Reaksi Orang Korea Dengar Kolaborasi Melly Lee - Hui Pentagon di Dangdut Kpop 29ther Indosiar

Melly Lee dan Hui Pentagon membawakan lagu “Insan Biasa” yang ditampilkan dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan Korea.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 22 Jan 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2024, 09:00 WIB
Hui Pentagon dan Melly Lee. (YouTube/ Indosiar)
Hui Pentagon dan Melly Lee. (YouTube/ Indosiar)

Liputan6.com, Jakarta Acara yang ditunggu-tunggu penggemar K-pop sekaligus musik dangdut, Dangdut Kpop 29ther, akhirnya mulai tayang pada Sabtu (20/1/2024). Dalam episode perdana yang tayang pekan lalu, ditampilkan aksi panggung Melly Lee, jawara Dangdut Academy Asia 6 Indosiar dan Hui, member Pentagon sekaligus penulis sejumlah lagu kondang di jagat K-Pop.

Dalam acara ini, kedua artis beda negara tersebut membawakan sejumlah lagunya. Hui membawakan lagu solonya, “Whale,” sementara Melly tampil dengan “Bawa Aku ke Penghulu” dan “Mawar Putih.”

Klimaks dari episode kali ini tentu saja adalah penampilan terakhir, yakni kolaborasi antara Melly dan Hui, yang membawakan lagu “Insan Biasa” yang ditampilkan dalam tiga bahasa sekaligus: Inggris, Indonesia, dan Korea.

Uniknya, lagu ini dibumbui dengan aransemen bernuansa K-Pop, yang ditangani langsung oleh Hui Pentagon sendiri.

Hal lain yang jadi catatan, para penonton yang hadir dalam acara yang digelar di Korea ini bukan cuma orang Indonesia. Banyak penggemar Pentagon Korea ikut hadir, lengkap dengan membawa unibong—sebutan bagi light stick resmi grup K-Pop ini.

Selain tampil dengan lagunya, Melly sempat menjelaskan soal dangdut, khususnya kepada hadirin Korea yang belum begitu familier dengan genre musik ini.

“Dangdut ini adalah salah satu lagu yang berasal dari Indonesia,” kata dia, seperti dikutip dari kanal YouTube Indosiar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terangkan Ciri Khas Dangdut

Hui Pentagon dan Melly Lee. (YouTube/ Indosiar)
Hui Pentagon dan Melly Lee. (YouTube/ Indosiar)

Melly kemudian menjelaskan sejumlah ciri khas dari dangdut. Mulai keberadaan gendang dan suling serta cengkok saat menyanyi.

“Perasaan aku saat memperkenalkan dangdut ke orang Korea itu menjadi kebanggaan bagiku. Aku ngerasa aku adalah orang pertama yang memperkenalkan lagu dangdut kepada orang-orang Korea. Jadi aku punya rasa bangga tersendiri,” kata Melly dalam sesi wawancara.


Jatuh Cinta dengan Irama Dangdut

Hui Pentagon dan Melly Lee. (YouTube/ Indosiar)
Hui Pentagon dan Melly Lee. (YouTube/ Indosiar)

Indosiar juga merekam reaksi orang-orang setelah menyaksikan kolaborasi Dangdut Kpop 29ther antara Hui dan Melly. Sejumlah penonton Korea ternyata memberi reaksi hangat atas paduan K-Pop dan dangdut.

“Aransemen lagunya bagus, selaras dengan lagu aslinya,” kata Ryu Seo Hee.

“Aku menikmati iramanya yang cepat, jadi aku tak merasa ini genre yang berbeda,” kata Lee Yoon Ji.

Penonton internasional yang datang dalam acara ini tak hanya berasal dari Korea. Salah satunya Katamoto Mai dari Jepang yang berkata, “Aku jatuh cinta pada irama lagu dangdut yang indah.”


Dangdut Bergema di Negeri Ginseng

Tak cuma penonton Korea, warga Indonesia yang saat ini berada di Negeri Ginseng juga memberikan reaksi hangat atas acara ini.

“Pertama kayak kaget aja sih, maksudnya di Seoul yang merupakan negara orang, eh ada dangdut,“ kata Azzarahsya Sophia, salah satu orang Indonesia yang menyaksikan acara ini.

“Siapa tahu orang-orang Korea jadi ngefans, terus kita jadi punya teman [dangdutan],” tambah Stephanie.

Infografis Penyanyi Dangdut dari Masa ke Masa
Infografis Penyanyi Dangdut dari Masa ke Masa. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya