Festival Hiu Paus Gorontalo 2024, Langkah Menuju Destinasi Wisata Nasional

Dengan menggelar lebih banyak event pariwisata, diharapkan Botubarani tidak hanya dikenal sebagai lokasi untuk melihat hiu paus.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 06 Sep 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 05:00 WIB
Wisata Hiu Paus Gorontalo
Hiu Paus Gorontalo saat berinteraksi dengan wisatawan dari luar daerah (Arfandi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Festival Hiu Paus Gorontalo 2024, yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango menandai langkah awal yang penting dalam mengangkat Botubarani sebagai destinasi wisata nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Ariyanto Husain, menjelaskan bahwa penyelenggaraan festival ini merupakan bagian dari strategi besar untuk memajukan pariwisata di Gorontalo.

Dengan menggelar lebih banyak event pariwisata, diharapkan Botubarani tidak hanya dikenal sebagai lokasi untuk melihat hiu paus, tetapi juga sebagai destinasi wisata yang terintegrasi secara keseluruhan.

Menurutnya, Hiu paus Botubarani adalah ikon pariwisata minat khusus di Gorontalo. Kami perlu memikirkan bagaimana mengembangkan Botubarani menjadi destinasi wisata yang lebih holistik.

"Bukan hanya dikenal karena aktivitas hiu pausnya tapi ada lainnya," kata Ariyanto.

Ia juga menekankan, pentingnya pengelolaan kawasan perairan Botubarani, yang merupakan bagian dari kawasan konservasi, dengan pendekatan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Pada kesempatan tersebut, Yosef Koton, Pelaksana tugas (Plt) Asisten III Bidang Administrasi Umum, yang mewakili Penjabat Gubernur Gorontalo, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan perdana festival ini. Ia berharap agar festival tersebut dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik pada masa mendatang.

"Saya mewakili bapak gubernur, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan festival hiu paus pertama ini," ujar Yosef.

Ia juga menegaskan bahwa kreativitas dan inovasi dari para pemangku kepentingan sangat diperlukan untuk mendorong perkembangan sektor pariwisata Gorontalo.

Dengan kontribusi sektor pariwisata terhadap PDRB Gorontalo yang baru mencapai 2,4 persen, Yosef mengingatkan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

"Pengembangan Botubarani harus diarahkan seperti pengembangan Labuan Bajo di NTT atau Likupang di Sulawesi Utara. Perluasan jalur akses udara juga harus diprioritaskan untuk mendukung pengembangan pariwisata ini," tambahnya.

Festival Hiu Paus Gorontalo 2024 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik, seperti pameran produk UMKM dan ekonomi kreatif, lomba mewarnai untuk anak-anak yang didukung oleh Alfamart, kegiatan bakar ikan di tepi pantai, lomba reels, serta penyerahan rumpon bantuan dari program Kampung Berseri Astra.

Dengan rangkaian acara yang beragam ini, Festival Hiu Paus Gorontalo diharapkan dapat terus menjadi ajang tahunan yang membawa dampak positif bagi pariwisata di Gorontalo, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi alam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya