Dira Sugandi Bakal Jadi Bintang Utama Pentas Teater yang Tampilkan Cak Lontong dan Rieke Diah Pitaloka

Dira Sugandi akan menjadi bintang utama sebuah pentas teater berjudul Perempuan-perempuan Pilihan yang memiliki pesan mendalam tentang perempuan.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 08 Sep 2022, 11:20 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2022, 11:20 WIB
FOTO: Dira Sugandi Semarakkan Java Jazz Festival 2022
Penyanyi Dira Sugandi tampil pada hari kedua BNI Java Jazz Festival 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/5/2022). Perhelatan musik BNI Java Jazz Festival 2022 digelar pada 27-29 Mei dengan menampilkan musisi-musisi dari dalam dan luar negeri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Dira Sugandi, salah satu penyanyi yang sudah lama berkiprah di dunia musik, akan terjun di dunia akting kembali. Lebih istimewa dari proyek film-film dan teater sebelumnya, Dira akan menjadi bintang utama teater berjudul Perempuan-perempuan Pilihan.

Teater Perempuan-perempuan Pilihan merupakan sebuah pentas persembahan Indonesia Kita yang ke-37 untuk ditampilkan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada 16 dan 17 September 2022 pukul 20.00 WIB mendatang.

Selain Dira Sugandi, dua di antara sekian banyak aktor-aktris yang membintangi teater ini sudah sangat dikenal di kancah nasional. Mereka adalah Cak Lontong dan Rieke Diah Pitaloka. Kabar ini disampaikan Dira Sugandi melalui akun Instagramnya, @dirasugandi.

Dalam keterangan fotonya, Dira Sugandi menuliskan tema teater ini sekaligus pesan yang hendak disampaikan di dalamnya. Dijelaskan bahwa nantinya teater ini bermaksud untuk mengingatkan masyarakat bahwa peran perempuan di segala lini dan bidang sangatlah penting.

 


Tema Teater

Perempuan-perempuan Pilihan
Perempuan-perempuan Pilihan, sebuah pentas persembahan Indonesia Kita yang ke-37 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada 16 dan 17 September 2022 pukul 20.00 WIB. (Sumber: Instagram @dirasugandi)

"Cita-cita membangun negara yang "adil makmur tata titi tentram kartaraharja gemah ripah loh jinawi" akhirnya bisa diwujudkan. Dan itu terjadi ketika seluruh pemimpin negeri itu adalah perempuan. Pemimpin, politisi, hakim, birokrat, pegawai, semuanya perempuan. Bahkan seluruh penduduk negeri itu adalah perempuan!" tulis Dira Sigandi.

"Dunia tanpa laki-laki adalah dunia yang bisa mencapai keadilannya. Para perempuan telah mampu membuat tatanan yang adil dan beradab, ketika semua hal diselenggarakan perempuan: dari perempuan oleh perempuan dan untuk perempuan. Dunia yang tenang dan nyaman tanpa laki-laki. Itulah jaman keemasan perempuan," sambungnya.

Pentas Perempuan-perempuan Pilihan diproduseri oleh Butet Kartaredjasa dan ditulis sekaligus disutradarai Agus Noor, dua seniman pendiri Indonesia Kita selain mendiang Djaduk Ferianto.

Selain Dira Sugandi, Cak Lontong dan Rieke Diah Pitaloka, pentas ini juga turut menampilkan presenter Rosianna Silalahi dan komedian Akbar Kobar, Sruti Respati di antara deretan pemain lainnya.


Akting Dira

Dira Sugandi
Penyanyi Dira Sugandi yang kini memiliki nama panggung Dira. (via Pandora Visions)

Dira Sugandi tak hanya dikenal sebagai penyanyi. Ia juga sempat tampil dalam beberapa film. Diketahui, Dira sudah pernah tampil dalam film 9 Summers 10 Autumns yang disutradarai Ifa Isfansyah pada 2013 lalu.

9 Summers 10 Autumns sukses meraih penghargaan secara internasional. Dira bahkan masuk nominasi Indonesian Movie Actors Awards 2014 kategori Aktris Pendatang Baru Terbaik dan Aktris Pendatang Baru Terfavorit namun tak menyabet piala. Dalam film ini, Dira memerankan salah seorang kakak dari karakter utama yang diperankan Ihsan Tarore.

Film selanjutnya adalah Selamat Pagi, Malam yang disutradarai oleh Lucky Kuswandi. Di sini, Dira tampil sebagai penyanyi bar sekaligus kekasih dari mendiang suami salah satu karakter utama film ini.

Selamat Pagi, Malam berlaga di Festival Film Indonesia 2014. Namun, film ini sekadar mendapatkan nominasi tanpa menyabet piala seperti halnya di beberapa ajang penghargaan lain.

infografis perfilman indonesia
Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya