Via Vallen Kenang Pengalaman Mencekam di Palestina, Dengar Tembakan dan Ngeri Lihat Tentara Israel

Via Vallen hanya beberapa hari berada di Palestina. Ia tak bisa membayangkan penderitaan warga yang selama bertahun-tahun mengalami situasi mencekam ini.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 13 Mei 2021, 16:56 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2021, 19:00 WIB
6 Momen Liburan Via Vallen di Kintamani Bali, Nikmati Pemandangan Langit Senja
Via Vallen hanya beberapa hari berada di Palestina. Ia tak bisa membayangkan penderitaan warga yang selama bertahun-tahun mengalami situasi mencekam ini. (Sumber: Instagram/@viavallen)

Liputan6.com, Jakarta Kondisi Palestina yang tengah memanas belakangan ini, membuat Via Vallen teringat dengan kunjungannya ke tempat tersebut. Pengalamannya berada di Palestina, meski hanya beberapa hari menorehkan keprihatinan di sanubarinya hingga kini.

Sang pedangdut membagikan memorinya itu dalam sebuah unggahan di Instagram, Rabu (12/5/2021). Ia menyertakan sebuah video singkat mengenai kondisi di Palestina.

"Aku pernah beberapa hari berada di palestina. Hampir tiap hari suasana terasa mencekam," tulisnya di kolom caption.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Seperti Menyeludupkan Barang Terlarang

[Bintang] Via Vallen
Via Vallen. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Via ingat bahwa ia sampai harus kucing-kucingan ketika masuk wilayah tersebut.

"Dari yang baru mau masuk palestina ga boleh bilang kalo ke palestina, kita harus bilang ke jerusalem ( karena beresiko di pulangkan ke jordania ). Kebetulan aku bawa Al-qur’an dr madinah yg mau di bagi2kan ke ade2 di sana. Tapi rasanya udh kek nyelundupin barang haram," tulisnya lagi.


Suara Tembakan

Pemuda Palestina Gelar Aksi di Tembok Perbatasan-AP Photo-20170217
Seorang pria membawa bendera Palestina saat aksi di perbatasan Palestina-Israel, Ramallah, Jumat (17/2). Aksi tersebut untuk memperingati 12 tahun protes mereka atas tembok pemisah tersebut. (AP Photo / Majdi Mohammed)

Suasana kian mencekam ketika dirinya sudah masuk wilayah Palestina.

"Sesampainya di palestina, setiap malam suasananya sunyii bangeet. Sampe terdengar suara tembakan di sekitar hotel. Bahkan mau ibadah ke al aqsa harus ngeri krn ngelewatin tentara israel di sekitar masjid," ia menuturkan.

 


Free Palestine

Unggahan Via Vallen soal Palestina. (Instagram/ viavallen)
Unggahan Via Vallen soal Palestina. (Instagram/ viavallen)

Terakhir, ia tak bisa membayangkan seperti apa kehidupan warga di wilayah konflik, dan menyerukan kebebasan Palestina.

"Ini aku yg cuma beberapa hari ngerasain suasana mencekam itu, apa lagii merekaaa yang puluhan tahun. Yaa Allahh , segera akhiri penderitaan merekaaa. #freepalestine," ia memungkasi pernyataannya.


Konflik di Sheikh Jarrah

Seperti diketahui, Israel mengusir warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan menyerang warga sipil Palestina di Masjid Al Aqsa. Israel kemudian menembakkan roket ke Jalur Gaza yang menewaskan 20 warga Palestina, dan dibalas dengan serangan serupa oleh Hamas. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya