Beberapa Bulan Sebelum Meninggal, Coco Lee Belajar Jalan Usai Jalani Operasi yang Bikin Ia Ketakutan

Coco Lee sejak lahir memiliki kelainan di kaki kirinya. Pada umur dua tahun ia pernah menjalani operasi, tapi gagal mengobati kondisinya.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 06 Jul 2023, 10:17 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2023, 10:17 WIB
Penyanyi OST Mulan Coco Lee Meninggal Bunuh Diri Usai Derita Depresi Bertahun-tahun
Coco Lee meninggal dunia. (dok. Instagram @cocolee/https://www.instagram.com/p/B4tzj9MlyUs/?hl=en/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta Hidup Coco Lee memang berakhir tragis, namun sepanjang hidupnya, ia berjuang habis-habisan menghadapi berbagai cobaan yang menghampiri. Salah satunya, mengenai kondisi kakinya yang tak sempurna.

Diwartakan The Straits Times dan 8 Days, pada 23 Februari 2023 pelantun “Before I Fall in Love” ini mengumumkan di akun media sosial Weibo-nya bahwa ia menjalani operasi.

Rupanya sejak lahir ia memiliki kelainan di kaki kirinya. Pada umur dua tahun ia pernah menjalani operasi, tapi gagal mengobati kondisinya.

“Aku ingat ketika masih kecil, dokter berkata aku tak mungkin bisa menari, jadi merupakan sebuah keajaiban aku akhirnya menari selama bertahun-tahun, dan aku bersyukur telah melakukan banyak hal," tulisnya kala itu.

Coco Lee juga bercerita bahwa selama ini dirinya lebih banyak bertumpu dengan kaki kanannya, termasuk untuk menari. Sering sehabis konser atau pertunjukan, ia mengalami nyeri di bagian kaki.

Sayang, kondisi kakinya memburuk setelah melakukan latihan tari pada akhir 2022 lalu. Ia harus menjalani operasi panggul dan paha di sebuah rumah sakit di Hong Kong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Coco Lee: Hadapi Ketakutan Terbesarku

Penyanyi OST Mulan Coco Lee Meninggal Bunuh Diri Usai Derita Depresi Bertahun-tahun
Coco Lee meninggal dunia. (dok. Instagram @cocolee/https://www.instagram.com/p/Cm0is8ghLHD/?hl=en/Dinny Mutiah)

Operasi ini rupanya salah satu ketakutan terbesar dalam hidupnya.

Hari ini, aku harus menghadapi tantangan terbesar dalam hidupku, dan juga ketakutan terbesarku. Aku tak pernah takut menghadapi kesulitan, karena ada solusi untuk setiap masalah. Tapi kali ini aku lemah, aku selama ini terus menghindarinya, tapi sekarang sudah tak bisa lagi,” Coco Lee mengabarkan.


Coco Lee Yakin Bisa Melewatinya

Coco Lee pada 2016. (AP Photo/Billy Dai, File)
Coco Lee pada 2016. (AP Photo/Billy Dai, File)

Setelah menjalani operasi ini, ia membagikan rekaman video dirinya berjalan pelan-pelan menggunakan penyangga.

Meskipun aku sangat kesakitan dan harus belajar berjalan lagi, aku tahu aku akan bisa melewatinya. Ya, aku bisa, dan aku akan melakukannya, “ kata dia.


Coco Lee Alami Depresi

Sementara itu setelah Coco Lee meninggal, dua saudarinya menyatakan bahwa selama beberapa tahun terakhir sang diva depresi. Kondisi ini memburuk selama beberapa bulan terakhir.

Meski CoCo mencari bantuan profesional dan mengupayakan yang terbaik untuk melawan depresi, sayangnya kegelapan dalam dirinya merampas hal-hal terbaik darinya,” begitu pernyataan Carol dan Nancy Lee, seperti dilansir dari E! News, Kamis (6/7/2023).

Coco Lee melakukan upaya bunuh diri pada Minggu, 2 Juli 2023, yang membuatnya dilarikan ke RS dalam keadaan koma. Ia akhirnya meninggal dunia pada Rabu (5/7/2023).

 

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

Fenomena Bunuh Diri di Gunungkidul
Infografis mengenai kenali faktor-faktor risiko bunuh diri
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya