BEI Tegaskan Gangguan Hanya di DataFeed, Bukan Sistem Perdagangan

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, gangguan terjadi pada pukul 08.52-08.55 WIB.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 10 Jul 2017, 12:15 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2017, 12:15 WIB
20160502-BEI Lakukan Perubahan Fraksi Harga Baru
Pekerja membersihkan salah satu ruangan di BEI, Jakarta, (2/5). Melalui Surat Keputusan Direksi BEI nomor Kep-00023/BEI/04- 2016, BEI memberlakukan lima satuan fraksi harga dari sebelumnya tiga satuan fraksi harga. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberi penjelasan mengenai gangguan perdagangan saham yang terjadi pada, Senin (10/7/2017) pagi. Gangguan sendiri terjadi pada awal sesi pertama.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, gangguan terjadi pada pukul 08.52-08.55 WIB. Namun, Tito mengatakan, hal tersebut merupakan gangguan teknis pada penyebaran informasi dari Datafeed. Tito menegaskan, itu bukan gangguan pada sistem perdagangan.

"Tidak ada problem di sistem perdagangan JATS kita. Ada problem di datafeed daripada news. Detilnya moga-moga dalam dalam dua jam kita dapatkan," kata dia di Gedung BEI Jakarta.

Namun, Tito mengatakan, perdagangan saham telah kembali normal pada pukul 10.00 WIB. "Prioritas kita membuat perdagangan ini jalan kembali. Pas jam 10.00 WIB sistem sudah up, sudah jalan. Tapi ada satu peraturan kita, yang mengatakan perdagangan hanya jalan jika maksimum 30 broker tidak tersambung. Karenanya dalam 15 menit 75 broker tersambung langsung jalan," jelas dia.

BEI, lanjut Tito, tengah menunggu laporan detil mengenai gangguan tersebut. Pihaknya pun kemudian meminta maaf kepada publik. "Intinya persoalan bukan di JATS di sistem perdagangan, persoalan ada datafeed detil nanti saya lihat dan atas nama BEI kita mohon maaf ada kejadian semacam ini. Dan kami terus berusaha supaya nggak terjadi lagi," tandas dia.

Untuk diketahui, perdagangan saham di BEI mengalami gangguan pada awal pekan ini. Perdagangan saham terpantau terhenti. Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono mengatakan, hal tersebut karena gangguan teknis.

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa, terdapat gangguan di BEI pada hari ini, Senin 10 Juli 2017, pukul 08.52 WIB. Kami mendapati bahwa terdapat gangguan teknis pada penyebaran informasi dari Datafeed," kata dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya