Sutradara Fajar Nugros Jadi Juri ISFF 2020

Fajar Nugros bocorkan kriteria penilaian ISFF 2020.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 02 Sep 2020, 10:40 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2020, 10:40 WIB
Fajar Nugros. (Foto: Instagram @fajarnugrs)
Fajar Nugros. (Foto: Instagram @fajarnugrs)

Liputan6.com, Jakarta - Indodax Short Film Festival (ISFF) 2020 kembali digelar. Acara ini diusung oleh Indodax, yaitu perusahaan startup bitcoin dan digital asset exchange.

Dalam perhelatannya kali ini, ISFF 2020 mengangkat tema optimis dengan menggandeng sutradara Fajar Nugros dan Anjas Maradita sebagai dewan juri.

"Optimis adalah tema yang tepat saat ini, di tengah wabah yang melanda dunia. Saya berharap peserta ISFF 2020 bisa merekam situasi dan kegelisahaan, serta semangat optimisme di tengah cobaan berat ini dalam karya-karya mereka," kata Fajar Nugros, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com bari-baru ini.

 


Penilaian

Sutradara Jakarta Undercover, Fajar Nugros
Sutrada Jakarta Undercover, Fajar Nugros. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Fajar Nugros pun mengungkap beberapa kriteria penilaian untuk kompetisi kali ini. Yang utama adalah kesesuaian cerita dengan tema. Selain itu, segi presentasi.

"Tema yang terasa jelas dari konten cerita, buat saya adalah yang utama. Berikutnya adalah bagaimana peserta mempresentasikan karyanya, di tengah keterbatasan, dan era teknologi ini, presentasi sudah menjadi penilaian yang tidak sepele lagi," jelas sutradara Yowis Ben tersebut.


Aspek Teknis

ISFF 2020
[Foto: Website Indodax]

Selain itu, menurut sutradara Anjas Maradita, aspek teknis juga perlu diperhatikan. Sebab, ini adalah faktor yang akan membuat penonton nyaman menyaksikan karya hingga akhir cerita.

"Yaitu meliputi kualitas gambar, pencahayaan, suara serta bagaimana peserta men-deliver filmnya agar nyaman ditonton secara aspek audio-visual,” katanya.


Tujuan

ISFF 2020
[Foto: Website Indodax]

ISFF 2020 kembali guna meramaikan kembali aktivitas dunia perfilman Indonesia di tengah wabah Covid-19. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat.

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 21 September 2020, dan malam penganugerahan (awarding night) pada 17 Oktober 2020.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya