Resep Mudah Membuat Kulit Risol Anti Sobek dan Mulus, Lezat Tiada Duanya

Risol merupakan cemilan nikmat yang mempunyai banyak penggemar terutama di Indonesia. Makanan ini bisa dengan mudah dibuat terutama dengan memperhatikan cara membuat kulit risolnya, berikut ini resep buat kulit risol yang kokoh dan mulus.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 30 Sep 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 04:00 WIB
risol mayo
Ilustrasi risol mayo./Copyright shutterstock.com/g/Dinar%2BNurnaningsih

Liputan6.com, Bandung - Risol merupakan salah satu jajanan atau cemilan populer di Indonesia yang mempunyai banyak penggemar. Risol biasanya terdiri dari kulit tipis yang berisi berbagai macam isian seperti daging ayam suwir, sayuran, atau keju.

Sajian risol biasanya menjadi lebih nikmat ketika kulitnya berhasil memberikan tekstur yang renyah dan isian yang lengkap hingga lezat. Risol juga dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran.

Untuk meraih rasa risol yang nikmat maka penting untuk mendapatkan adonan kulit yang tepat sebab kulit risol mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas rasa dan tampilan sebuah risol.

Kulit risol yang bagus biasanya mempunyai tekstur yang renyah dan ketika  digigit memberikan sensasi lembut di dalamnya. Kulit risol yang bagus biasanya mempunyai tekstur kulit yang tidak mudah sobek.

Sebab kulit risol yang kuat bisa membantu isian risol tetap di dalamnya dan tidak keluar saat digoreng atau dimakan. Kulitnya juga harus elastis untuk memudahkan proses pengisian dan tidak mudah sobek saat dilipat.

Sebagai informasi, membuat kulit risol harus dilakukan dengan hati-hati agar menghasilkan tekstur yang bagus. Berikut ini resep mudah untuk membuat kulit risol anti sobek namun tetap mulus atau lembut di dalamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Resep Mudah Membuat Kulit Risol Anti Sobek dan Mulus

resep risol risoles ragout ayam
ilustrasi risol ragout/Muhammad Senopati/Shutterstock

Berikut ini adalah resep mudah untuk membuat kulit risol anti sobek dan kuat yang bisa diikuti dengan sederhana:

Bahan-Bahan

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 5 sendok makan tepung tapioka
  • 1 sendok teh garam
  • 600 ml air dingin
  • 6 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Kulit Risol Anti Sobek

1. Campurkan sejumlah bahan kering ke dalam wadah seperti tepung terigu, tepung tapioka, hingga garam.

2. Aduk bahan kering secara merata lalu tambahkan air dingin sedikit demi sedikit hingga adonan tidak bertekstur atau bergerindil.

3. Selanjutnya tambahkan minyak goreng secukupnya dan aduk kembali adonan secara merata.

4. Diamkan adonan sekitar 15 hingga 30 menit.

5. Setelahnya panaskan teflon anti lengket dengan menggunakan api kecil.

6. Jika sudah tuangkan adonan tipis-tipis ke dalam teflon yang telah panas.

7. Ratakan menggunakan spatula hingga membentuk lapisan tipis

8. Jika adonan sudah jadi sempurna angkat dan kulit risol sudah bisa digunakan.


Tips Kulit Risol Anti Sobek

Risol
Ilustrasi Risol / by freepik

1. Pilih Tepung yang Tepat

Untuk mendapatkan hasil kulit risol yang elastis dan tidak mudah robek disarankan untuk menggunakan tepung terigu dengan protein sedang atau tinggi. Tepung jenis ini bisa menghasilkan adonan yang lebih kuat sehingga lebih tahan saat digulung atau diisi sekaligus memberikan tekstur yang pas dan tidak mudah rusak saat digoreng.

2. Aduk Adonan Secara Menyeluruh

Pastikan seluruh bahan adonan teraduk sempurna tanpa adanya gumpalan karena adonan yang kurang tercampur dengan baik akan menyebabkan kulit risol menjadi tidak rata, yang bisa menyebabkan kerusakan saat dimasak atau diberi isian.

3. Tentukan Ketebalan yang Tepat

Ketika menuang adonan ke teflon perhatikan ketebalan adonan karena kulit yang terlalu tipis akan mudah robek saat digulung. Sementara kulit yang terlalu tebal akan membuat hasil akhir terasa berat dan tidak renyah. 

4. Atur Suhu Api

Penggunaan suhu api kecil hingga sedang sangat disarankan ketika membuat kulit risol sebab dengan suhu tersebut adonan akan matang secara merata dan suhu yang tepat juga membantu mempertahankan elastisitas kulit risol.

5. Gunakan Minyak yang Cukup

Ketika menggoreng pastikan minyak yang digunakan dalam jumlah yang cukup sehingga kulit risol tidak menempel dan risol matang dengan merata dan menghasilkan tekstur yang renyah di luar tetapi lembut di dalam tanpa menyerap terlalu banyak minyak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya