KLA Project Luncurkan Versi Vinyl Double Album Klakustik, Jadi Bukti Perjalanan Band yang Eksis Lebih dari 3 Dekade

Album Klakustik yang rilis perdana pada tahun 1996 ini berisi 16 lagu terbaik KLa Project.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 04 Jul 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2024, 07:00 WIB
KLa Project
KLa Project saat merilis double album vinyl album live mereka,“KLakustik”, di bawah naungan Pro Sound pada 3 Juli 2024. (Dok. via Trinity Optima Production)

Liputan6.com, Jakarta KLa Project resmi merilis double album vinyl rekaman live mereka, KLakustik, pada 3 Juli 2024, di bawah naungan Pro Sound–pelopor label musik yang membawa genre pop kreatif di Indonesia. Album yang rilis perdana pada tahun 1996 ini berisi 16 lagu terbaik band yang beranggota Katon Bagaskara (vokal, gitar), Lilo (vokal, gitar), dan Adi Adrian (piano) tersebut.

Album ini merupakan double album yang secara total berisikan 16 buah lagu dari album terdahulu yang diaransemen menjadi format akustik. Tidak hanya membawakan Kembali lagu-lagu lama KLa Project juga merekam lagu baru yaitu “Gerimis" (KLakustik #1) dan “Salamku Sahabat” (KLakustik #2).

Pada masanya, tidak banyak musisi Indonesia yang berani melakukan live record karena zaman dahulu masih berupa analog–presisinya harus sempurna sebab tidak bisa dilakukan berulang kali. Salah satu yang bisa adalah KLA dengan merekam album ini secara live di Gedung Kesenian Jakarta pada 11 Maret 1966, di mana saat itu dihadiri oleh 400 undangan.

Kemudian, tidak hanya sekadar dirilis secara audio, namun juga menggunakan VCD. Karenanya, proyek Klakustik ini sangat langka dan membanggakan. Bahkan, menjadi salah satu album dengan penjualan terbaik dari band yang berdiri lebih dari 3 dekade lalu, tepatnya tahun 1988.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tantangan Produksinya

Adapun, tantangan dalam proses produksinya, album ini direkam dengan perangkat akustik. Ady yang biasanya menggunakan synthesizer, di sini hanya menggunakan grandpiano. Sementara, Lilo hanya menggunakan gitar akustik, dari yang biasanya menggunakan gitar elektrik.

Pembuatan album ini dilakukan tanpa retake dan proses latihannya memakan waktu selama 2 bulan, yakni sekitar Januari hingga Februari, di mana Ady, Katon, dan Lilo karantina untuk mempersiapkannya sampai benar-benar matang. Menariknya lagi, di tanggal 17 Februari tercipta lagu baru “Gerimis”, bersamaan dengan anaknya Lilo yang baru lahir.

 

 

 


Kata KLA Project dan Produser

“Banyak sekali permintaan untuk kembali merilis album “KLakustik” dalam bentuk vinyl. Album tersebut juga berisikan lagu-lagu terbaik KLa Project yang dibawakan langsung secara live. Suatu kehormatan bagi kami dapat memberikan yang terbaik untuk para penggemar setia kami lewat rilisan vinyl ini. Semoga “KLakustik” dalam bentuk vinyl bisa memuaskan telinga para penikmat musik dan bernostalgia,” jelas Katon, Lilo, dan Adi.

“Suatu kehormatan bagi saya dan Pro Sound untuk merilis “KLakustik” dalam bentuk vinyl. Saat pertama kali mengetahui banyaknya permintaan untuk merilis album ini, kami sangat bahagia dan dengan senang hati mengiyakan. Karena, album ini berisikan karya-karya KLa Project yang sangat disukai banyak orang. Menurut kami, KLa Project layak menghadirkan vinyl dari album “KLakustik” sebagai bukti perjalanan KLa Project di dunia musik sejak dulu,” jelas Adi Nugroho, Produser Pro Sound.

 

 

 


Proyek Klakustik

Klakustik yang merupakan proyek dari KLA Project, Prosound, dan ANTV menjadi momentum bersejarah untuk KLA Project dan industri musik dengan dicetak terbatas hanya 1.000 buah. Menurut Katon, vinyl merupakan sebuah kemasan yang prestisius.

“Jika suka dengan band-nya, belilah juga albumnya dan belajarlah menjadi kolektor. Pilih band yang kita suka dan koleksi, karena audio dari vinyl itu sangat hangat seakan penyanyinya ada di hadapan kita,” ungkap Katon dalam acara Konferensi Pers “LaunchingVinyl Klakustik” yang diadakan di Tree Angelo Coffee, Kuningan, Jakarta Selatan.

Double album vinyl “KLakustik” dibanderol seharga Rp888.000,- dan sudah bisa didapatkan di PHR Senayan dan Atlas. Bagi 20 pembeli pertama di masing-masing toko mendapatkan kesempatan untuk bertemu KLa Project dan legalisir vinyl pada 3 Juli 2024 di Tree Angelo Coffee, Jakarta Selatan.

 

TRACKLIST

 

KLakustik 1

Terpuruk Ku Disini

Jumpa Kamu

Gerimis

Lagu Baru

Tentang Kita

Romansa

Terkenang

Meski Tlah Jauh

 

KLakustik 2

Hey

Waktu Tersisa

Salamku Sahabat

Semoga

Pasir Putih

Belahan Jiwa

Tak Bisa Ke Lain Hati

Yogyakarta

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya