Ramadhan Jazz Festival 2023 Harmony Our Culture Digelar Untuk Ke-12 Kalinya

Acara Ramadhan Jazz Festival kembali digelar ke-12 kalinya untuk memeriahkan bulan Ramadhan 1444 H, dan membawa tema Harmony Our Culture dengan tagline #ItsAllAboutUs.

oleh Surya Hadiansyah diperbarui 14 Apr 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2023, 14:30 WIB
Lalahuta dalam Acara Ramadhan Jazz Festival 2023 “Harmony Our Culture”
Lalahuta dalam Acara Ramadhan Jazz Festival 2023 “Harmony Our Culture”. (ist)

Liputan6.com, Jakarta Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz kembali menggelar kegiatan tahunan bernama “Ramadhan Jazz Festival 2023”. Acara ini kembali digelar ke-12 kalinya untuk memeriahkan bulan Ramadhan 1444 H, dan membawa tema Harmony Our Culture dengan tagline #ItsAllAboutUs yang diharapkan dapat membawa pesan cinta dan kedamaian untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Mundur ke 11 tahun yang lalu, RICMA mendapatkan tawaran Warta Jazz dari sebuah celotehan di Twitter untuk bekerja sama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak muda. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah syiar masa kini sekaligus meningkatkan tali silaturahim dan menambah pengetahuan ke-Islam-an kita bersama.

Islam juga mengajarkan hamba-Nya untuk saling mengingatkan, tolong menolong, serta saling berbuat baik yang dilandasi rasa cinta kasih.

Mengutip firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 4, yakni “Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia- lah Rabb YangMaha Kuasa lagi Maha Bijaksana”.

Dengan bahasa yang baik serta dilandasi ketulusan cinta kepada Allah SWT dan sesama, maka diharapkan pesan damai dan harmoni Ramadhan Jazz Festival dapat diterima tidak hanya oleh warga Jakarta, namun seluruh elemen masyarakat Indonesia dan dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penampilan

Mahalini dalam Acara Ramadhan Jazz Festival 2023 “Harmony Our Culture”. (ist)
Lalahuta dalam Acara Ramadhan Jazz Festival 2023 “Harmony Our Culture”. (ist)

Ramadhan Jazz Festival hari kedua yang jatuh pada Sabtu, 8 April 2023 yang juga dihadiri oleh PMK, Pangkostrad, dan US Embassy. Dibuka dengan Rampag Bedug, lalu dilanjut dengan performance pertama dari Lantunan Orchestra yang membawakan lagu-lagu karya BIMBO yang berjudul "Rasul Menyuruh Mencintai Anak Yatim", "Tuhan" dan "Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya".

Lalu ada Lalahuta dengan lagu "Anak Sekolah", "Tak pernah Salah" dan "Tunggu Apalagi". Sementara Gugun Blues Shelter membawakan lagu "Jingga", "Bukan Ilusi" dan "when I see You Again". Lalu ada Deredia dengan lagu "Nurlela", "Hari Lebaran" dan "Rasa Sayange".

Ecoutez dengan lagu "Percayalah" dan ditutup oleh lagu "Simpan Saja", lalu dilanjut oleh penampilan Teddy Adhitya membawakan lagu "Just You dan Langit", dan untuk di hari terakhir ditutup oleh penampilan dari Mahalini dengan lagunya yang berjudul "Kisah Sempurna", "Sial" dan untuk lagu penutup dengan "Sisa Rasa".

 


Donasi untuk ODGJ

Ecoutez dalam Acara Ramadhan Jazz Festival 2023 “Harmony Our Culture”. (ist)
Ecoutez dalam Acara Ramadhan Jazz Festival 2023 “Harmony Our Culture”. (ist)

Untuk dapat menghadiri Ramadhan Jazz Festival, pengunjung hanya perlu melakukan donasi yang seluruhnya akan disalurkan untuk kegiatan Social Activity Ramadhan Jazz Festival 2023. Kegiatan Social Activity kali ini bekerjasama dengan platform Kitabisa.com yaitu dengan cara berdonasi untuk sekelompok penderita ODGJ yang kurang diperhatikan.

Beberapa ODGJ ini tidak memiliki tempat tinggal dan kehidupan yang layak, sedangkan ODGJ juga manusia yang memiliki hak untuk hidup seperti manusia pada umumnya. Oleh sebab itu, kami memanfaatkan momen Ramadhan ini sebagai bentuk upaya untuk mendapatkan pahala dan keberkahan sebanyak-banyaknya dengan cara mewujudkan kegiatan sosial ini.

“Ramadhan Jazz Festival memiliki keunikan tersendiri dari acara musik lainnya. Agenda besar dari acara ini adalah untuk melakukan dakwah atau syiar agama Allah dengan cara yang lebih mudah diterima terutama oleh anak-anak muda," kata Muhammad Fathuroziq selaku Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2023.

"Selain itu juga, untuk masuk ke acara ini tidak memerlukan tiket masuk, tetapi kita mengajak masyarakat untuk melakukan donasi dimana tahun ini dimana seluruh hasil donasi akan disalurkan kepada teman teman penderita ODGJ yang kurang diperhatikan. Inshaa Allah, Allah SWT Maha Mengetahui segala hal baik yang kita usahakan dan lakukan di dalam acara ini semata-mata hanya untuk mencari ridho-Nya," sambungnya.

 


Harapan

Sementara Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan penggagas RJF mengungkapkan, “Alhamdulillah dapat menjadi sarana dakwah kekinian yang Insya Allah akan terus relevan dikalangan muda atau millenials. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan menebarkan manfaat dari kegiatan ini baik dari penyelenggara, penampil,pendukung ataupun penonton yang hadir ataupun yang menonton live streamingnya. Kekuatan RJF adalah pada pesan dakwah yang disampaikan dalam gaya dan cara yang tak biasa”.

Dalam acara Main Event Ramadhan Jazz Festival 2023 tahun ini ditargetkan akan mendatangkan lebih banyak partisipan dan pengunjung serta dihadiri oleh tokoh-tokoh ternama, baik dari pengisi acara, tokoh politik, masyarakat, serta duta besar dari negara-negara sahabat.

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya