Nova Liana Tampilkan Kostum ala RM Padang di Miss Grand International 2024, Ini Maknanya

Melalui unggahan Instagram @valdeznova, Nova Liana mengungkapkan kebahagiaannya atas kostum nasional tersebut. Kostum tersebut dijuluki sebagai The Royal Flavors of Payakumbuah.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 03 Okt 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 05:00 WIB
Nova Liana ke Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)
Nova Liana ke Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)

Liputan6.com, Yogyakarta - Perwakilan Indonesia untuk Miss Grand International 2024, Nova Liana, akan mengenakan national costume (kostum nasional) resmi yang mengangkat tema kuliner khas Sumatra Barat, RM Padang. Kostum tersebut merupakan karya rancangan desainer Annisa Banyuwangi yang berkolaborasi dengan restoran Payakumbuah milik Arief Muhammad.

Melalui unggahan Instagram @valdeznova, Nova Liana mengungkapkan kebahagiaannya atas kostum nasional tersebut. Kostum tersebut dijuluki sebagai The Royal Flavors of Payakumbuah.

Kostum tersebut akan dikenalan dalam ajang Miss Grand International yang berlangsung di Kamboja dan Thailand pada 3-25 Oktober 2024. Dalam foto yang diunggah, kostum tersebut tampak megah dan menawan.

Berbentuk gaun beludru panjang berwarna merah, kostum tersebut juga dihiasi dengan motif tradisional khas Minangkabau berwarna emas. Salah satu elemen menonjol dari kostum ini adalah hiasan berbentuk rumah adat Minangkabau, Rumah Gadang.

Hiasan tersebut diletakkan di bagian belakang dan tengah. Elemen berbentuk gonjong itu menjulang seolah melambangkan makna hierarki dalam pengambilan keputusan.

Hal menarik lainnya adalah saat elemen hiasan yang terletak pada bagian tengah dibuka, maka akan menampilkan sejumlah dummy sajian kuliner khas Minangkabau. Terdapat nasi padang, rendang, dendeng, tambusu, ayam gulai, dan lainnya.

Menu-menu yang umumnya disajikan di RM Padang ini terinspirasi dari menu yang dihidangkan di restoran Payakumbuah. Yayasan Dunia Mega Bintang mengatakan bahwa kostum ini sekaligus sebagai penghormatan kepada kekayaan budaya dan warisan kuliner daerah Payakumbuah.  

"Mahakarya yang menakjubkan ini merupakan penghargaan atas kekayaan budaya dan warisan kuliner wilayah Payakumbuah yang dirancang oleh Annisa Banyuwangi. Terinspirasi oleh tradisi Masakan Padang dan beragam hidangan lezatnya, dilambangkan dengan tampilan rumit masakan Minangkabau yang dibawa di atas nampan besar Desainnya dengan sempurna merangkum kebanggaan budaya Indonesia dan kecintaannya yang mengakar pada makanan," katanya melalui akun Instagram @yayasanduniamegabintang.

 

Penulis: Resla

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya