Azid (Garut) dan Mamat (Jakarta) Wassalam, Harus Terhenti di Top 9 Aksi Indonesia 2023

Aksi Indonesia 2023 menyisakan perebutan dua tiket terakhir menuju Top 6 di Kloter 3 Al-Malik.

oleh Aditia Saputra diperbarui 10 Apr 2023, 21:50 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2023, 21:45 WIB
Azid (Garut) di AKSI Indonesia 2023
Azid (Garut) di AKSI Indonesia 2023

Liputan6.com, Jakarta Babak Top 9 AKSI Indonesia 2023 yang berlangsung akhir pekan lalu hingga pagi tadi telah menampilkan kemampuan peserta dari Kloter 1 Ar-Rahman dan Kloter 2 Ar-Rahim.  Kloter 1 Ar-Rahman yang terdiri dari Azid (Garut), Mansur (Aceh), dan Teguh (Cimenyan) tampil menyampaikan tausiah mereka di depan dewan juri yakni Ust. Solmed, Ust. Subki Al-Bughury, Mamah Dedeh, Ust. Wijayanto, dan Habib Usman pada hari Jumat-Sabtu, 7-8 April 2023. 

Sementara Azam (Tasikmalaya), Mamat (Jakarta), dan Rifai (Makassar) yang tergabung dalam Top 9 Kloter 2 Ar-Rahim beraksi di hadapan para dewan juri yang sama pada hari Minggu-Senin, 9-10 April 2023. Di babak Show dan Result Kloter 1 Ar-Rahman dan Kloter 2 Ar-Rahim memberikan hasil akhir bahwa Azid (Garut) dan Mamat (Jakarta) harus wassalam dengan perolehan masing-masing total skor akhir sebesar 32.74% dan 32.28%.

Pada hari Jumat, 7 April 2023 lalu, di babak Top 9 Show, Azid (Garut) tampil membawakan tausiah bertema “Cara Mencari Ridho Allah” dan mendapatkan 477 poin dari dewan juri. Sementara Mansur (Aceh) meraih poin sebanyak 468 dengan tausiah “Cinta Tanah Air”. Tausiah menarik lainnya disampaikan Teguh (Cimenyan) yang berhasil menghibur pemirsa di studio lewat materi tentang “Trilogi (Ikhtiar, Doa, dan Tawakal)” dan meraih poin sebesar 477. Perolehan nilai sementara dari show tersebut menempatkan Teguh (Cimenyan) pada posisi tertinggi dengan total 34.32%.

Babak Top 9 Show Kloter 1 Ar-Rahman berlanjut pada babak Result hari Sabtu, 8 April 2023 yang dibuka dengan penampilan dari Mansur (Aceh) dengan tausiah “Perkuat Persatuan, Jangan Mau Diadu Domba” dan mendapatkan 947 poin. Disusul Teguh (Cimenyan) dengan tema tausiah “Trilogi Part 2 (Ikhlas, Syukur, dan Sabar)” yang mengumpulkan 956 poin dari dewan juri. 

 

Skor Tertinggi

Rifai (Makassar) di AKSI Indonesia 2023
Rifai (Makassar) di AKSI Indonesia 2023

Sementara Azid (Garut) sebagai penampil terakhir membawakan tema “Bahaya Judi” berhasil memperoleh skor tertinggi yaitu 957. Hasil akhir polling pemirsa yang diakumulasi dengan persentase nilai dewan juri, terkumpul skor akhir untuk Teguh (Cimenyan) sebesar 33.75% yang membuatnya berada di posisi tertinggi. Diikuti oleh Mansur (Aceh) yang berada di posisi kedua dengan perolehan skor sebesar 33.52%. Sedangkan Azid (Garut) harus menghentikan perjuangannya di Top 9 “AKSI Indonesia 2023” dengan skor terendah sebesar 32.74%.

Pada episode yang tayang di hari Minggu, 9 April 2023 kemarin, giliran Kloter 2 Ar-Rahim yang berkompetisi di panggung show Top 9 “AKSI Indonesia 2023”. Rifai (Makassar) tampil membuka dengan penyampaian tausiah bertemakan “Manusia yang Bangkrut Menurut Agama Islam” dan mendapat 382 total poin juri. Disusul Mamat (Jakarta) dengan topik “Keajaiban Doa Seorang Ibu”. Rifai berhasil meraih total poin juri sebesar 471. Sementara Azam (Tasikmalaya) sebagai penampil terakhir membawakan tema “Rahasia Anak Qurrata A’yun” berhasil memperoleh skor 385 dari dewan juri. 

 

Posisi Terendah

Mamat (Jakarta) di AKSI Indonesia 2023
Mamat (Jakarta) di AKSI Indonesia 2023

Hasil sementara persaingan ketiganya menempatkan Mamat (Jakarta) berada di posisi terendah dengan 32.63%. Sementara, di posisi pertama ada Rifai (Makassar) dengan 34.25%, disusul Azam (Tasikmalaya) dengan 33.12%. Dini hari tadi, Senin, 10 April 2023, “AKSI Indonesia 2023” kembali menampilkan Kloter 2 Ar-Rahim dalam babak Top 9 Result. Sebagai pembuka, Rifai (Makassar) membawakan tausiah bertema “Menjaga Hati” dan mendapat 951 poin dari seluruh juri. 

Dalam tausiahnya, Rifai menjelaskan 3 macam hati yang tidak baik, yaitu hati yang sakit (sombong), hati yang mati (tidak mau menerima kebenaran dari Allah SWT), dan hati yang selamat. Rifai menambahkan bahwa cara agar hati yang selamat yaitu membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan mendirikan shalat malam. Tausiahnya tersebut mendapat masukan dari Habib Usman mengenai penjabaran materi yang dapat lebih luas dan menggunakan Hadits yang lebih relevan.

AKSI Indonesia 2023 Top 9 berlanjut ke tausiah yang dibawakan Mamat (Jakarta) dengan tema “Jangan Putus Asa, Perkokoh Kapalmu” dan mendapat total akhir skor juri sebesar 956. Mamat menyampaikan mengenai anjuran untuk memperkokoh iman kita terhadap Allah SWT. Ibadah dan Sunnah perlu istiqomah dijalankan agar hati tetap semangat dan teguh pendirian. 

Dewan juri Ust. Solmed pun memberikan pujian bahwa penyampaian materi sudah baik dan poin-poin sesuai dengan tema.

 

Penampilan Terakhir

Peserta terakhir yang tampil pagi tadi yaitu Azam (Tasikmalaya) membawakan tema “Konsep Kesabaran dalam Islam”. Azam menyampaikan bahwa Allah SWT akan menguji hamba-Nya dan jika ingin dihilangkan kesedihannya yaitu hanya untuk orang-orang yang sabar sesuai dengan Q.S Al-Baqarah: 155. Sabar diuji dengan musibah, hal tersebut menjadi perbaikan untuk hidup kita. 

Dengan tausiahnya, Azam berhasil meraih skor juri sebanyak 965 poin. “Pembukaan yang cantik dan syahdu yaitu lantunan ayat Al-Qur’an dengan gaya Timur Tengah, serta penyampaian yang lancar,” ujar Ust. Subki Al-Bughury. 

Penentuan kontestan yang lanjut ke babak berikutnya ditentukan dari hasil akumulasi polling pemirsa dan persentase nilai dari dewan juri. Posisi tertinggi diraih oleh Azam (Tasikmalaya) dengan perolehan skor 34.39%. Sementara di posisi kedua Rifai (Makassar) dengan skor 33.33%. Mamat (Jakarta) harus berbesar hati meninggalkan panggung “AKSI Indonesia 2023” dengan total poin terendah yakni sebesar 32.28%. 

Kompetisi AKSI Indonesia 2023 di babak Top 9 akan berlanjut pada hari Selasa, 11 April 2023, LIVE pukul 02.00 WIB. Nantikan penampilan Fikri (Bogor), Haikal (Jakarta), dan Rida (Tasikmalaya) dari Kloter 3 Al-Malik. Saksikan “AKSI Indonesia 2023” setiap hari selama Ramadan LIVE pukul 02.00 WIB hanya di Indosiar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya