Aliran Dana Investasi Terbesar Masuk ke Bitcoin pada Kuartal I 2021

Pada kuartal I 2021, arus masuk mencapai USD 4,5 miliar ke dana dan produk mata uang kripto. Jumlah itu naik 11 persen dari periode sama tahun lalu yang mencapai USD 3,9 miliar.

oleh Agustina Melani diperbarui 08 Apr 2021, 11:07 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2021, 11:07 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Aliran dana investasi ke mata uang digital seperti Bitcoin termasuk terbesar selama kuartal I 2021. Arus dana masuk ke Bitcoin mencapai USD 3,5 miliar pada kuartal I 2021. Diikuti Ethereum yang mencatat investasi USD 765 juta.

Pada kuartal I 2021, arus masuk mencapai USD 4,5 miliar ke dana dan produk mata uang kripto. Jumlah itu naik 11 persen dari periode sama tahun lalu yang mencapai USD 3,9 miliar. Demikian berdasarkan data dari manajer mata uang digital Coinshares pada Selasa, 6 April 2021.

Meski demikian, berdasarkan data, investasi ke kripto melambat pada kuartal I 2021 dibandingkan dengan kuartal IV 2021. Pertumbuhannya mencapai 240 persen.

Coinshares mengatakan dalam laporan itu kalau ini bukan "indikasi tren perlambatan yang lebih luas, karena tingkat pertumbuhan kuartalan cenderung sangat bervariasi."

Partisipasi kelembagaan meningkat di produk mata uang kripto turut mendukung arus masuk investasi ke dana-dana dan produk mata uang kripto.

Pada Senin, 5 April 2021, kapitalisasi pasar sektor mata uang kripto mencapai puncak sepanjang masa sebesar USD dua triliun. Kapitalisasi pasar Bitcoin lebih dari satu triliun dolar AS, memegang level pencapaian itu selama satu minggu penuh.

"Ada begitu banyak momentum yang sedang dibangun dan orang-orang berebut untuk melihat ke mana koin lain, selain Bitcoin, pergi,” ujar Analis Senior Pasar di platform perdagangan valas daring OANDA, Edward Moya, dilansir dari Antara, ditulis Kamis (8/4/2021).

Bitcoin, mata uang kripto terbesar dalam hal kapitalisasi pasar, mencapai rekor tertinggi USD 61.781,83 pada pertengahan Maret, tetapi sejak itu diperdagangkan dalam kisaran sempit karena investor mengkonsolidasikan keuntungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Aset Kripto

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Aset kripto yang dikelola juga melonjak ke tertinggi USD 59 miliar, data CoinShares menunjukkan. Tahun lalu, aset yang dikelola untuk sektor ini mencapai USD 37,6 miliar.

Grayscale masih menjadi pengelola mata uang digital terbesar, dengan aset USD 46,1 miliar, sementara CoinShares, pengelola aset digital terbesar kedua dan terbesar di Eropa, mengawasi aset sekitar USD 5,1 miliar.

Dari USD 59 miliar aset yang dikelola, manajer investasi aktif hanya mewakili 1,5 persen dari total aset yang dikelola, turun dari 3,6 persen pada awal kuartal keempat tahun lalu. Total volume pasar tetap tinggi selama kuartal tersebut, rata-rata USD 11,6 miliar per hari, dibandingkan dengan USD 3,5 miliar dalam tiga bulan terakhir tahun lalu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya