Tengok Prospek Saham GOTO Usai Kolaborasi Tokopedia-TikTok

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera, Andhika Cipta Labora menilai, adanya suntikan modal dari TikTok menjadi prospek baik untuk GOTO.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 14 Des 2023, 17:25 WIB
Diterbitkan 14 Des 2023, 17:25 WIB
Tengok Prospek Saham GOTO Usai Kolaborasi Tokopedia-TikTok
Emiten PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menjadi perbincangan hangat belakangan usai mendapat suntikan dana dari TikTok. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Emiten PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menjadi perbincangan hangat belakangan usai mendapat suntikan dana dari TikTok. Tak main-main, TikTok mengumumkan investasi USD 1,5 miliar kepada entitas grup GOTO, Tokopedia.

Langkah ini disebut menjadi sentimen positif untuk kinerja GOTO. Equity Analyst Kanaka Hita Solvera, Andhika Cipta Labora menilai, adanya suntikan modal dari TikTok menjadi prospek baik untuk GOTO melakukan ekspansi bisnis ke depan. Kemitraan ini juga berpotensi membawa GOTO menjadi pengelola marketplace terbesar.

"Bergabungnya TikTok berpotensi membawa GOTO menjadi marketplace terbesar di Indonesia dan juga meningkatkan transaksi di GOTO. Hal ini menjadi sentimen positif dan membuat pergerakan harga saham GOTO menjadi positif untuk ke depannya," kata Andhika kepada Liputan6.com, Kamis (14/12/2023).

Di sisi lain, sinyal penurunan suku bunga oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Fed disebut turut menjadi sentimen positif untuk perusahaan teknologi, termasuk GOTO.

Untuk itu, Andhika merekomendasikan buy GOTO pada target 120. Prospek positif sektor teknologi di tengah sinyal penurunan suku bunga turut diamini oleh Pengamat Pasar Modal, Lanjar Nafi. Secara umum, persepsi arah suku bunga yang bergerak lebih rendah menjadi sentimen positif untuk sektor teknologi.

Dampak Positif

Sebab, biaya untuk melakukan ekspansi dalam konteks pembiayaan modal menjadi relatif lebih rendah, baik berupa pinjaman ke bank ataupun penerbitan obligasi.

"Beberapa perusahaan di sektor teknologi dan inovasi dapat merasakan dampak positif, terutama jika suku bunga yang lebih rendah mendorong pengeluaran perusahaan untuk investasi dan pengembangan menjadi lebih murah," imbuh Lanjar dalam kesempatan berbeda. 

Pada perdagangan Kamis, 14 Desember 2023, saham GOTO terpantau konsisten berada di zona hijau. Saat berita ini ditulis, saham GOTO terpantau naik 5,62 persen ke posisi 94 jelang penutupan. Saham GOTO dibuka pada posisi 95 dan sentuh posisi tertinggi hari ini pada level 97.

Melansir data RTI, frekuensi perdagangan saham GOTO tercatat sebanyak 46.915 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 8,32 miliar lembar senilai Rp 783,16 miliar. Dalam sepekan, harga saham GOTO masih terkoreksi 2,11 persen. Namun sejak awal tahun atau secara year to date (ytd), saham GOTO naik 3,30 persen.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Direktur Utama Patrick Walujo Beli Saham GOTO Rp 5 Miliar

Calon CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Walujo (Foto: Laman GOTO)
Calon CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Walujo (Foto: Laman GOTO)

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Sugito Walujo menambah kepemilikan saham GOTO pada 13 Desember 2023.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Kamis (14/12/2023), Patrick Walujo membeli 56.180.000 lembar saham seri A dengan harga raya-rata pembelian Rp 89 per saham. Dengan demikian, total nilai pembelian Rp 5 miliar. Jumlah saham yang dibeli tersebut setara 0,005 persen dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan.

Pembelian saham GOTO dilakukan di pasar regular BEI pada 13 Desember 2023. Adapun saham dimiliki secara langsung dan terdaftar atas nama Sugito Walujo.

“Transaksi pembelian saham dilakukan untuk tujuan investasi pribadi,” tulis Patrick Walujo dalam keterbukaan informasi BEI.

Setelah transaksi tersebut, Patrick Walujo mengenggam 267.250.000 saham seri A atau setara 0,02 persen.  Sebelumnya ia memiliki 211.070.000 saham seri A atau setara 0,02 persen.

Sebelumnya diberitakan, harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) ditutup di zona merah pada penutupan perdagangan Rabu, 13 Desember 2023. Harga saham GOTO berada di level Rp 89 per saham.

Melansir data RTI, saham GOTO dibuka turun  pada posisi Rp 93 per saham dari harga awal Rp 94. Saham GOTO berada di level tertinggi Rp 94 dan terendah Rp 88 per saham. Total frekuensi perdagangan GOTO  tercatat sebanyak 47,474 kali dengan volume perdagangan 6,16 miliar dan nilai transaksi Rp 555,76 miliar.

 


Direktur Utama Patrick Walujo Beli 148,15 Juta Saham GOTO, Segini Nilainya

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO GoTo menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo.
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO GoTo menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo. (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Sugito Walujo menambah kepemilikan saham GOTO.

Dikutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Rabu (18/10/2023), Patrick Walujo membeli 148.150.000 lembar saham seri A pada 16 Oktober 2023 di pasar regular BEI. Jumlah saham yang dibeli itu setara 0,01 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan dengan harga rata-rata Rp 67,5.

Dengan demikian, nilai pembelian saham GOTO tersebut mencapai Rp 10 miliar. Patrick menulis, pembelian saham untuk investasi pribadi dengan status dimiliki langsung dan terdaftar atas nama Sugito Walujo.

“Transaksi pembelian saham dilakukan untuk tujuan investasi pribadi. Status kepemilikan saham langsung,” tulis Patrick Walujo dalam keterbukaan informasi BEI.

Setelah transaksi pembelian saham GOTO tersebut, Patrick Walujo memiliki 211.070.000 saham seri A atau setara 0,02 persen. Sebelumnya ia genggam 62,92 juta saham GOTO.

Pada perdagangan saham Rabu, 18 Oktober 2023 pukul 11.21 WIB, saham GOTO melemah 1,54 persen ke posisi Rp 64 per saham. Saham GOTO berada di level tertinggi Rp 66 dan terendah Rp 62 per saham. Total frekuensi perdaganan 18.026 kali dengan volume perdagangan 17.265.488 saham. Nilai transaksi Rp 107,4 miliar.

 


Dirut GoTo Patrick Walujo Pimpin Integrasi TikTok-Tokopedia

Paparan publik penawaran umum perdana saham (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Selasa (15/3/2022) (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)
Paparan publik penawaran umum perdana saham (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Selasa (15/3/2022) (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)

Sebelumnya diberitakan, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok resmi mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Patrick Walujo selaku Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk bakal memimpin transisi integrasi kedua entitas tersebut.

TikTok diketahui akan menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. Melalui kesepakatan tersebut, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024.

"Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok," mengutip keterangan resmi manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Senin (11/12/2023).

Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023. Peluncuran bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), inisiatif pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

Ke depan, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

 


Profil Singkat

GoTo
Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

Patrick Walujo diangkat sebagai Direktur Utama GoTo pada 2023. Pria kelahiran 1975 ini juga dikenal sebagai investor awal Gojek. Lulusan Cornell University dengan gelar Bachelor of Science di bidang riset operasional dan teknik industri ini, memulai karier di Goldman Sachs and Co di London dan New York pada 1997-2000.

Sebelum di Gojek, ia juga seorang salah satu pendiri dan managing partner grup Northstar yang didirikan pada 2003. Sebelum mendirikan Northstar Group, Patrick Walujo berkarier sebagai Wakil Presiden Senior Pacific Century Ventures Ltd di Tokyo pada 2000-2009. Ia punya peran kunci dalam merger, akuisisi, dan pengembangan bisnis perusahaan.

Selain berkarier di GOTO, ia juga menjabat sebagai komisaris PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT Duta Intidaya Tbk (DAYA).

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya