Intip, 6 Rekomendasi Kuliner Hits di Cirebon Wajib Dicoba

Cirebon tidak hanya terkenal dengan wisata bersejarah dan alamnya yang indah tetapi juga kuliner yang beragam. Berikut ini rekomendasi kuliner yang populer di Cirebon wajib untuk dicoba.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 28 Sep 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 05:00 WIB
resep
ilustrasi empal gentong/copyright Shutterstock

Liputan6.com, Bandung - Cirebon menjadi salah satu kota yang kaya akan sejarah hingga budaya yang bisa dipelajari pengunjungnya. Kota ini juga menyimpan pesona tersendiri dalam hal wisata alam, wisata budaya, wisata bersejarah, hingga wisata kuliner.

Cirebon merupakan kota yang terkenal dengan perpaduan budaya Jawa, Sunda, bahkan Arab sehingga banyak kuliner yang menciptakan cita rasa unik yang khas. Bagi para pencinta kuliner tentunya kota ini jadi surga tersembunyi yang layak untuk dikunjungi.

Salah satu daya tarik utama kuliner Cirebon adalah perpaduan rasa yang unik karena banyak menggunakan rempah-rempah yang kaya. Sementara itu, pengaruh budaya Jawa dan Sunda memberikan sentuhan segar dengan penggunaan bahan-bahan lokal seperti santan dan sayuran.

Cirebon tentunya memiliki beragam kuliner khas yang wajib dicoba seperti Nasi jamblang dengan lauk pauknya yang lengkap, empal gentong dengan kuahnya yang kaya rempah, hingga bubur sop unik dengan rasa yang khas dan nikmat.

Selain itu, kuliner Cirebon biasanya disajikan di warung makan tradisional yang sederhana namun nyaman dan sering kali bisa menikmati hidangan sambil duduk lesehan di atas tikar atau meja rendah.

Kuliner Cirebon juga terkenal dengan harganya yang relatif terjangkau karena bisa menikmati hidangan lezat dengan harga yang sangat bersahabat di kantong. Berikut ini daftar kuliner yang wajib dicoba ketika datang ke Cirebon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Rekomendasi Kuliner Hits di Cirebon Wajib Dicoba

Ayam Goreng
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Ayam Goreng Santa Maria

Ayam Goreng Santa Maria merupakan kuliner di Cirebon yang wajib untuk dicoba dan selalu ramai pengunjung. Pasalnya tempat ini menawarkan sajian makanan yang khas dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam dagingnya.

Rasa yang dikenal dari sajian makanan ini adalah rasa gurih, manis, hingga asin yang berpadu sempurna. Terutama jika mengonsumsi sajian daging ayamnya bersama nasi hangat dan sambal yang pedas.

Lokasi Ayam Goreng Santa Maria berada di Jl. Sisingamangaraja No.31, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

2. Kue Tapel Ibu Lena

Bagi pencinta makanan manis wajib untuk mencoba jajanan kue tradisional di Kue Tapel Ibu Lena. Tempat makan ini menawarkan beragam makanan terutama kue tapel yang merupakan makanan khas Cirebon.

Sajian kuenya identik dengan bahan dasar tepung beras, parutan kelapa, ketan, hingga potongan pisang atau gula merah. Sehingga rasanya mempunyai rasa manis, gurih, hingga aroma yang khas.

Kue Tapel Ibu Lena berlokasi di Gg. Alas Demang 1, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.


Kuliner Selanjutnya

Pengunjung Rela Antre Demi Menyantap Nasi Jamblang Cirebon
Antrian pengunjung Nasi Jamblang Cirebon Ibu Nur di musim libur Lebaran 2019. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

3. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang merupakan sajian kuliner khas Cirebon yang wajib untuk dicoba terutama untuk makan siang. Sebab makanan ini mempunyai sajian makanan nasi putih hingga lauk pauk yang beragam dan cita rasa yang khas.

Para pengunjung bisa mencoba sejumlah makanan yang dibungkus dengan daun jati dan biasanya bisa berisi beragam lauk pauk seperti terong balado, perkedel kentang, daging sapi, sapi goreng, tempe, tahu, dan lain-lain.

Lokasinya berada di Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 20.30 WIB.

4. Empal Gentong Mang Darma

Empal Gentong jadi salah satu kuliner yang wajib dinikmati ketika mengunjungi kota Cirebon. Pasalnya sajian makanan ini menyediakan sup daging sapi yang khas dan biasanya dimasak dalam gentong tanah liat.

Menu makanannya terkenal dengan rasa yang nikmat dan unik karena biasa menggunakan bumbu khas dari rempah yang kaya. Makanan ini juga mempunyai proses memasak yang khas sehingga rasanya berbeda dari sajian makanan lain.

Lokasi Empal Gentong Mang Darma berada di Jl. Jend. Sudirman No.236, Ciperna, Kec. Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.30 WIB.


Berikutnya

es kopyor
Ilustrasi es kopyor./Copyright shutterstock.com

5. Es Kopyor 4848

Es Kopyor 4848 menjadi destinasi kuliner yang wajib dikunjungi karena menawarkan menu segar es kelapa muda yang dicampur dengan daging kelapa muda atau kopyor. Rasanya tentu segar dan manis karena biasa dicampur dengan sirup atau susu.

Tempat makan ini juga terkenal dengan sajian es kopyornya yanang segar, manis, dan sedikit gurih. Tentunya banyak orang gemar mengunjungi tempat ini karena sajian kopyornya yang disebut-sebut lembut hingga manis alami.

Es Kopyor 4848 berlokasi di Jl. Karanggetas No.9, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 09.30 hingga 17.30 WIB.

6. Bubur Sop Ayam M Kapi

Bubur Sop Ayam adalah sajian kuliner khas Cirebon yang cukup populer karena keunikannya yang berbeda dari bubur lain. Jika di kota lain biasanya bubur mempunyai kuah yang sedikit atau bahkan tanpa kuah tetapi di Cirebon kuahnya sangat melimpah.

Sehingga sajian bubur tersebut berpadu dari yang lembut dengan kuah yang gurih nikmat. Selain itu, tempat ini juga menyajikan topping yang beragam sehingga nikmat disantap sebagai sajian sarapan atau makan siang.

Lokasi Bubur Sop Ayam M Kapi berada di Jl. Tentara Pelajar No.56, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 17.00 hingga 01.30 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya