Mengintip Studio Alam Gamplong, Wisata Menarik yang Sering Jadi Lokasi Syuting di Jogja

Studio Alam Gamplong dikenal sebagai destinasi wisata menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempat ini juga dikenal dengan sejumlah bangunan unik yang biasa jadi lokasi syuting film Indonesia.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 29 Sep 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2024, 05:00 WIB
Studio Alam Gamplong di Yogyakarta
Latar Batavia Era Jajahan Belanda di Studio Alam Gamplong (dok. Instagram @gamplong_studio/ Brigitta)

Liputan6.com, Bandung - Yogyakarta dikenal sebagai kota yang kaya akan budaya dan sejarah sehingga telah lama menjadi primadona bagi para wisatawan baik lokal atau mancanegara untuk menikmati waktu berlibur di Indonesia

Kota ini juga menyimpan pesona alam yang menakjubkan hingga warisan budaya yang kental sehingga menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan. Misalnya pantai-pantai yang eksotis seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Indrayanti.

Selain itu, bagi para pecinta alam Gunung Merapi dan kawasan sekitarnya menyajikan tantangan tersendiri untuk mendaki dan menikmati keindahan alam dari ketinggian. Sebagai pusat kebudayaan Jawa, Yogyakarta menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah..

Contohnya saja wisata Candi Prambanan dan Candi Borobudur merupakan dua situs warisan dunia UNESCO yang wajib untuk dikunjungi. Selain itu, Keraton Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Yogyakarta juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kuliner Yogyakarta juga tak kalah menarik seperti misalnya Gudeg, bakpia, dan yangko adalah beberapa makanan khas Yogyakarta yang wajib dicoba. Salah satu alasan mengapa Yogyakarta menjadi destinasi wisata yang populer juga karena biaya yang relatif terjangkau.

Kota ini juga menawarkan banyak destinasi wisata menarik untuk dinikmati seperti salah satunya Studio Alam Gamplong yang populer sebagai tempat wisata sekaligus lokasi syuting banyak film populer Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Studio Alam Gamplong?

Studio Alam Gamplong
Studio Alam Gamplong, Yogyakarta. (Liputan6.com/IG/parkfebi)

Studio Alam Gamplong merupakan destinasi wisata unik yang mempunyai kisah pembangunan unik karena awalnya dibangun sebagai lokasi syuting film "Sultan Agung" karya Hanung Bramantyo.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu tempat ini semakin populer dan menjadi salah satu spot favorit bagi para wisatawan yang ingin berburu foto dengan latar belakang yang menarik.

Studio Alam Gamplong mempunyai keunikan tersendiri karena memiliki desain bangunan yang sangat beragam dan unik. Para wisatawan akan menemukan berbagai macam bangunan dengan arsitektur khas Jawa, Eropa, hingga Tiongkok.

Selain itu, terdapat juga berbagai properti seperti kereta kuda, perahu, dan alat-alat pertanian yang menambah kesan klasik pada tempat ini. Tak heran jika banyak yang menyebut Studio Alam Gamplong sebagai "mini Hollywood" di Yogyakarta.


Daya Tarik Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong di Yogyakarta
Potret Mini Hollywood Ala Wisata Edukasi Studio Alam Gamplong di Yogyakarta (dok. Instagram @gamplong_studio/ Brigitta)

Salah satu daya tarik utama Studio Alam Gamplong merupakan koleksi bangunan bersejarahnya yang begitu beragam. Pengunjung bisa menemukan replika bangunan ikonik dari berbagai era seperti bangunan khas Jawa, Belanda, hingga Tiongkok.

Setiap sudut studio ini seolah-olah mengajak pengunjung untuk bertualang waktu atau merasakan sensasi berada di era yang berbeda. Terutama dengan latar belakang bangunannya yang megah.

Studio ini memiliki banyak sekali spot foto menarik karena mempunyai beragam tema yang bisa dijelajahi oleh wisatawan. Misalnya seperti berada di kampung yang tenang, merasakan suasana kota tua yang ramai, atau bahkan berpura-pura menjadi seorang bangsawan di istana.

Setiap sudut studio ini menawarkan pengalaman yang berbeda-beda, sehingga wisatawan tidak akan merasa bosan. Bahkan melansir dari ulasan Google tempatnya mempunyai rating 4.5 dari total 13.617 pengguna.


Lokasi dan Rute ke Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong di Yogyakarta
Komplek Pecinaan di Studio Alam Gamplong (dok. Instagram @gamplong_studio/ Brigitta)

Studio Alam Gamplong berlokasi di Gamplong 1, Dukuh, Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Lokasi tempat wisata ini memang sedikit jauh dari pusat kota Yogyakarta namun masih bisa diakses dengan mudah menggunakan kendaraan. Misalnya pengunjung yang datang dari kawasan Malioboro bisa mengaksesnya sekitar 17,6 km atau 30 menit perjalanan.

Sementara itu, pengunjung yang datang dari Stasiun Tugu Yogyakarta bisa mengakses lokasi wisatanya dengan menempuh jarak sekitar 17,9 km atau 31 menit perjalanan. Meskipun cukup jauh tetapi perjalanan yang akan ditempuh melalui pemandangan alam yang indah.

Wisatawan yang datang dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta juga bisa menempuh jarak sekitar 31,2 km atau 43 menit perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya