Harvey Moeis Full Senyum Saat Sidang Korupsi Timah, Pengacara: Ramah Saja, Klien Kami Sangat Serius

Tampil rapi berkemeja putih, Harvey Moeis menghadiri sidang kasus korupsi timah. Tiba di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, suami Sandra Dewi tersenyum.

oleh Wayan Diananto diperbarui 03 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 12:00 WIB
Penampilan Harvey Moeis Saat Jalani Sidang Dakwaan Kasus Korupsi Timah
Tampil rapi berkemeja putih, Harvey Moeis menghadiri sidang kasus korupsi timah. Tiba di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, suami Sandra Dewi tersenyum. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Tampil rapi berkemeja putih, Harvey Moeis menghadiri sidang kasus korupsi timah yang diduga merugikan negara Rp300 triliun. Tiba di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, suami Sandra Dewi tersenyum.

Sejumlah saksi dihadirkan dalam sidang kasus korupsi timah ini. Usai sidang, seorang jurnalis menyebut Harvey Moeis full senyum. Pengacara Andi Ahmad Nur Darwin mengklaim kliennya ramah.

Meski demikian, ia menyatakan Harvey Moeis sangat serius menjalani proses hukum hingga tiba di fase persidangan yang digelar Senin (2/9/2024) di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta.

“(Harvey Moeis) ramah saja. Tapi yang pasti begini, yang pasti adalah dari klien kami seperti yang sebelumnya saya juga sampaikan, klien kami sangat serius menghadapi persidangan,” kata Andi Ahmad Nur Darwin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Poin-Poin dalam Persidangan

Penampilan Harvey Moeis Saat Jalani Sidang Dakwaan Kasus Korupsi Timah
Usai menyimak pembacaan dakwaan, Harvey Moeis mengaku memahami poin-poin dakwaannya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Intens Investigasi, Senin (2/9/2024), Andi Ahmad Nur Darwin mengklaim wajar saja jika Harvey Moeis melempar senyum saat berada di ruang sidang.

“Jadi, poin-poin yang dia rasa sudah cukup disampaikan dalam persidangan, itu saya rasa wajar jika semua orang tersenyum. Tapi, masalah kemudian nanti putusannya seperti apa itu balik lagi ke keyakinan,” ujarnya.


Kami Sudah Berusaha Maksimal

Penampilan Harvey Moeis Saat Jalani Sidang Dakwaan Kasus Korupsi Timah
Kerugian negara tersebut timbul dari pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah Tbk tahun 2015-2022. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

“Yang penting bahwa hari ini kami sudah berusaha maksimal untuk meluruskan persepsi-persepsi terkait dengan penambangan timah yang ada di Indonesia,” ungkap Andi Ahmad Nur Darwin.

Dalam kesempatan itu, Andi Ahmad Nur Darwin dan tim menyebut kesaksian para saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi timah awal pekan ini berpotensi menguntungkan Harvey Moeis.


Kapan Sandra Dewi Hadir

Diperiksa Sebagai Saksi, Sandra Dewi Tebar Senyum
Sebelumnya, Kejagung telah menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pertanyaan lain yang mengambang di benak publik, kapan Sandra Dewi dihadirkan dalam sidang. Salah satu jaksa yakni Zulkipli, menyalakan sinyal Sandra Dewi akan hadir.

“Untuk Ibu Sandra Dewi dan beberapa saksi yang lain, tidak khusus hanya kepada Ibu Sandra Dewi, sebagai saksi yang masuk dalam klaster TPPU,” tutur Zulkipli tanpa menyebut tanggal.

 

 

 

Infografis Babak Baru Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis dan Helena Lim. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Babak Baru Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis dan Helena Lim. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya