Alasan Donald Sutherland Bintangi Hunger Games Viral Lagi, Berpesan agar Tak Fanatik Ikuti Pemimpin

Donald Sutherland mengungkap di sejumlah kesempatan, bahwa alasan dirinya membintangi The Hunger Games agar para anak muda melek politik.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 21 Jun 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2024, 14:00 WIB
Donald Sutherland (Chris Pizzello/Invision/AP, File)
Donald Sutherland mengungkap di sejumlah kesempatan, bahwa alasan dirinya membintangi The Hunger Games agar para anak muda melek politik. (Chris Pizzello/Invision/AP, File)

Liputan6.com, Los Angeles - Kabar kematian Donald Sutherland membuat warganet kembali mengulik soal kehidupan sang aktor legendaris. Salah satu yang kini kembali viral, adalah cuitan di X mengenai potongan wawancaranya semasa mempromosikan film-film The Hunger Games.

Unggahan akun @snxwbaird bahkan viral hanya dalam beberapa jam. Saat artikel ini ditulis pada Jumat (21/6/2024), cuitan tersebut sudah disukai 89 ribu warganet dan diunggah ulang 24 ribu kali.

Donald Sutherland, aktivis anti perang dan pendukung pro Palestina yang terkenal, telah meninggal dunia hari ini. Kita semua paling mengenalnya sebagai Presiden Snow, namun mari kita ingat mengapa dia mengambil peran tersebut,” begitu cuitan dalam akun ini, menyertai sebuah video pendek.

Dalam video tersebut, Donald Sutherland mengungkap di sejumlah kesempatan, bahwa alasan dirinya membintangi The Hunger Games agar para anak muda melek politik.

“Bila film ini memenuhi tujuannya, ini akan menjadi katalis bagi fondasi kemanusiaan di seluruh dunia. Membuat mereka memiliki kesadaran politik dan bangkit di atas kakinya sendiri,” kata Donald Sutherland.

Dalam wawancara lain ia berkata, “(The Hunger Games) seharusnya bisa memobilisasi anak muda, untuk mengubah dunia yang mengerikan ini, yang diciptakan oleh orang-orang tua sepertiku. (Agar mereka) bilang, ini sudah cukup.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan Percaya Buta pada Pemimpin!

Donald Sutherland dalam The Hunger Games: Catching Fire. (Murray Close - © 2013 - Lionsgate via IMDb)
Donald Sutherland dalam The Hunger Games: Catching Fire. (Murray Close - © 2013 - Lionsgate via IMDb)

Sekadar mengingatkan, dalam The Hunger Games Donald Sutherland berperan sebagai seorang pemimpin tiran, President Snow. Dalam wawancara berbeda, sang aktor menyebut ingin agar karakternya ini menjadi pengingat--terutama bagi anak muda--agar tak terlalu fanatik mengikuti para pemimpin.

“Saya merasa yakin selama 30 tahun terakhir mereka (generasi muda) sama sekali tidak berpikir politis,” tuturnya, dilansir dari BBC. Ia menambahkan, ""Seperti yang dikatakan Bruce Springsteen, 'Kepercayaan buta terhadap pemimpin Anda... akan membuatmu terbunuh.'"


Donald Sutherland Meninggal di Usia 88 Tahun

Donald Sutherland pada 2018. (Jordan Strauss/Invision/AP, File)
Donald Sutherland pada 2018. (Jordan Strauss/Invision/AP, File)

Seperti diketahui, Donald Sutherland meninggal dunia di Miami pada Kamis (20/6/2024), dalam usia 88 tahun setelah mengalami sakit panjang.

Sejumlah pesohor Hollywood hingga politikus dunia mengucap dukacita atas meninggalnya sang aktor. Salah satunya, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

"Kita kehilangan salah satu dari para sosok terhebat. Donald Sutherland membawa sisi brilian dari dirinya dalam karya-karya yang sulit ditandingi. Sosok aktor legendaris yang cemerlang—dan orang Kanada yang luar biasa. Pikiranku tertuju pada orang-orang yang dicintainya. Rest in peace, Donald," tulisnya.


Perjalanan Hidup Donald Sutherland

Donald Sutherland adalah aktor kelahiran New Brunswick, Kanada, pada 17 Juli 1935. Sepanjang kariernya, ia telah terlibat dalam hampir 200 proyek film, TV, hingga video game.

Salah satu perannya yang paling awal meroketkan namanya adalah The Dirty Dozen (1967), serta Kelly's Heroes dan  M*A*S*H (1970). Ia juga tampil dalam film terbaik di Piala Oscar 1981, Ordinary People.

Sejumlah film sukses yang ia bintangi dalam satu dekade terakhir seperti Ad Astra dan The Hunger Games.

Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya