BMKG Kembali Ingatkan Warga Sulut Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Saat kondisi cuaca ekstrem seperti ini dapat berpotensi terjadi bencana banjir, tanah longsor bahkan pohon tumbang.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 25 Sep 2024, 06:16 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2024, 06:14 WIB
Cuaca esktrem bakal terjadi di Sulut.
Cuaca esktrem bakal terjadi di Sulut.

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan warga Sulut untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca esktrem dalam beberapa hari ke depan.

“Kami memprediksi wilayah Sulut berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan,” ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle pada, Selasa (24/9/2024).

Dia berharap, warga waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Saat kondisi cuaca ekstrem seperti ini dapat berpotensi terjadi bencana banjir, tanah longsor bahkan pohon tumbang.

"Warga yang tinggal di bantaran sungai, lereng terjal atau perbukitan berhati-hati saat kondisi cuaca ekstrem. BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 26 September 2024," ujarnya.

Ben mengatakan, di sepanjang hari ini potensi cuaca ekstrem berpeluang terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, serta Kabupaten Minahasa Selatan.

Berikutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pada tanggal 25 September 2024, kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, serta Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Selanjutnya, pada 26 September 2024 diperkirakan terjadi di Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya