Nonton Jodha Akbar, Fakta-Fakta di Balik Serial Terpanjang Bollywood

Jodha Akbar merupakan salah satu serial drama India yang berhasil mencuri perhatian penonton Indonesia.

oleh Herfianto diperbarui 23 Okt 2020, 10:20 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2020, 10:20 WIB
Jodha Akbar
Serial Jodha Akbar kini dapat disaksikan di platform streaming Vidio. (Sumber: Vidio)

Liputan6.com, Jakarta Jodha Akbar merupakan salah satu serial drama India yang berhasil mencuri perhatian penonton Indonesia. Serial ini sempat tayang di salah satu stasiun televisi swasta tanah air dan cukup mendapatkan respon yang positif dari masyarakat.

Serial Jodha Akbar pertama kali ditayangkan pada 18 Juni 2013 yang memiliki total 566 episode disiarkan oleh kanal Zee TV. Serial ini berlatar dari sejarah India yang juga terinspirasi dari film layar lebarnya dengan judul yang sama pada tahun 2003.

Drama ini disutradarai oleh Santram Verma dengan menampilkan Rajat Tokas dan Paridhi Sharma sebagai pemeran utama. Penampilan kedua artis India ini pun langsung menjadi sorotan masyarakat terutama para penggemar drama Bollywood.

Selama penayangannya, Jodha Akbar juga menuai banyak kritik. Banyak yang menganggap serial ini tidak sesuai dengan keaslian sejarahnya. Di mana dalam film dikisahkan Jodha menikah dengan Akbar, sedangkan diketahui sejarahnya adalah Jodha menikah dengan anak Akbar, Jahangir. Selain itu, banyak kritik yang bertebaran karena kontroversial serial tersebut yang dianggap mengandung unsur pelecehan seksual.

Walaupun begitu, serial ini tetap banyak digandrungi oleh para penontonnya. Drama dengan salah satu episode terpanjang ini sempat mendapatkan beberapa penghargaan dari  televisi India. Salah satunya termasuk Menang sebagai kategori Best Ongoing Drama Series dalam Star Guild Awards 2015. 

Berikut adalah fakta-fakta serial Jodha Akbar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini


Alur Cerita Yang Berdasarkan Sejarah

Drama ini mengisahkan tentang pernikahan politik antara seorang kaisar Mughal, Akbar, dan seorang putri Rajput, Jodha Bai pada abad keenam belas di India. Serial ini berfokus pada bagaimana pernikahan politik keduanya berhasil membawa cinta yang tulus dan berhasil mengubah keadaan negara. 

Jodha Akbar juga menggambarkan keadaan perang dan hubungan diplomatis antara kerajaan Mughal dan Rajput. Selain itu, banyak isu sensitif yang diangkat dalam serial ini. Seperti, fungsi para ratu, pengadilan, pelacur, menteri pada masa itu, hingga pengaruhnya terhadap kisah cinta Akbar dan Jodha. 

Kisah cinta mereka juga menyoroti bagaimana kaisar Mughal Jalaluddin memperoleh gelar “Akbar” dari rakyat yang mencakup sebagian besar pemerintahannya dari tahun 1557 hingga 1598. Serial drama ini juga menampilkan kehidupan anak-anak Akbar dengan kisah cinta mereka. Kisah cinta yang terus berlanjut adalah dari Pangeran Salim dan Anarkali.


Rivalitas Bintang Utama

Meski beradu akting dengan sangat baik di depan kamera. Tapi ternyata antara Rajat Tokas, pemeran Jalal dan Paridhi Sharma, pemeran Jodha, terjadi rivalitas yang tak bisa dihindarkan.

Keduanya bahkan tak saling sapa saat berada di belakang kamera. Saling melihat pun tidak ada yang mau melakukannya.

Namun mereka tetap berlaku profesional dan menjalankan peran dengan baik saat di depan kamera. Bahkan, banyak yang iri dengan betapa mesranya Rajat dan Paridhi di depan layar kaca.


Meskipun Banyak Kontroversial Serial Ini Banyak Mendapatkan Penghargaan

Serial ini memang begitu banyak menuai kontroversial dan kritik. Namun, Jodha Akbar juga memiliki prestasi yang diraih. Prestasi tersebut diantaranya:

  • Indian Television Academy Awards (2013): Menang untuk kategori Best historical, Best Actor in Negative Role, Best Actress in Negative Role, Best Art Direction, Best Costumes, Best Actor (drama)
  • BIG Star Entertainment Awards (2013): Menang untuk kategori Big Star Most Entertaining TV Show, Big Star Most Entertaining TV
  • ActorStar Guild Awards (2013): Menang untuk kategori Best historical Series, Best Director (fiction), Best Actor in Leading Role7th
  • Boroplus Gold Awards (2014): Menang untuk kategori Best Actress in Negative Role, Best Actor in Negative Role, Best Actress in Supporting Role, Golden Debutante of the year (female), Best Actor in a Lead Role, Best Television Show of the Year (fiction)
  • Indian Telly Awards (2014): Menang untuk Kategori Best Actress in Negative Role, Best Fresh New Face (female), Best Actor in a Lead Role, Best Ensemble Cast, Best Historical Series
  • Star Guild Awards (2015): Best Ongoing Drama Series

Nah, itulah beberapa fakta menarik yang dirangkum dari serial paling hits di India ini. Bagi kalian yang penasaran dan mau nonton Jodha Akbar Sub Indo bisa saksikan di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio premier dan nikmati tayangan menarik lainnya!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya