Gena Rowlands Meninggal Dunia Setelah Berjuang Lawan Demensia, Seperti di Film The Notebook yang Dibintanginya

Ibunda Gena Rowlands, aktris Lady Rowlands, juga menderita demensia semasa hidupnya.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 15 Agu 2024, 16:05 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 16:05 WIB
Gena Rowlands pada 2014. (Chris Pizzello/Invision/AP, File)
Gena Rowlands pada 2014. Ibunda Gena Rowlands, aktris Lady Rowlands, juga menderita demensia semasa hidupnya. (Chris Pizzello/Invision/AP, File)

Liputan6.com, Los Angeles - Kabar duka datang dari jagat Hollywood lewat berita kematian Gena Rowlands. Aktris senior yang kondang lewat aktingnya di The Notebook dan Woman Under the Influence ini meninggal dunia pada Rabu (14/8/2024).

Dilansir dari People, Gena Rowlands meninggal dunia dalam usia 94 tahun di rumahnya yang terletak di California, dengan ditemani oleh suami dan anaknya. Putra mendiang, Nick Cassavetes juga telah mengonfirmasi kabar duka ini lewat agensinya.

Tidak disebutkan apa penyebab meninggalnya sang aktris. Namun yang jelas, sang aktris didiagnosis dengan Alzheimer dan menderita demensia sebelum meninggal dunia. Ini adalah penyakit yang sama dengan yang diderita oleh karakternya dalam film The Notebook.

Dalam film ini ia melakoni karakter Allie usia senja—sementara versi mudanya diperankan oleh Rachel McAdams. Di pengujung film, Allie diceritakan mengalami demensia, dan meninggal dalam pelukan Noah.

Saat ultah ke-20 film The Notebook pada Juni lalu, anak Gena Rowlands—yang juga merupakan sutradara film ini—Nick Cassavetes, mengungkap kabar ibundanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyakit Serupa dalam Peran dan Kehidupan Nyata

Gena Rowlands pada 1957. (AP Photo/Dick Strobel, File)
Gena Rowlands pada 1957. (AP Photo/Dick Strobel, File)

“Saya memilih ibu saya untuk memainkan Allie tua, dan kami menghabiskan banyak waktu berbicara tentang Alzheimer dan ingin menampilkannya secara otentik. Dan sekarang, selama lima tahun terakhir, dia menderita Alzheimer,” tutur Nick Cassavetes, kepada Entertainment Weekly Juni lalu.

“Dia dalam kondisi demensia penuh. Dan ini terasa sungguh gila — kami mengalaminya, ia  memerankannya, dan sekarang ini terjadi pada kami,” tuturnya.


Pengalaman Berat

Ibunda Gena Rowlands, aktris Lady Rowlands, juga menderita penyakit ini semasa hidupnya. Karena itulah, bagi Gena bukan hal yang  enteng memerankan karakter dengan penyakit ini.

“Aku melaluinya bersama ibuku, dan kalau saja bukan Nick yang menyutradarai film ini, aku tak mau ikut. Ini kelewat berat. Berat, tapi juga film yang indah,” tutur Gena, dalam interviu tahun 2004 bersama O Magazine.


Perjalanan Karier Gena Rowlands

Gena Rowlands lahir di Wisconsin pada 1930 dan debut di pertunjukan Broadway pada tahun 1950-an lewat The Seven Year Itch. Tahun 1958, ia debut di layar lebar dengan The High Cost of Loving.

Dua filmnya, A Woman Under the Influence (1974) dan Gloria (1980) membuahkan nominasi Piala Oscar untuk Aktris Terbaik kepadanya. Ia memenangi Emmy Awards lewat The Betty Ford Story (1987), Face of Stranger (1992), dan Hysterical Blindness (2003).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya