Ketakutan Kim Woo Bin Saat Usianya Divonis Tinggal 6 Bulan Lagi karena Kanker

Kim Woo Bin mengungkap bahwa diagnosis kanker juga menakutkan baginya,

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 18 Sep 2024, 19:30 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 19:30 WIB
Kim Woo Bin. (Instagram/ ____kimwoobin)
Kim Woo Bin. (Instagram/ ____kimwoobin)

Liputan6.com, Jakarta Kim Woo Bin jadi bintang tamu di konten YouTube Shin Dong Yup, Zzanbaro. Dia tampil untuk mempromosikan film Netflix terbarunya yang berjudul Officer Black Belt. Dalam kesempatan itu, sang aktor mengenang perjuangannya melawan kanker nasofaring.

Dia mendapat diagnosis tersebut pada 2017. Setelah menjalani perawatan, dia dinyatakan bebas kanker pada tahun 2019 dan kembali ke industri film pada bulan Juli 2022

Shin Dong Yup bercerita bahwa publik sangat terkejut saat pertama kali berita tentang sakit kankernya mengemuka. Kekasih Shin Min Ah ini mengungkap bahwa diagnosis tersebut juga menakutkan baginya, dokternya tidak terdengar terlalu optimistis dengan kondisi keadaannya saat itu.  

"Kau tahu, Hyung, aku orang yang optimistis. Aku mencoba melihat sisi positif dalam segala hal. Jadi ketika dokterku memberiku kabar seperti yang mereka lakukan dalam drama Korea... mengatakan, 'Dalam skenario terburuk, kau akan punya waktu sekitar enam bulan,' awalnya aku terkejut dan takut. Aku ingin itu menjadi mimpi, tapi tidak sekali pun aku bertanya-tanya, 'Bagaimana jika aku tidak sembuh?' Sebaliknya, aku menganggapnya sebagai sebuah kesempatan," kata dia dikutip dari Koreaboo, Rabu (18/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kesempatan untuk Istirahat

Kim Woo Bin
Kim Woo Bin. (Foto: Instagram/ ____kimwoobin)

Baginya, melihat situasi dari sudut pandang positif dan mendapatkan dukungan penuh dari para penggemar sangat membantunya dalam mengalahkan kanker.

“Tentu saja, aku tidak langsung melihatnya sebagai sebuah kesempatan. Namun, sambil berfokus pada pengobatan dan pemulihan, aku mampu menyesuaikan cara pandangku,” ucapnya.

“Selama lebih dari satu dekade, sejak aku debut, aku begitu sibuk dan tidak mendapat kesempatan untuk benar-benar beristirahat. Jadi, kupikir mungkin ini adalah kesempatan yang diberikan oleh Yang Di Atas untuk berhenti sejenak, merenung, dan menghabiskan waktu bersama keluargaku,” sambung bintang drakor The Heirs tersebut.


Fase Sulit Baginya

Selama proses penyembuhan, Woo Bin telah banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang yang dia sayangi. Meski tak dipungkiri, proses pengobatan kanker adalah fase yang sangat sulit baginya.

“Perawatan itu sendiri... Ya, memang sulit, tetapi sulit bagi semua orang. Saya menerima banyak sekali dukungan dan dorongan dari orang-orang hanya karena mereka mengenal saya. Begitu banyak doa juga. Dan saya benar-benar percaya bahwa itu memberi saya kekuatan untuk mengalahkan kanker,” tuturnya.

Perlahan kondisinya mengalami kemajuan yang sangat baik hingga membuat tim dokter yang menanganinya terkejut. Dia berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung dan mendoakan kesembuhannya hingga bisa aktif bekerja lagi seperti sekarang.


Kemajuan Pesat

“Saya membuat kemajuan yang nyata. Dan saya tahu bahwa itu semua berkat dukungan dan doa sehingga saya pulih dengan sangat cepat. Sejak saat itu, saya telah menemukan 'misi pribadi' yaitu menyebarkan energi yang sama bagi mereka yang mungkin membutuhkannya," katanya.

"Saya selalu memikirkan dukungan yang saya terima. Dan saya ingin meneruskannya kepada lebih banyak orang. Jadi, sebelum tidur, saya mulai berdoa agar lebih banyak keluarga mengalami mukjizat. Itu telah menjadi seperti misi pribadi bagi saya... Untuk mengingat apa yang saya terima dan memberikannya kembali kepada orang lain," tutup Kim Woo Bin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya