Sejarah Hari Kesehatan Paru-Paru, Berikut Tujuan dan Cara Merayakannya

Hari Kesehatan Paru-Paru menjadi salah satu peringatan yang penting untuk dirayakan setiap hari Rabu minggu ke-empat bulan Oktober. Sebab melalui peringatan ini masyarakat diharapkan bisa lebih menyadari kesehatan paru-paru.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 23 Okt 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi paru-paru
Ilustrasi paru-paru. (Sumber: Freepik)

Liputan6.com, Bandung - Hari Kesehatan Paru-Paru merupakan salah satu peringatan penting yang dirayakan setiap hari Rabu minggu ke-3 bulan Oktober. Pada tahun ini perayaannya jatuh di tanggal 23 dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan paru-paru.

Selain itu, peringatannya juga bertujuan untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang masalah-masalah terkait pernapasan. Termasuk mengenali sejumlah penyakit pernapasan yang bisa terjangkit pada manusia.

Kemudian perayaan ini juga penting untuk mempromosikan gaya hidup yang sehat dan informasi terkait pencegahan penyakit paru-paru. Sebagai informasi, paru-paru sendiri menjadi organ dalam tubuh manusia yang sangat penting.

Sebab manusia tidak akan hidup seperti saat ini tanpa adanya bantuan dari paru-paru yang bertanggung jawab untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Terutama untuk menjaga organ-organ tubuh bekerja dengan baik dengan pasokan oksigen yang cukup.

Sementara itu, Hari Kesehatan Paru-Paru juga penting diperingati karena sering menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hampir jutaan orang meninggal setiap tahun akibat berbagai penyakit pernapasan.

Peringatan ini juga penting untuk menyoroti sejumlah topik atau permasalahan terkait paru-paru atau pernapasan. Terutama untuk memperhatikan pentingnya akses ke perawatan kesehatan yang berkualitas.

Melalui Hari Kesehatan Paru-Paru masyarakat juga diharapkan bisa memperbaiki gaya hidup mereka setelah mengetahui bagaimana pentingnya menjaga paru-paru tetap sehat untuk bisa hidup dengan nyaman.

Sejarah Hari Kesehatan Paru-Paru

ilustrasi paru-paru/credit pixabay/geralt
ilustrasi paru-paru/credit pixabay/geralt

Berdasarkan informasi dari situs National Today Hari Kesehatan Paru-Paru atau Lung Health Day mempunyai sejarah yang cukup panjang. Awalnya peringatan ini dibentuk oleh American Association for Respiratory Care (AARC) pada tahun 2003.

Saat itu tujuan peringatannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang meningkatnya jumlah penyakit paru-paru kronis. Kemudian, setiap tahunnya jutaan orang mengidap beberapa bentuk penyakit paru-paru mulai dari asma hingga pneumonia.

Penyakit tersebut seharusnya bisa dicegah jika ada upaya yang dilakukan untuk mencegahnya. Selain itu, adanya polusi udara yang tinggi membuat kadar racun yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan sel-sel pada manusia bereaksi secara tidak wajah.

Alhasil menyebabkan terjadinya penyakit paru-paru kronis hingga pertumbuhan kanker yang berbahaya. Kemudian dengan sejumlah data terkait penderita penyakit paru-paru membuat WHO dan lembaga-lembaga kesehatan lokal di seluruh dunia menyoroti penyakit tersebut.

Sehingga Hari Kesehatan Paru-Paru menjadi peringatan yang penting untuk dirayakan dan diperingati. Terutama untuk terus memberikan kesadaran terhadap masyarakat terhadap bahayanya penyakit paru-paru.

Kemudian peringatannya dirayakan setiap hari Rabu di minggu ke-4 bulan Oktober adapun di tahun ini jatuh pada tanggal 23 Oktober 2024.

Tujuan Hari Kesehatan Paru-Paru

Ilustrasi kanker paru-paru/dok. Naional cancer Unsplash
Ilustrasi kanker paru-paru/dok. Naional cancer Unsplash

Melansir dari beberapa sumber berikut ini sejumlah alasan atau tujuannya peringatan Hari Kesehatan Paru-Paru:

1. Meningkatkan Kesadaran Tentang Penyakit Paru-Paru

Tujuan utama peringatan ini tentunya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan paru-paru serta risiko penyakit paru-paru seperti asma, tuberkulosis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

2. Mendorong Akses Kesehatan yang Lebih Baik

Merayakan Hari Kesehatan Paru-paru juga bertujuan untuk memastikan bahwa setiap orang dimanapun mereka berada memiliki akses ke perawatan medis yang berkualitas untuk penyakit paru-paru.

Termasuk untuk mendapatkan akses pelayanan yang memadai untuk mengetahui diagnosis awal, pengobatan yang efektif, hingga mendapatkan perawatan lanjutan.

3. Mengurangi Penyebab Polusi Udara

Salah satu fokus penting dari peringatan ini di antaranya mengurangi polusi udara yang menjadi salah satu penyebab utama masalah kesehatan paru-paru. Biasanya dalam peringatan ini terdapat kampanye yang mengajak masyarakat dan pemerintah untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

4. Memberikan Edukasi Kesehatan Paru-Paru

Hari Kesehatan Paru-paru juga penting untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya menjalani gaya hidup sehat seperti tidak merokok, berolahraga secara teratur, dan menghindari paparan zat berbahaya yang dapat merusak paru-paru.

Cara Merayakan Hari Kesehatan Paru-Paru

Ilustrasi olahraga lari di malam hari
Ilustrasi olahraga lari di malam hari. (Image by Freepik)

Berikut ini sejumlah inspirasi yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kesehatan Paru-Paru:

1. Menyebarkan Kampanye Tentang Kesehatan Paru-Paru

Dalam merayakan Hari Kesehatan Paru-Paru bisa dilakukan dengan ikut serta dalam kampanye kesadaran terkait kesehatan paru-paru melalui media sosial atau komunitas lokal. Kampanye ini biasanya untuk menyebarkan informasi cara menjaga kesehatan paru-paru.

Kemudian juga penting untuk menyebarkan bagaimana penyebab paru-paru bisa terganggu seperti disebabkan oleh bahaya merokok dan polusi udara yang saat ini kian mengkhawatirkan.

2. Pemeriksaan Kesehatan Paru-Paru

Hari Kesehatan Paru-Paru juga bisa menjadi momen untuk melakukan pemeriksaan kesehatan paru-paru seperti tes fungsi paru terutama bagi mereka yang berisiko atau sudah merokok.

Melakukan pemeriksaan dini bisa sangat membantu untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih serius dan mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

3. Melakukan Kegiatan Fisik yang Mendukung Kesehatan Paru-Paru

Mengadakan atau berpartisipasi dalam kegiatan yang menjaga paru-paru sehat seperti jalan sehat, bersepeda, atau lari bisa jadi salah satu cara baik untuk merayakan peringatan tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya