Jokowi Pulang ke Solo, Warga Siap Undang Rapat RT dan RW

Presden ke-7 Republik Indonesia, Jokowi telah kembali ke kediaman pribadinya di Solo setelah purnatugas dari jabatannya pada Minggu (20/10/2024). Sebagai warga biasa, Jokowi diharapkan kembali berkumpul dan berbaur dengan warga di lingkungan tempat tinggal.

oleh Fajar Abrori diperbarui 21 Okt 2024, 21:22 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2024, 21:20 WIB
Jokowi Tiba di Rumah Solo
Presiden RI ke-7 Jokowi tiba di rumah pribadinya Solo setelah menempuh perjalanan selama 3 jam lebih karena ramainya warga yang menyambut.(Liputan6.com/Fajar Abrori).

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah kembali ke kediaman pribadinya di Solo setelah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Presiden ke-7 Republik Indonesia pada Minggu (20/10/2024). Kepulangan Jokowi disambut dengan harapan dari warga setempat agar beliau dapat kembali berbaur dengan masyarakat seperti sebelum menjadi Wali Kota Solo ada 2005.

Rumah pribadi Jokowi terletak di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Ariyanto Rinto Suryono, selaku Ketua RW 7, mengungkapkan rasa senangnya atas kepulangan Jokowi ke lingkungan mereka setelah pensiun dari jabatan presiden.

Ariyanto berharap mantan Presiden Jokowi akan kembali aktif dalam kegiatan masyarakat di kampung tersebut. Ia menyampaikan rencana untuk mengundang Jokowi dalam pertemuan-pertemuan warga, seperti rapat RT dan RW.

"Kemarin informasi dari Pak RT, nanti setelah beliau pulang nanti rencana itu rapat-rapat RT maupun RW akan diberi undangan begitu saja. Jadi mulai diundang (seperti warga biasanya yang tinggal di kampung itu)," kata Ariyanto saat dihubungi pada Senin (21/10/2024).

Lama Tak Ikuti Rapat RT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara HUT TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara HUT TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (Foto: BPMI Setwapres).

Lebih lanjut, Ariyanto menyatakan bahwa warga berharap Jokowi dapat kembali berbaur dengan masyarakat seperti sebelum tahun 2005, ketika beliau belum menjabat sebagai Wali Kota Solo. Ia mengingatkan bahwa sebelumnya Jokowi aktif dalam kegiatan masyarakat, termasuk poskamling.

"Harapan dari masyarakat RW 7 ya harapannya berbaur lagi seperti sebelum tahun 2005 dulu kan ya juga berbaur Pak Jokowi. Berbaur denga masyarakat, ada poskamling ya tetap seperti dulu," ungkap Ariyanto.

Ariyanto menambahkan bahwa setelah menjadi pejabat, interaksi Jokowi dengan warga menjadi terbatas. Namun, ia berharap sekarang Jokowi akan kembali menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga masyarakat dengan baik.

Silaturahmi Bersama Warga

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Gantikan Jokowi-Ma'ruf Amin
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI yang disusul dengan pembacaan sumpah jabatan. (BAY ISMOYO/AFP)

Rencana untuk melakukan silaturahmi dengan Jokowi juga telah disusun oleh warga kampung. Namun, Ariyanto menyebutkan bahwa hal ini tidak akan dilakukan dalam waktu dekat mengingat kesibukan Jokowi dan banyaknya tamu yang datang.

"Rencana nanti Pak RT dan Pak RW mau sowan setelah hari Sabtu dan Minggu setelah ini, iya pekan depan. Karena kala hari-hari seperti ini masih ramai gitu," jelasnya.

Pada hari kepulangan Jokowi, Minggu (20/10/2024), warga RT 8 telah mengadakan penyambutan khusus. Meskipun demikian, Ariyanto mengakui bahwa rencana penyerahan Jokowi secara resmi kepada masyarakat tidak dapat terlaksana karena antusiasme warga yang tinggi.

"RT 8 ada penyambutan kemarin. Tapi kemarin saya tidak bisa salaman karena beliau di atas mobil. Harusnya kan ada sambutan dari penyerahan Pak Jokowi ke warga masyarakat. Kebetulan kemarin itu harusnya ada protokoler seperti itu, ternyata karena antusias masyarakat seperti itu akhirnya tidak jadi," tutup Ariyanto.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya