Alasan Rizky Billar Ditetapkan jadi Tersangka KDRT terhadap Lesti Kejora, Polisi: Ada Kesaksian dan Alat Bukti yang Mendukung

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan membeberkan kronologi Rizky Billar jadi tersangka KDRT termasuk hasil visum Lesti Kejora.

oleh Wayan Diananto diperbarui 13 Okt 2022, 08:33 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 08:29 WIB
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan membeberkan kronologi Rizky Billar jadi tersangka KDRT termasuk hasil visum Lesti Kejora. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Liputan6.com, Jakarta Tak lama setelah kabar Rizky Billar tersangka menggema, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan menyampaikan pernyataan resmi. Ia membeberkan kronologi perubahan status hukum termasuk menyinggung hasil visum Lesti Kejora.

Endra Zulpan menerangkan, rencana semula suami Lesti Kejora diperiksa pada 6 Oktober 2022 namun mangkir dengan sejumlah alasan termasuk guncangan psikis hingga memanggil ustaz ke rumah.

Panggilan kedua diagendakan Kamis (13/10/2022) tapi maju sehari. Maju mundur panggilan kedua terkait kasus KDRT ini tetap patuh terhadap prosedur. Berikut kronologi Rizky Billar jadi tersangka KDRT.

“Hari ini (12 Oktober 2022) pemeriksaan dilakukan sesuai tahapan yang sudah kita lakukan mulai dari penyelidikan kasus ini, kemudian menaikkan statusnya sebagai penyidikan, kemudian hari ini juga kita periksa tadi jam 11 siang saudara Muhammad Rizky sebagai saksi,” kata Endra Zulpan.


Visum yang Mendukung

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

“Sejalan dengan berjalannya pemeriksaan dan juga terkait hasil pemeriksaan sebelumnya terhadap saksi-saksi lain, termasuk juga keterangan saksi korban dan juga tentunya hasil visum yang mendukung adanya kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan terlapor,” imbuhnya.

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (12/10/2022), Endra Zulpan menyebut, mencermati sejumlah kesaksian dan alat bukti yang dikumpulkan aparat, maka tim penyidik menaikkan status hukum Rizky Billar menjadi tersangka.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Menaikkan Status Hukum

Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Aldi Photopgraphy via Instagram)
Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Aldi Photopgraphy via Instagram)

“Maka malam hari ini bisa saya sampaikan hasil pemeriksaan yang dilakukan, penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan telah menaikkan status saudara Muhammad Rizky dari saksi menjadi tersangka,” Endra Zulpan memaparkan.

Penetapan status tersangka terhadap Rizky Billar menjadi babak baru dalam drama KDRT Lesti Kejora. Sebelumnya, pelantun “Tirani” didampingi pengacara, Sandy Arifin, melaporkan dugaan KDRT ke Polres Metro Jakarta Selatan, 28 September 2022.

 


5 Tahun Penjara

Rizky Billar. (Foto: Dok. Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Dok. Instagram @rizkybillar)

Kini, Rizky Billar jadi calon pesakitan. Endra Zulpan menyebut penyidik telah menyiapkan pisau hukum untuk Rizky Billar. Ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara telah menantinya.

“Ini adalah tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang No. 23 tahun 2004. Pasal yang dikenakan kepada saudara Muhammad Rizky atau Rizky Billar itu 5 tahun penjara,” pungkasnya.

Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya