Deretan Pianis Muda Menangkan Jakarta Youth Piano Competition 2024, Apresiasi dan Wadah Bagi Pemain Piano Berbakat

Beberapa nama pianis muda pemenang ajang kompetisi Jakarta Youth Piano Competition (JYPC) telah diumumkan.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 17 Sep 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 05:30 WIB
Jakarta Youth Piano Competition 2024
Jakarta Youth Piano Competition 2024 di Auditorium ACS Jakarta. (IST)

Liputan6.com, Jakarta Cathleen Scarlett Hayasi, Lennart Joshua Sugih, Callista Kertalesmana, dan Samuel Wilbert Siregar merupakan beberapa nama pianis muda pemenang ajang kompetisi Jakarta Youth Piano Competition (JYPC) di Auditorium ACS Jakarta pada 31 Agustus 2024 lalu.

Di mana Cathleen Scarlett Hayasi merupakan pemenang Juara 1 Kategori A, Lennart Joshua Sugih adalah Juara 2 Kategori A, sementara Callista Kertalesmana Juara 1 Kategori B, dan Samuel Wilbert Siregar Juara 2 Kategori C.

Diselenggarakan oleh Bina Musik Jakarta dan ACS Jakarta, dengan arahan dari Direktur Artistik Adelaide Simbolon, JYPC bertujuan untuk mengapresiasi dan mewadahi bakat pianis klasik Indonesia.

"Selain tentunya menambah pengalaman bermusik dan performance, pemenang juga beberapa akan kita pilih untuk tampil di Kedutaan Bulgaria dan Swiss," kata Isabela Anjani, Project Manager dari Jakarta Youth Piano Competition.

"Keuntungan lain selain dari hadiah dan trophy yang memang sudah kita siapkan, tapi apa selanjutnya bagi anak-anak ini, ya salah satunya ada beasiswa pendidikan musik gratis di Bina Musik Jakarta, serta nanti akhir tahun tanggal 8 Desember akan tampil bersama Divisi Piano Bina Musik Jakarta di Usmar Ismail," lanjut Isabela.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Empat Kategori

Jakarta Youth Piano Competition 2024
Jakarta Youth Piano Competition 2024 di Auditorium ACS Jakarta. (IST)

Kompetisi ini terdiri dari empat kategori, yakni:

1. Kategori A dengan rentang usia 6 sampai 9 tahun

2. Kategori B dengan rentang usia 10 sampai 12 tahun

3. Kategori C dengan rentang usia 13 sampai 15 tahun

4. Kategori D dengan rentang usia 16 sampai 18 tahun

 

 


Menyukai Musik Klasik

Samuel Wilbert Siregar, yang merupakan pemenang Juara 2 Kategori C mengaku menyukai musik klasik. Remaja yang kini duduk di bangku Sekolah Menengah Atas ini menceritakan sedikit kendala yang dihadapi seputar piano.

"Aku kadang susahnya cari waktu buat latihan piano karena sudah SMA. Disiplin itu penting ya, walaupun aku suka piano, tapi harus tetap disiplin," ucap Samuel.

 

 


Menyaring 74 Finalis

Sebelumnya, kompetisi yang diawali dengan babak penyisihan secara daring yang berlangsung pada tanggal 5 Juni sampai 24 Juli 2024, berhasil menyaring 74 finalis dari berbagai daerah.

Para dewan juri yang berpengalaman di bidang musik terdiri dari Amelia Santoso, Iswargia R. Sudarno, Randy Ryan, Esti Utami Prabowo, Daniel Adipradhana, dan Sangkala Turangga Seta dari ACS Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya