5 Bisnis Rintisan Kaesang Pangarep yang Resmi Jadi Ketum PSI, Ada yang Kolaborasi dengan Chef Arnold

Sebelum masuk ke dunia politik, Kaesang Pangarep memulai pencapaiannya di berbagai jenis bisnis, mulai dari kuliner, fesyen, sampai teknologi

oleh Siti Sahira Aulia diperbarui 25 Sep 2023, 20:05 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2023, 20:05 WIB
Kaesang Pangarep. (Foto: Dok. Instagram @kaesangp)
Kaesang Pangarep. (Foto: Dok. Instagram @kaesangp)

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang kini resmi menjadi ketua umum atau Ketum PSI merupakan seorang pebisnis yang memiliki deretan cabang usaha.

Sebelum masuk ke dunia politik, Kaesang memulai pencapaiannya di berbagai jenis bisnis, mulai dari kuliner, fesyen, sampai teknologi. Hal itu ditekuninya jauh sebelum mempersunting Erina Gundono 2022 lalu.

Kariernya sebagai pengusaha muda dan investor memang patut diperhitungkan meskipun kini dia merambah ke dunia politik, mengikuti jejak ayah dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka.

Berikut adalah deretan bisnis Kaesang yang dirintis sejak awal, mulai dari Sang Pisang yang dikerjakan sendiri sampai yang berkolaborasi dengan pihak lain, salah satunya bersama Chef Arnold Poernomo dalam usahanya yang dikenal dengan Mangkok Ku. Kami rangku dari berbagai sumber.


1. Sang Pisang

Lima Tahun Usia Sang Pisang Membantu Ekosistem UMKM Naik Kelas
Founder Sang Pisang Kaesang Pangarep (kedua kanan), GM Sang Pisang Mimi (kedua kiri) dan Chef Desi Trisnawati (kanan) saat potong tumpeng pada perayaan Ulang Tahun Ke-5 Sang Pisang dan peluncuran logo baru di Outlet Sang Pisang Cikini, Jakarta (19/11/2022) (Liputan6.com/HO)

Sang Pisang merupakan merek bisnis Kaesang yang dapat dibilang menjadi raja dari bisnis-bisnisnya yang lain. Usaha kuliner berbentuk nugget pisang ini telah memiliki 73 outlet yang tersebar di Indonesia dan baru-baru ini membuka gerainya di Depok, Jawa Barat.


2. Mangkok Ku

Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming di pembukaan gerai Goola X Mangkok Ku di Jakarta. (Liputan6.com/Henry)

Mangkok Ku merupakan salah satu bisnis kuliner Kaesang yang dibesutnya bersama Gibran Rakabuming dan Arnold Poernomo. Usahanya tersebut menawarkan berbagai jenis rice bowl dengan menu andalan cita rasa Indonesia.


3. Markobar

Perang Kuliner Gibran Rakabuming vs Kaesang Pangarep
Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep menunjukkan kemasan kuliner Sang Pisang dan Markobar saat launching outlet baru di Cikini, Jakarta, Minggu (11/3). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Markobar adalah usaha kuliner Kaesang yang dipindahtangankan oleh Gibran. Kuliner satu ini menawarkan martabak dengan berbagai topping.


4. Hompimpa Games

Hompimpa Games Kaesang
Hompimpa Games merupakan board games yang diusung Kaesang. [Foto: playday.id]

Selain kuliner, Kaesang juga mengembangkan bisnis permainan dengan konsep board game. Hompimpa Game merupakan sarana hiburan yang mengedepankan nilai toleransi dan kebudayaan. 


5. Saham Rakyat

Peluncuran aplikasi saham rakyat pro, Selasa (27/9/2022) (Foto: Istimewa)
Peluncuran aplikasi saham rakyat pro, Selasa (27/9/2022) (Foto: Istimewa)

Kaesang juga bekerja sama dengan seorang YouTuber bernama Kevin Hendrawan untuk menerbitkan sebuah platform saham. Aplikasi ini sudah dibesutnya sejak 2020 lalu.

Infografis Heboh Kaesang Pangarep Masuk Dunia Politik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Heboh Kaesang Pangarep Masuk Dunia Politik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya