Apa Kesuksesan Konten Musik Denny Caknan di Youtube?

Denny Caknan menjadi salah satu musisi yang sukses di Youtube

oleh Aditia Saputra diperbarui 11 Agu 2022, 22:42 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2022, 14:40 WIB
Denny Caknan. (Foto: Dok. Instagram @denny_caknan)
Denny Caknan. (Foto: Dok. Instagram @denny_caknan)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu Denny Caknan? Pria bernama asli Deni Setiawan ini merupakan salah satu musisi lagu pop Jawa dan koplo yang sangat terkenal di Indonesia. Beberapa lagu karyanya pun selalu trending di YouTube. Sebut saja Kartonyono Medot Janji, Los Dol dan lain sebagainya. 

Berdasarkan penonton di media sosial YouTube, lagu Kartonyono Medot Janji yang dibawakan oleh Denny Caknan terhitung banyak ditonton. Hingga kini, lagu tersebut berhasil meraup penonton lebih dari 140 juta orang. 

Channel YouTube Denny Caknan pun kini tembus 5.09 juta subscriber. Kesuksesan Denny Caknan tersebut ternyata tak lepas dari peran serta IDE (Indonesia Digital Entertainment) dalam mengelola channel YouTube milik Denny Caknan. 

Dan ternyata, tak hanya Denny Caknan saja artis yang bergabung dengan IDE. Beberapa musisi yang viral dan lagu-lagunya selalu trending juga berada dalam naungan IDE. Sebut saja Happy Asmara, Felix Irwan, Yeni Inka, hingga musisi luar negeri Onefour. 

Lantas, apakah sebenarnya IDE tersebut? Berdiri sejak 2017 silam, IDE adalah perusahaan distribusi konten digital dengan layanan optimisasi. IDE sendiri berdiri saat industri musik Indonesia sedang dalam masa peralihan dari industri musik konvensional ke industri musik digital.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Industri

Didoakan Berjodoh, ini 7 Potret Denny Caknan dan Happy Asmara yang Mikin Lengket
Denny Caknan dan Happy Asmara (Sumber: Instagram/denny_caknan)

IDE melihat jika industri bisnis music digital seharusnya justru bisa menjadi solusi yang lebih baik daripada sebelumnya.  Karenanya, IDE dan team profesionalnya yang seluruhnya telah tersertifikasi YouTube menawarkan sistem pengelolaan "Optimasi Revenue" bagi beberapa label rekaman, production house, dan bahkan TV dari Indonesia, Malaysia dan Singapura yang merupakan YouTube Partner.

Menurut Gustiranda “Evan” Mopili selaku CEO dan Founder IDE, salah satu kelebihan IDE dibandingkan dengan perusahaan lain adalah mengenai kualitas produk yang memang menjadi fokus utamanya. 

"Kita mengandalkan kualitas. Kita fokus dulu ke kualitas produknya,” ujar pria yang akrab dipanggil Evan ini.  

 


Resmi

Denny Caknan.
Denny Caknan merilis single "Satru 2," pada Januari 2022. (Foto: Dok. Instagram @denny_caknan)

Dan pada akhir 2019, IDE pun resmi menjadi YouTube Music Partner Indonesia dengan brand "IDE Music". IDE telah bekerjasama dengan beberapa label rekaman di Jawa Timur yang merupakan barometer musik "ambyar" di Indonesia. 

“Di perusahaan service, pastinya komunikasi harus bagus. Pelayanan kita di dalam dan diluar juga harus bagus. Kita dalam sorotan industri musik Indonesia karena kita banyak membuat perubahan dalam industri musik Indonesia,” ujar Miftah Faridh Oktofani selaku Co Founder dan CBDO of IDE.

 


Terbukti

Apa yang dilakukan IDE tersebut telah terbukti. Salah satu contoh nyatanya adalah channel YouTube milik Denny Caknan. 

“Jangan khawatir, IDE Music akan memberikan rekomendasi bagaimana mengembangkan channel YouTube dengan cepat. Tak perlu diragukan lagi,” ujar Denny Caknan. 

Seperti halnya Denny Caknan, pedangdut Happy Asmara juga merasakan hal yang sama saat bergabung dengan IDE Music. Jumlah subscribernya pun melesat drastis. 

Bahkan kini, jumlah subscribernya telah mencapai 1,56 juta orang. Lagu-lagu Happy asmara pun kerap menduduki trending di YouTube. 

"Saya mempercayakan kepada IDE Music untuk pengolahan, distribusi dan optimasi lagu-lagu dan channel saya. Menurut pendapat saya, kinerja IDE Music sangat optimal,” ungkap Happy Asmara. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya