liputan6.com, Bandung - Belakangan ini publik dihebohkan dengan kabar pamitnya salah satu perusahaan ritel perabot rumah tangga dan perkakas, ACE Hardware. Kabar tersebut jadi sorotan mengingat perusahaannya telah berdiri di Indonesia selama 29 tahun.

Sebagai informasi pamitnya perusahaan tersebut terjadi karena PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) (ACES) memutuskan untuk tidak memperpanjang atau melanjutkan lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd.

Diketahui lisensi ACE Hardware di Indonesia sendiri akan berakhir pada 31 Desember 2024 mendatang. Sementara itu Direktur PT. Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Gregory S. Widjaja menuturkan bahwa perusahan kini tengah mempersiapkan identitas merek baru.

Sehingga dengan adanya pergantian nama perseroan membuat jaringan ritel bernama toko ACE Hardware juga akan turut diganti karena nama tersebut merupakan bagian dari perjanjian lisensi bersama ACE Hardware International Holdings, Ltd.

“Sebagai salah satu langkah strategis bisnis, manajemen perusahaan memutuskan untuk tidak melanjutkan perjanjian lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd yang akan berakhir pada 31 Desember 2024,” kata ACES melalui keterangan resminya di Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (3/9/2024).

Gregory juga menyampaikan bahwa langkah tersebut dilakukan untuk tetap sejalan dengan fokus hingga rencana pengembangan bisnis perusahaannya di masa mendatang. Terutama untuk menyesuaikan dengan tren pasar dan preferensi konsumen yang terus berubah.

Sementara itu perusahaan juga saat ini masih mempersiapkan peluncuran identitas merek baru pengganti ACE Hardware untuk diperkenalkan nantinya kepada masyarakat di awal tahun 2025.

“Kami sangat yakin bahwa persiapan matang yang sedang kami upayakan ini mampu mempertahankan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, mempertahankan daya saing yang kuat di industri ritel,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah Panjang ACE Hardware di Indonesia

PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) buka toko pertama di Prabumulih pada 23 Desember 2022. (Foto: laman PT Ace Hardware Indonesia Tbk)
PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) buka toko pertama di Prabumulih pada 23 Desember 2022. (Foto: laman PT Ace Hardware Indonesia Tbk)

Melansir dari situs resminya PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pertama kali didirikan pada tahun 1995. Perusahaan tersebut terkenal sebagai bidang usaha perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup.

Pertama kali ACE Hardware membuka gerainya di tahun 1996 di Karawaci, Tangerang. Sejak itu perusahaannya terus berkembang dan dikenal menawarkan sejumlah perlengkapan rumah tangga hingga kebutuhan gaya hidup berkualitas.

Diketahui pada tahun 2022 lalu ACE Hardware Indonesia tercatat sudah memiliki sekitar 228 gerai yang tersebar di 52 kota di Indonesia. Salah satu tempat ACE Hardware terbesar di Indonesia adalah ACE Living World Alam Sutera.

Selain itu perusahaan ini juga membuka ACE Xpres sebuah gerai yang menjadi tempat pengunjung bisa berbelanja yang menawarkan produk kebutuhan sehari-hari. Gerainya di buka sejak 2018 dan tercatat mempunyai 18 toko ACE Xpress di sejumlah kota.

Kemudian dalam mengikuti perkembangan zaman perusahan ini juga menyediakan toko online yang bisa dibeli oleh para pembeli secara online. Bahkan perusahaannya menyediakan layanan untuk mengirim barang ke alamat tujuan atau diambil di toko pilihan.


Siapa Pemilik ACE Hardware?

ace-hardware-ritel-121112b.jpg
ACE Hardware

ACE Hardware dikenal sebagai toko perkakas yang telah berdiri sejak tahun 1924 oleh sekelompok kecil pemilik toko perkakas di Chicago. Toko ini mengubah lanskap ritel yang memungkinkan toko-toko perseorangan untuk membeli barang dagangan dalam jumlah besar.

Kehadiran tokohnya bisa untuk menghemat uang dan membeli dengan harga serendah mungkin. Kemitraannya bahkan memungkinkan toko-toko yang lebih kecil untuk bersaing secara efektif di bidang ritel meskipun ada toko-toko yang lebih besar di pasar tersebut.

Diketahui perusahaan ini sudah memiliki lebih dari 5.000 toko di seluruh dunia dan mayoritas tokonya dimiliki serta dioperasikan secara independen oleh pengusaha lokal. ACE Hardware juga dikenal sebagai toko yang menawarkan kebutuhan rumah tangga yang umum.

Contohnya kebutuhan berbagai macam cat, rumput, taman, perkakas, peralatan, dan semua produk untuk memperbaiki, mereparasi, atau merawat rumah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya