Bakal Akuisisi Saham Trimegah Sekuritas, Ini Kata Garibaldi Thohir

Pada 1 Oktober 2021, Garibaldi Thohir telah teken term sheet yang belum mengikat dalam rangka rencana pengambilalihan saham Trimegah Sekuritas Indonesia (TRIM).

oleh Agustina Melani diperbarui 05 Okt 2021, 20:59 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2021, 21:35 WIB
Garibaldi Thohir dalam acara Inspirato Liputan6.com. (Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com)
Garibaldi Thohir dalam acara Inspirato Liputan6.com. (Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Indonesia Garibaldi Thohir atau konsorsium yang dipimpinnya akan akuisisi atau beli 49,23 persen saham PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) yang dimiliki Advance Wealth Finance (AWF).

Saat dikonfirmasi mengenai pengambilalihan saham Trimegah Sekuritas, Garibaldi Thohir mengatakan, hal tersebut masih dalam proses. Akan tetapi, pengusaha yang akrab disapa Boy Thohir ini optimistis melihat ekonomi Indonesia setelah COVID-19 dan pasar modal Indonesia.

“Masih dalam proses. Nanti saya akan update lebih detil. Intinya saya sangat optimis dengan masa depan perekonomian Indonesia pasca COVID-19 dan tentunya juga terhadap pasar modal Indonesia. Apalagi banyak banget para milenial yang sekarang aktif di Bursa Efek Indonesia,” tutur dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Senin, (4/10/2021).

Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin pekan ini, berdasarkan informasi yang diterima PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk dari pemegang saham pengendali perseroan Advance Wealth Finance, Ltd (AWF) dan Garibaldi Thohir atau konsorsium yang akan dipimpinnya, saat ini AWF melaksanakan proses negosiasi atas pengambilalihan perseroan.

Pada 1 Oktober 2021, calon pengendali baru dalam hal ini Garibaldi Thohir telah teken term sheet yang belum mengikat dalam rangka rencana pengambilalihan saham pada perseroan. Garibaldi Thohir atau afiliasinya akan membeli 3,5 miliar saham milik AWF. Jumlah itu setara 49,23 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan perseroan. Apabila diselesaikan akan menyebabkan perubahan pengendali pada perseroan.

Adapun tujuan dari rencana pengambilalihan saham TRIM milik AWF itu untuk investasi dan pengembangan bisnis di pasar modal Indonesia.

PT Trimegah Sekuritas Tbk menyatakan, pada tanggal pengumuman negosiasi ini calon pengendali baru dalam hal ini Garibaldi Thohir tidak memiliki baik langsung, maupun tidak langsung saham yang diterbitkan oleh perseroan.

“Negosiasi dilakukan secara langsung oleh calon pengendali baru dengan AWF,” tulis manajemen Trimegah Sekuritas.


Bakal Tunduk pada Hasil Uji Tuntas

Pembukaan-Saham
Pengunjung tengah melintasi layar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (13/2). Pembukaan perdagangan bursa hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,57% atau 30,45 poin ke level 5.402,44. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Penyelesaian rencana pengambilalihan akan tunduk pada hasil uji tuntas yang dilakukan oleh calon pengendali baru. Hal itu pun akan dilaksanakan dalam hal para pihak telah mencapai kesepakatan final tentang seluruh hal terkait aspek usaha, komersial, finansial, pajak dan legal, serta telah dipenuhinya syarat-syarat pendahuluan dan ketentuan-ketentuan material sebagaimana akan diatur dalam suatu perjanjian jual-beli yang akan diteken oleh para pihak.

“Apabila rencana pengambilalihan telah selesai dilaksanakan, calon pengendali baru akan melaksanakan penawaran tender wajib sesuai dengan ketentuan POJK Nomor 9/2018,” tulis perseroan.

Perseroan akan memberikan informasi terbaru perkembangan negosiasi, dengan selalu memperhatikan dan memenuhi peraturan yang berlaku termausk POJK Nomor 9/2018 dan peraturan-peraturan terkait perusahaan efek.

Sebelumnya berdasarkan data RTI, pemegang saham PT Trimegah Sekuritas Tbk per 31 Agustus 2021 antara lain Advance Wealth Finance Ltd sebesar 49,23 persen, PT Union Sampoerna sebesar 9,85 persen, publik termasuk direksi sebesar 40,92 persen.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya