Mainkan Musik Tradisional, Dwiki Dharmawan Manfaatkan Ini

Dwiki Dharmawan sudah tak bingung lagi jika harus meramu musik-musik tradisional di atas panggung.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 10 Des 2014, 23:30 WIB
Diterbitkan 10 Des 2014, 23:30 WIB
Dwiki Dharmawan menemukan solusi dalam meramu musik tradisional
Dwiki Dharmawan menemukan solusi dalam meramu musik tradisional

Liputan6.com, Jakarta Dwiki Dharmawan dikenal sebagai musisi sekaligus komposer yang piawai meramu musik-musik tradisional dan etnis dalam berkarya di panggung musik. Begitu banyaknya musik tradisional di Indonesia, juga sempat membuat suami penyanyi Ita Purnamasari itu kebingungan.

"Karena biasanya saya kalau membuat sebuah musik yang berhubungan dengan nuansa etnis dan tradisional, harus ketemu sama musisinya dulu. Harus ketemu langsung, nggak bisa nggak," ucap Dwiki Dharmawan, saat ditemui disela-sela peluncuran Korg PA Series di bilangan Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Beruntung, masalah tersebut sudah bisa diatasi oleh pentolan grup band jazz Krakatau ini. Melalui keyboard canggih yang biasa dipergunakannya, Dwiki Dharmawan bisa mendapatkan instrumen musik tradisional dengan mudah.

Melalui varian keyboard Profesional Arrangers (PA) 300, 600 dan 900 keluaran Korg Inc Jepang, ia
bisa dengan mudah memainkan instrumen musik tradisional Indonesia yang ditanam di alat canggih tersebut.

"Jadi bikin komposisi lagu nggak perlu harus ketemu sama musisi tradisional langsung. Saat itu juga, kita bisa tuangkan ide kita dalam merangkai sebuah lagu," urai dia.

Selama 10 tahun Korg mengumpulkan data tentang alat musik tradisional serta mengumpulkan pemain musik lokal, melakukan sampling sound, bunyi-bunyian alat musik serta mengkomposisinya menjadikan keyboard ini
memiliki sound musik tradisonal Indonesia paling lengkap dan terdengar layaknya pemain musik tradisonal aslinya.

"Ini merupakan alat musik yang sudah lama saya tunggu-tunggu. Banyak fitur musik etnik Indonesia yang sudah langka serta jenis instrumen dari berbagai daerah di Indonesia dirangkum dalam keyboard ini," tutur Dwiki Dharmawan antusias.(Gie/Mer)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya