Penyebab Kematian Sinead O'Connor Akhirnya Diungkap ke Publik, Kena Penyakit Paru-Paru hingga Infeksi Pernapasan

Sinead O'Connor meninggal dunia di Inggris pada 26 Juli 2023. Ia ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri di rumahnya.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 29 Jul 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 17:30 WIB
Sinead O'Connor Jadi Mualaf (Twitter/ MagdaDavitt77)
Sinead O'Connor Jadi Mualaf (Twitter/ MagdaDavitt77)

Liputan6.com, Jakarta Akhirnya terungkap penyebab kematian Sinead' O Connor, persis setahun setelah ia meninggal dunia pada 2023 lalu. Dilansir dari People, Senin (29/7/2024). media Irlandia Irish Independent mempublikasikan artikel yang mengutip sertifikat kematian pemenang Grammy tersebut. 

Sang pelantun "Nothing Compares 2 U" disebutkan meninggal akibat penyakit paru obstruktif kronis dan asma.

Dalam dokumen tersebut dinyatakan secara khusus bahwa kematian Sinead O'Connor merupakan akibat dari penyakit paru obstruktif kronis yang parah dan asma bronkial. Ia juga disebutkan mengalami infeksi saluran pernapasan bawah tingkat rendah.

Irish Independent juga melaporkan bahwa kematian Sinead O'Connor telah didaftarkan secara resmi oleh mantan suaminya, John Reynolds di Lambeth, London, dan telah disahkan oleh pejabat koroner setelah pemeriksaan post-mortem. 

Seperti diketahui, Sinead O'Connor meninggal dunia di Inggris pada 26 Juli 2023. Ia ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri di rumahnya. Polisi mendatangi lokasi, setelah mendapat laporan dari warga sekitar.

“Polisi dihubungi pada 11:18 hari Rabu 26 Juli, mengenai laporan seorang wanita yang tak responsif di sebuah area pemukiman di area SE24,” begitu pernyataan pihak kepolisian kala itu.

Namun, saat itu tak diungkap apa penyebab kematian peraih satu piala Grammy ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meninggal Secara Alamiah

Sinead O'Connor (YouTube/ The Late Late Show)
Sinead O'Connor (YouTube/ The Late Late Show)

Karena penyebab kematian Sinead O'Connor belum jelas hingga berbulan-bulan, mulai muncul beragam spekulasi. Dari yang menyebutkan bahwa ia meninggal akibat patah hati karena kematian putranya, hingga mengakhiri hidupnya sendiri.

Namun pada awal tahun ini, perwakilan Kantor Koroner Southwark, Inggris, menyatakan Sinead O’Connor meninggal secara alamiah.


Dimakamkan Secara Islami

Sinead O’Connor telah  dimakamkan pada 8 Agustus 2023, dalam prosesi yang dimulai di rumahnya yang terletak di Bray, County Wicklow, Irlandia.

Sinead O'Connor yang mualaf sejak 2018, dimakamkan dengan tata cara Islam. Prosesinya dipimpin oleh imam dari Islamic Center Irlandia, Sheik Umar Al-Qadri.


Dihadiri Ribuan Pelayat

Kala itu, ribuan pelayat ikut mengantarkan mendiang Sinead O'Connor ke peristirahatan terakhirnya. Para pelayat juga sempat menyanyikan lagu ikonis yang melambungkan nama mendiang, “Nothing Compared 2 U.”

Di antara mereka, tampak wajah-wajah pesohor yang ikut menghadiri prosesi pemakaman yang digelar privat. Mereka antara lain para member U2 yakni Adam Clayton, Bono, dan The Edge, serta Presiden Irlandia, Michael D. Higgins.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya