Legend Raider Nasional Titip Pesan Moral ke Pembalap Muda

Kejutan di aspal sirkuit Pancasila Mallombassang Pangkep terjadi ketika legenda balap nasional asal Pulau Sulawesi yang top di masanya, yaitu Haji Ichal ikut ambil bagian menyemangati pembalap muda

oleh Ahmad Yusran diperbarui 22 Sep 2024, 22:19 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2024, 22:08 WIB
Yamaha Cup Race di Sirkuit Pancasila Karaeng Mallombassang, Pangkep. (Foto: Liputan6.com/Ahmad Yusran)
Yamaha Cup Race di Sirkuit Pancasila Karaeng Mallombassang, Pangkep. (Foto: Liputan6.com/Ahmad Yusran)

Liputan6.com, Jakarta - Putaran pertama Yamaha Cup Race yang berlangsung di Sirkuit Pancasila Karaeng Mallombassang, 21 - 22 September 2024, di Kabupaten Pangkep, diwarnai beragam kejutan dan keseruan.

Di antaranya soal cuaca ditengah Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini dilanda cuaca ekstrem dengan suhu panas terik. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) suhu harian berkisar antara 34-36 derajat Celsius.

Namun di balik ekstremnya cuaca, hal tersebut tidak menyurutkan serunya animo penonton yang datang membanjiri sirkuit untuk melihat secara dekat aksi 246 pembalap yang mengambil bagian dalam Yamaha Cup Race yang open seremoni Minggu 22 September 2024, dihadiri langsung oleh Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau.

Di samping keseruan penonton yang mau berpanas ria di tengah teriknya matahari yang memanggang sirkuit, mengikuti sejumlah game di antara tenda sponshorship dan ikut berjoget usai balapan berlangsung di panggung utama sirkuit Pancasila Mallombassang Pangkep.

Kejutan di aspal sirkuit Pancasila Mallombassang Pangkep terjadi ketika legenda balap nasional asal Pulau Sulawesi yang top di masanya, yaitu Haji Ichal ikut ambil bagian menyemangati pembalap muda yang datang berbagai daerah di luar Sulawesi Selatan seperti Sulbar, Sultra, Kalteng, Jawa Barat dan Papua.

Bahkan Haji Ichal yang usianya tak muda lagi, kembali memperlihatkan kepiawaiannya di atas aspal memacu gas motornya dan berujung naik ke podium. Usai memantaskan dirinya meraih juara pertama di kelas YCR12-Bebek 2 tak 115cc s/d 125cc Standart Ex Ridee.

Disusul tempat kedua yaitu Rendy Latukolan, Harninto SJ tempat ketiga, Rizki Rifat ke empat dan Ashir Mudatsir tempat kelima diatas podium.

"Pesan moral saya ke pembalap muda itu tidak usah cawe-cawean, sedikit-sedikit emosian meski tersenggol. Karena yang utama dari pembalap itu adalah soal mental, disiplin latihan dan banyak bersyukur," kata Haji Ichal kepada Liputan6.com, Minggu 22 September 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bibit Pembalap

Yamaha Cup Race di Sirkuit Pancasila Karaeng Mallombassang, Pangkep. (Foto: Liputan6.com/Ahmad Yusran)
Yamaha Cup Race di Sirkuit Pancasila Karaeng Mallombassang, Pangkep. (Foto: Liputan6.com/Ahmad Yusran)

Johannes BMS, Assistant General Manager CS Division PT Yamaha Indonesia Manufacturing menyatakan ucapan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak atas terselanggaranya Yamaha Cup Race kali ini.

"Memasuki tahun ke-35 Yamaha Cup Race ini merupakan bentuk komitmen dan konsistensi Yamaha Indonesia dalam mengembangkan pembalap road race sekaligus menjadi ajang pengenalan produk-produk Yamaha," jelas Johannes BMS.

Johanes mengaku, Yamaha Cup Race putaran pertama dapat disaksikan oleh siapa saja karena ada live streaming dari pihak Yamaha Indonesia.

"Hari pertama dalam kegiatan ini adalah latihan bebas dan kualifikasi. Sedangkan, hari kedua adalah perlombaan. Dan ada 13 kelas yang dilombakan pada seri 1 Yamaha Cup Race 2024," kata Johanes BMS.

Tak mau ketinggalan usai menekan tombol sirine pertanda lomba dimulai, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau memberikan semangat kepada seluruh pembalap agar menjadikan lomba ini menjadi ajang lahirnya bibit pebalap muda dari Sulawesi Selatan.

"Saya berharap Yamaha Cup Race ini berjalan dengan lancar dan melahirkan bibit pembalap nasional dari Sulawesi Selatan," kata Muhammad Yusran Lalogau.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya