Karina Aespa Minta Maaf Soal Permasalahan Rekomendasi Anime Jepang Yang Kontroversial Kepada Penggemarnya

Sebelumnya, Karina Aespa mendapat reaksi “keras” setelah merekomendasikan serial anime populer My Hero Academia.

oleh Alifia Nur Fauziah diperbarui 28 Jun 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 18:00 WIB
Karina aespa
Rambut Karina jadi rusak setelah dicat pirang. (Dok. Instagram/@aespa_official)

Liputan6.com, Jakarta - Karina Aespa telah menyatakan permintaan maaf melalui aplikasi Bubble, karena merekomendasikan serial anime Jepang yang kontroversial kepada para penggemarnya.

Sebelumnya, idol wanita yang dikenal sebagai penyuka budaya Jepang tersebut, mendapat reaksi “keras” setelah merekomendasikan serial anime populer My Hero Academia, yang dikenal kontroversial baik di Korea maupun China karena merujuk pada eksperimen manusia selama Perang Dunia II.

Dikutip dari Allkpop, pesan Bubble-nya diunggah pada, Selasa (27/6/2023) berisi pengakuan Karina yang baru saja mendengar keributan atas rekomendasi anime-nya. “Saya akhirnya sadar bahwa ada masalah dengan anime yang saya sarankan. Saya tidak berpikir saya tahu apa jenis masalah yang ada sebelumnya karena nama karakter itu berbeda,” tulisnya.

Pelantun “Spicy” itu juga akan berhati-hati dalam membagikan informasi kedepannya, “Aku akan menjadi Karina yang lebih bijaksana di masa depan sehingga saya dapat berbagi informasi yang baik dengan MY🤗🤗!!!”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Netizen Lega

Permintaan maaf Karina lewat aplikasi Bubble. (via Allkpop)
Permintaan maaf Karina lewat aplikasi Bubble. (via Allkpop)

Banyak netizen menyambut permintaan maaf dari Karina, dan menyatakan kelegaan melihat kontroversi akan segera berakhir, “Aku senang dia meminta maaf.”

Yang lain memohon kepada pemberi komentar yang sangat jahat untuk menghentikan masalah ini dan berhenti menyebarkan desas-desus lebih lanjut. “Permintaan maaf diterima! Semua orang bisa bergerak sekarang!” tulis penggemar yang meminta agar semua orang berhenti memikirkan permasalahan ini.

Ada juga penggemar yang menganggap permintaan maaf Karina sebenarnya tak diperlukan dan reaksi netizenlah yang berlebihan, “Karina tidak punya alasan untuk meminta maaf, tapi dia tetap menanganinya seperti malaikat total.” "Tidak perlu meminta maaf, orang bereaksi berlebihan lagi..." kata yang lainnya.


Instagram Karina Diserbu

Idol yang memiliki nama asli Yoo Jimin sempat diserbu oleh netizen Tiongkok melalui akun Instagramnya. Mereka menuntun Karina untuk meminta maaf, setelah merekomendasikan anime yang sudah diblokir di Tiongkok karena penamaan karakter yang kontroversial dan menyinggung insiden sejarah di perang Tiongkok-Jepang.


My Hero Academia

[Bintang] Animax
My Hero Academia Season 2 (Animax)

Karakter kontroversial yang dimaksud dalam anime My Hero Academia ialah seorang ilmuwan bernama Ujiko, dengan nama asli Maruta Shiga. Dalam bahasa Jepang, istilah Maruta diterjemahkan sebagai ‘logs’ atau catatan.

Dan hal itu membawa implikasi sejarah kelam, merujuk pada label tak manusiawi yang diberikan kepada para korban dari eksperimen keji manusia yang dikenal dengan “Unit 731”.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya