Joe Richard Sambangi Lokasi Pengobatan Mak Erot di Radio Dalam, Pengobatan Tradisional Asal Sukabumi

Joe Richard datang langsung untuk melihat tempat praktek Ustadz Abi Abdullah yang juga merupakan lokasi anak kandung perempuan dari Mak Erot.

oleh Aditia Saputra diperbarui 26 Jul 2023, 19:27 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2023, 07:30 WIB
Joe Richard bersama cucu dan anak Mak Erot.
Joe Richard bersama cucu dan anak Mak Erot.

Liputan6.com, Jakarta Pengobatan alat vital Mak Erot telah menjadi legenda di Indonesia. Praktik pengobatan Mak Erot di Jakarta, kini berlokasi di Kawasan Radio Dalam, tepatnya di Jalan Haji Zainuddin, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Ustadz Abi Abdullah, salah satu cucu Mak Erot, membuka prakteknya di wilayah Jakarta. Joe Richard, artis sinetron dan presenter, datang langsung untuk melihat tempat praktek Ustadz Abi Abdullah yang juga merupakan lokasi anak kandung perempuan dari Mak Erot, yaitu Hajjah Siti Aenah, atau dikenal sebagai Mak Aenah, yang juga ibu dari M. Jumali dan Ustadz Abi.

"Sengaja saya datang langsung ke tempat praktek Mak Erot dari keturunan atau cucunya langsung yang jalankan prakteknya Ustadz Abi. Dan beruntungnya ada anak Mak Erot langsung di lokasi, Mak Aenah dan putranya Kang Jumali. Jadi datang kesini biar tahu betul, gimana cara pengobatannya dan ngilangin penasaran mana sih yang benar tempat prakteknya. Dan ini benar langsung keluarga atau keturunan Mak Erot yang ada disini (Radio Dalam)," kata Joe Richard kepada wartawan, baru-baru ini.

"Kan banyak teman yang nanya, mana sih yang aslinya. Jadi biar tahu kebenarannya, saya langsung datang kesini. Dan ini benar-benar anak dari Mak Erot yang perempuan satu-satunya yang masih ada, ini Mak Aenah sama anak-anaknya. Dan saya dapat banyak pengetahuan tentang cara-cara pengobatan untuk membantu kaum pria disini," sambung Joe Richard.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dua Tahun Terakhir

Joe Richard bersama cucu dan anak Mak Erot.
Joe Richard bersama cucu dan anak Mak Erot.

Ustadz Abi menjelaskan bahwa praktek pengobatan alat vital Mak Erot di Radio Dalam telah berjalan selama dua tahun terakhir. Mereka tetap menggunakan ramuan-ramuan asli yang diwariskan oleh mendiang nenek, Mak Erot.

“Kita dari cucu Mak Erot tetap mempertahankan cara pengobatan yang diturunkan dari nenek kita ke orangtua kita. Mak Aenah juga sudah menguasai cara-cara pengobatan yang tepat. Ramuannya pun sama persis dengan apa yang Mak Erot ajarkan ke orangtua kita dan diturunkan ke kita,” kata Ustadz Abi.

 


Membantu

Jumali menambahkan, apa yang mereka lakukan ini bertujuan untuk membantu permasalahan-permasalahan yang mungkin dialami oleh pasangan dalam berumahtangga. Terutama dalam hal keperkasaan pria dan kesuburan wanita.

“Jadi kita tidak hanya untuk memperbesar dan menguatkan alat vital pria saja. Kita juga membantu pengobatan untuk kesuburan perempuan dan masalah-masalah lainnya demi menumbuhkan keharmonisan dalam berumahtangga. Semua ramuan yang digunakan adalah asli turunan dari ajaran Mak Erot kepada Mak Aenah, dan kami praktekkan langsung. Kami juga mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam memilih pengobatan Mak Erot. Banyak yang mengaku-ngaku namun tidak dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Jumali.

 


Izin Resmi

Ustad Abi dan Jumali mengakui telah memiliki izin resmi untuk praktek pengobatan Mak Erot. Jumali menyatakan bahwa setiap pasien yang ingin berobat diwajibkan untuk datang terlebih dahulu ke tempat praktek untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi. Tidak diperkenankan memesan ramuan atau obat herbal tanpa bertemu pasien terlebih dahulu.

“Jadi intinya wajib datang dulu, baru kami akan mengetahui permasalahan yang dirasakan pasien. Tidak diizinkan untuk mengirimkan ramuan atau obat herbal tanpa pertemuan langsung dengan pasien,” tandas Jumali dengan setuju dari Ustadz Abi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya