Peraih Piala Citra Chitra Subyakto Ikut Pameran Karya Kita, Suarakan Ramah Lingkungan Lewat 4 Satwa Langka

Seniman sekaligus desainer peraih Piala Citra Chitra Subyakto ikut pameran Karya Kita 2023 yang bertema “Rumah Kita” di Grand Indonesia Jakarta.

oleh Wayan Diananto diperbarui 26 Feb 2023, 14:29 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2023, 14:20 WIB
Peraih Piala Citra Chitra Subyakto.
Peraih Piala Citra Chitra Subyakto.

Liputan6.com, Jakarta Seniman sekaligus desainer Chitra Subyakto ikut pameran Karya Kita 2023 yang mengusung tema “Rumah Kita.” Pameran yang digelar dari 22 Februari hingga 12 Maret 2023 di Grand Indonesia (GI) Jakarta, ini hasil kolaborasi Taco, GI, dan Sejauh Mata Memandang.

Sejauh Mata Memandang adalah lini busana ramah lingkungan milik Chitra Soebyakto yang meraih Piala Citra Festival Film Indonesia 2016 kategori Penata Busana Terbaik. “Rumah Kita” merujuk pada hutan yang terbentuk alami dan jadi hunian bagi semua makhluk hidup.

Tren interior yang menyatu dengan alam akan kembali menjadi perhatian tahun ini. Karenanya, Karya Kita bisa menjadi sumber inspirasi untuk desain interior di rumah keluarga Indonesia. Pameran ini menampilkan visual hutan dari bahan-bahan tak terpakai yang didesain ulang.

Sejauh Mata Memandang menghibahkan kain-kain perca untuk “disulap” jadi patung gajah. Selain gajah, sejumlah satwa langka dilindungi yang muncul di pameran ini yakni harimau, orangutan, dan badak. Karya Kita menyuarakan ramah lingkungan dan menjaga hutan sebagai paru-paru dunia.

 


Pohon, Bunga, dan Daun

Peraih Piala Citra Chitra Subyakto.
Peraih Piala Citra Chitra Subyakto.

“Ini semuanya dari motif-motif Sejauh Mata Memandang. Ada yang dari motif semanggi tahun 2017, ada juga motif pohon. Sebagai inisiasi motif pohon, motif flora itu dari relief pohon-pohon, bunga dan daun-daunan dari Candi Borobudur,” kata Chitra Subyakto.

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta, pekan ini, Chitra Subyakto juga menggelar fashion trunk yang menampilkan sejumlah koleksi terbaru dari Sejauh Mata Memandang sebagai salam perkenalan menjelang Hari Raya Idulfitri yang jatuh pada April 2023.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Pastel, Salem, dan Biru

Suasana konferensi pers Pameran Seni Karya Kita bertema "Rumah Kita" di Grand Indonesia Jakarta. (Foto: Dok. Tim Grand Indonesia)
Suasana konferensi pers Pameran Seni Karya Kita bertema "Rumah Kita" di Grand Indonesia Jakarta. (Foto: Dok. Tim Grand Indonesia)

Look-nya belum tahu, masih dipikirkan, masih pusing ha ha ha. Tapi warnanya lebih ke pastel, ada salem, biru, dan putih. Inspirasi koleksinya dari kudapan khas Indonesia, kayak kue onde-onde dan lapis,” ia membocorkan.

“Inspirasinya dari baju-baju nasional dengan potongan nyaman, karena saya enggak bisa (menganut) prinsip beauty is pain. Menahan perut biar siluet dan tampilannya tampak ideal. Enggak bisa begitu, mesti nyaman dipakai,” Chitra Subyakto menyambung.


Kreativitas Para Seniman

Suasana Pameran Seni Karya Kita bertema "Rumah Kita" di Grand Indonesia Jakarta. (Foto: Dok. Tim Grand Indonesia)
Suasana Pameran Seni Karya Kita bertema "Rumah Kita" di Grand Indonesia Jakarta. (Foto: Dok. Tim Grand Indonesia)

Vice President Brand Marketing and Corp. Communication Taco, Anastasia Tirtabudi, menyebut, ini kali ketiga pihaknya menggelar pameran kolaborasi kreativitas untuk mendukung industri kreatif di Indonesia yang tanpa batas dan menambah inspirasi dalam berkarya.

“Termasuk memperindah hunian. Bersamaan dengan peluncuran Master Book Taco dan berbagai koleksi motif terbaru Taco HPL, PVC Sheet serta board dan Hardware yang memperindah instalasi Karya Kita 2023. Semoga Karya Kita menumbuhkan semangat kolaborasi,” katanya.

General Manager Grand Indonesia, Kantoro Permadi, menyatakan pameran ini sejalan dengan program CSR GI yang salah satu pilarnya, Grand Indonesia Hijau, yakni melakukan aksi baik untuk lingkungan yang dilakukan secara berkelanjutan.

“Pemeran Karya Kita bertema Rumah Kita ini wujud kreativitas para seniman dan bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Diharapkan pameran ini efektif menginspirasi pengunjung mal, yang rata-rata sebanyak 60 ribu hingga 70 ribuan per hari,” harap Kantoro Permadi.

infografis journal
infografis Hutan Sebagai Habitat Satwa. (Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya