Mengintip Indahnya Pintu Langit Sky View, Wisata Alam Indah di Wonosobo

Pintu Langit Sky View merupakan tempat wisata populer di Wonosobo. Tempat ini dikenal sebagai wisata indah untuk menikmati pemandangan bagaikan di negeri awan.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 21 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 06:00 WIB
Pemandangan dari Gunung Sikunir di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
Pemandangan dari Gunung Sikunir di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. (Dok: Instagram @jeannesantoso https://www.instagram.com/jeannesantoso?igsh=MXJncGYyNm1wYmV3Yw==)

Liputan6.com, Bandung - Indonesia menyimpan banyak tempat wisata alam mempesona yang menarik untuk dikunjungi. Terutama untuk menikmati pemandangan alamnya yang beragam dan menyajikan pengalaman tidak terlupakan.

Salah satu daerah yang terkenal dengan wisata alam yang memesona adalah daerah, Wonosobo. Wonosobo cukup populer di kalangan pencinta alam dan wisatawan yang ingin menikmati keindahannya.

Wonosobo cukup terkenal dengan keindahan alamnya yang terletak di dataran tinggi. Wisatawan yang berkunjung bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan terutama untuk mendapatkan pengalaman bagai negeri di atas awan.

Pasalnya, ketika cuaca berawan para pengunjung bisa melihat bagaimana pemandangan awan yang seolah-olah berada di bawah kaki. Sehingga, pengalaman tersebut menciptakan sensasi seperti di sebuah negeri di atas awan.

Selain itu, ketika cuaca cerah dan tidak berawan pengunjung bahkan bisa melihat bagaimana keindahan panorama sekitarnya. Pemandangan tersebut bisa memberikan ketenangan hingga suasana alam yang damai dan penuh kenangan.

Tempat wisata di Wonosobo juga terkenal untuk menikmati spot sunset atau sunrise dari ketinggian. Salah satu tempat yang populer saat ini adalah Pintu Langit Sky View yang berlokasi di kawasan populer Dieng.

Diketahui, tempat ini menawarkan pemandangan lembah Kabupaten Wonosobo yang menakjubkan. Para pengunjung juga bisa menghirup udara yang sejuk dan bersih karena lokasinya yang berada di kawasan ketinggian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daya Tarik Pintu Langit Sky View

Ilustrasi mimpi, awan
Ilustrasi mimpi, awan. (Photo by Jelleke Vanooteghem on Unsplash)

Pintu Langit Sky View mempunyai daya tarik utama sebuah pemandangan atau panorama cantik yang menyajikan pemandangan matahari terbit, matahari terbenam, hingga lautan awan ketika cuaca sedang berawan.

Tempat ini mengajak para pengunjung untuk menikmati suasana sekitar bagaikan sedang di negeri awan. Diketahui awan-awan yang berada di sekitar tempat ini muncul karena lokasi Pintu Langit Sky View yang berada di ketinggian sekitar 1.800 mdpl.

Ketika lautan awan sedang menyelimuti pengunjung bisa menikmati momen berfoto dengan latar belakang yang menakjubkan tersebut. Bahkan terdapat sejumlah spot berfoto yang Instagramable untuk dinikmati para pengunjung.

Melansir dari media sosial resminya, tempat ini menawarkan spot foto unik hingga jembatan kaca yang semakin membuat pengunjung seperti berada di negeri dongeng. Latar belakang gunungnya juga menjadikan momen semakin mempesona.


Daya Tarik Berikutnya

Ilustrasi Telaga Menjer
Ilustrasi Telaga Menjer. (Photo by Ryóka on Unsplash)

Selain menikmati pemandangan sekitar para wisatawan juga bisa menikmati aktivitas tour Jeep yang menantang. Para pengunjung bisa menyewa mobil Jeep untuk merasakan pengalaman yang menarik.

Misalnya menaiki Jeep dan melewati sejumlah tempat wisata termasuk Kebun Teh Panama, Telaga Menjer, atau Kawah Sikidang. Selain itu, tempat ini juga menjadi spot berlibur atau staycation yang menarik bagi wisatawan luar kota atau mancanegara.

Sebab, para pengunjung bisa menyewa Villa di tempat tersebut yang kamarnya mempunyai pemandangan cantik langsung menghadap ke gunung dan langit yang indah. Tentunya dengan menyewa kamar tersebut pengunjung bisa menikmati suasana sunrise atau sunset.

Kemudian, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sekitar sambil berduduk santai di tempat yang telah tersedia. Bahkan pengunjung juga bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sekaligus minuman yang menghangatkan.


Lokasi dan Rute ke Pintu Langit Sky View

Menyambut mentari pagi di Bukit Sikunir, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Menyambut mentari pagi di Bukit Sikunir, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Pintu Langit Sky View berlokasi di Gardu Pemandangan Dieng atau Sidorejo, Tieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berdasarkan informasi dari media sosialnya tempat ini buka setiap hari pukul 04.30 hingga 20.00 WIB.

Pengunjung yang datang dari pusat kota Wonosobo bisa menempuh jarak sekitar 20 km atau 37 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Sementara itu, pengunjung bisa mendatangi lokasi ini menggunakan jalur darat.

Jika menaiki kereta api pengunjung bisa turun terlebih dahulu di Stasiun Purwokerto atau Stasiun Tugu, Yogyakarta. Melalui Stasiun Purwokerto pengunjung harus menempuh jarak 109 km atau 2 jam 42 menit.

Kemudian jika turun di Stasiun Tugu Yogyakarta pengunjung harus menempuh jarak sekitar 102 km atau 2 jam 53 menit perjalanan. Para wisatawan juga disarankan untuk berwisata ke Dieng dengan menggunakan jasa tour guide.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya