Once Mekel Anggap karena Masalah Pribadi sehingga Ahmad Dhani Melarangnya Bawakan Lagu Dewa 19: Saya Membuka Ruang Diskusi Lebih Lanjut

Once Mekel setuju adanya kenaikan royalti kepada pencipta lagu.

oleh Aditia Saputra diperbarui 12 Mei 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 20:30 WIB
Ahmad Dhani dan Once
"Wujudnya adalah FGD mungkin tadi sudah disampaikan. Agar semua pihak bertemu. Kalau ketemu, lalu gimana menagih agar pengguna itu bayar, EO bayar, promotor bayar, agar tidak ada keluhan dari pencipta," timpal Once Mekel. [Foto: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya]

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Once Mekel sempat berseteru dengan Ahmad Dhani perihal penggunaan lagu. Kala itu Ahmad Dhani bahkan sampai melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 saat manggung.

Baik Ahmad Dhani maupun Once Mekel sama-sama berpegangan pada landasan hukum masing-masing. Namun, di luar permasalahan hukum, Once menilai Ahmad Dhani memiliki masalah pribadi dengan dirinya.

"Sebetulnya sudah ada kesesuaian dalam undang-undang ini. Tidak ada larangan dalam menyanyikan lagu. Saya melihat ini bukan masalah hukum, tapi karena masalah pribadi," ujar Once Mekel saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/5/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Mau Membawakan 

Once Mekel bersama Sammy Simorangkir di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta, Kamis (11/5/2023)
Once Mekel bersama Sammy Simorangkir di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta, Kamis (11/5/2023)

Once pun menegaskan bahwa dirinya memang tidak akan pernah lagi membawakan lagu ciptaan Ahmad Dhani. Apalagi dirinya mengaku memiliki beberapa lagu andalan saat manggung.

"Kalau saya simple, gampang saja, saya kan sudah memberikan pernyataan, saya tidak akan membawakan lagunya Ahmad Dhani ya, baik sendiri maupun bersama Dewa 19," ujar Once Mekel.

 

 


Ruang Diskusi

Once Mekel bersama Sammy Simorangkir di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta, Kamis (11/5/2023)
Once Mekel bersama Sammy Simorangkir di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta, Kamis (11/5/2023)

Namun meski begitu, Once belum memutuskan sepenuhnya tidak akan membawakan lagu yang diciptakan oleh Ahmad Dhani. Dirinya juga berharap masih melakukan diskusi perihal permasalahan ini.

Seperti yang sudah dilakukannya bersama dengan Dirjen Hak Kekayaan Intelektual, Kemenkumham.

"Nah, ini pun saya masih membuka kemungkinan untuk pembicaraan lebih lanjut," ujar Once Mekel.

 


Royalti

Once juga menjelaskan lebih lanjut mengenai regulasi mengenai hak royalti para pencipta lagu. Hal ini pun harus menjadi perhatian penting supaya tidak terjadi hal seperti ini. Selain itu, pembagian royalti kepada pencipta lagu sebetulnya sudah berjalan baik, cuman sedikit aja yang kurang. 

"Jadi, masalah hukum yang sudah bagus, sudah baik, kemudian dibandingkan dengan penerapannya. Dalam praktiknya, ada kekurangan di sana-sini, ada sejumlah besar yang sebenarnya jadi potensi yang bisa dimiliki oleh pencipta yang sebetulnya berhak. Itu belum terkumpul dengan masif teratur," ujar Once Mekel.

Dalam kesempatan itu, Once Mekel juga setuju dengan usulan bahwa ada kenaikan royalti yang dibayarkan kepada pencipta lagu saat lagu-lagu-lagunya dibawakan dalam sebuah penampilan.

"Saya setuju yang tadinya 2 persen bisa 5,6 atau 10 persen. Bagus kalau dinaikkan," pungkasnya.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya